Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah yang Menjamin Produk Digital Kalian Bakal Laris Dipasaran

Daftar Isi [Tampil]

Langkah yang Menjamin Produk Digital Kalian Bakal Laris Dipasaran - Apa kalian memiliki produk digital yang ingin dijual? tapi kalian bingung bagaimana caranya agar produk digital kalian laku dipasaran.

Produk digital

Tenang saja karena Langkah-langkah yang ada di blog Septiyan Media berikut ini akan membantu kalian mendapatkan uang dari produk digital yang kalian miliki tersebut. Oke tanpa berlama-lama lagi langsung saja berikut langkahnya.

1. Cari Tahu Potensi Produk Digital Kalian

Sebelum memasarkan produk digital kalian atau bahkan sebelum kalian menciptakan produk digital, sebaiknya kalian lakukan riset terlebih dahulu.

Kalian bisa memanfaatkan mesin pencari internet untuk mendapatkan informasi mengenai potensi produk digital kalian misalnya seberapa besar popularitasnya di mata masyarakat, seberapa tinggi permintaan masyarakat akan produk tersebut, dan seberapa banyak orang lain yang akan menjadi kompetitor.

Tinggi peminat dan sedikit saingan adalah tanda lampu hijau untuk kalian meluncurkan produk digital. Pastikan bahwa kualitas produk digital kalian tinggi. Caranya adalah dengan meminta orang lain memberikan feedback mengenai produk digital kalian tersebut.

Sebaiknya minta orang lain yang tidak memiliki hubungan dekat dengan kalian misalnya dengan memasang produk digital di forum-forum internet dimana user-user internet bebas memberikan opini masing-masing.

2. Buat Website

Website pribadi adalah sarana yang tepat untuk memasarkan dan menjual produk digital kalian. Sebelum hari H peluncuran, ada baiknya kalian memberikan clue-clue singkat mengenai produk kalian.

Buatlah kalimat pemasaran yang seolah-olah mengatakan bahwa produk kalian tersebut jumlahnya terbatas dan pengunjung harus memberikan alamat email pada kalian untuk mendapatkan produk tersebut. Rasa penasaran dan adanya daftar tunggu akan membuat orang tertarik dengan produk kalian.

Jika sebelum produk nyata diluncurkan saja traffic pengunjung website sudah meningkat setelah clue diberikan dan kalian sudah dibanjiri kiriman alamat email, maka kalian bisa berbangga hati bahwa produk digital kalian bakal sukses di pasaran.

3. Berikan Sampel Gratis

Review dari orang terkenal itu memiliki pengaruh yang besar pada penjualan produk nanti. Buatlah daftar orang-orang yang memiliki follower banyak seperti blogger, vlogger, dan selebgram, lalu berikan sampel produk secara gratis pada mereka.

Mintalah pada mereka untuk memberikan review secara jujur pada page mereka. Cara ini disebut dengan istilah ‘endorsement’.

Para follower mereka yang melihat review idolanya akan ikut tertarik dengan produk kalian. Cara ini merupakan salah satu strategi marketing yang dapat menarik banyak peminat dalam waktu singkat.

4. Atur Strategi Marketing

Jika semua feedback sudah terkumpul dan sudah kalian gunakan untuk menyempurnakan produk digital kalian, sekarang waktunya kalian meluncukannya. Atur strategi marketing agar produk yang diluncurkan semakin banyak diketahui orang.

Misalnya saja kalian bekerja sama dengan website lain agar mereka bersedia memasang banner ads di halaman website mereka.

Lakukan SEO pada tiap konten artikel produk digital di website kalian. Umumkan mengenai produk digital kalian di akun-akun sosial media milik kalian dan mintalah teman-teman kalian untuk menyebarkan berita tersebut.

5. Cari Partner Kerja

Selain strategi marketing di atas, kalian bisa mencari partner kerja yang bisa membantu mempromosikan produk digital kalian ke jaringan yang lebih besar. Contohnya adalah dengan menawarkan posisi reseller atau menawarkan affiliasi marketing. Cara ini adalah win-win solution.

kalian mendapat keuntungan dengan semakin luasnya jaringan pemasaran produk kalian dan partner kerja juga akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang kalian berikan untuk tiap produk digital yang terjual karena referensi mereka.

Carilah partner kerja yang memiliki pengaruh besar di dunia maya dan yang memiliki minat dan paham yang sama dengan kalian agar kerja sama ini bisa berjalan dengan lancar.

Itulah 5 Langkah yang Menjamin Produk Digital Kalian Akan Laku Dipasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.