Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Langkah Awal Memulai Bisnis Online menjadi hal penting yang harus dipelajari jika kalian mencari peluang usaha melalui internet. Memulai sebuah bisnis tentu menjadi tantangan tersendiri apalagi jika yang dipilih merupakan usaha yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan secara online. 

Bisnis online

Namun, kalian tak perlu khawatir, sebab jika kalian tahu bagaimana cara memulainya dengan tepat maka usaha online ini bisa memberikan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama yang kalian geluti.

Bisnis online tidak bisa dipandang sebelah mata karena justru kini banyak ibu rumah tangga yang mengandalkan bisnis ini dan justru secara pendapatan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantoran.

Bisnis online baik akan digunakan sebagai sampingan maupun sumber penghasilan utama tentu butuh langkah-langkah yang tepat untuk memulainya. Hal ini harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada bisnis yang akan dijalankan. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Perbaiki Niat Dan Pandangan Tentang Bisnis

Seperti jika kalian ingin melakukan hal-hal yang lain, niat menjadi hal yang utama ketika akan memulai sesuatu termasuk bisnis. Selain itu, kalian juga perlu memiliki pandangan yang benar serta mental yang positif.

Pikirkan juga untuk menjadikan bisnis yang digeluti sebagai salah satu sarana untuk membangun aset sebab ada banyak yang terlalu fokus membangun usaha tetapi justru berbagai hal lain yang tak kalah penting.

Agar bisnis yang dibangun bisa sukses, ada beberapa hal yang harus dipikirkan meliputi modal, produk yang ditawarkan, pasar yang ditarget, strategi pemasaran, serta keberlangsungan dari bisnis itu sendiri.

Memperbaiki pandangan sebelum memulai bisnis. Kunci kesuksesan bisnis yang dijalankan sebagian besar terletak pada kualitas manusia sedangkan pengaruh kecilnya baru ada pada hal-hal yang bersifat teknis.

Keahlian dalam suatu hal memang sangat dibutuhkan, namun memiliki visi yang jelas sangat penting jika kalian ingin mengetahui cara memulai bisnis online.

Meskipun tujuan utama dalam memulai bisnis tak bisa dipungkiri adalah untuk mendapatkan penghasilan, namun tetap pastikan bahwa usaha yang kalian geluti tersebut bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk orang-orang di sekitar kalian.

2. Tentukan Produk Yang Ingin Dijual

Langkah berikutnya untuk memulai bisnis online adalah dengan memilih produk yang ingin dijual. Pikirkan apa yang bisa  kalian tawarkan ke orang lain melalui media online.

Agar bisa menawarkan produk yang tepat maka, kalian perlu melakukan observasi tentang produk apa yang memang tengah dibutuhkan oleh masyarakat saat ini maupun orang-orang di sekitar kalian. kalian juga bisa menawarkan produk yang sifatnya solutif untuk sebagian orang.

Hal ini bisa dilihat dari masalah apa yang kini sedang banyak dihadapi orang saat ini dan tawarkanlah produk yang bisa meringankan masalah tersebut.

Selain mempertimbangkan produk yang akan dijual, kalian juga harus memastikan bahwa transaksi jual beli yang dilakukan memberi keuntungan untuk kedua belah pihak. Kesalahan yang banyak dilakukan adalah terlalu fokus pada produk yang dijual tanpa memperhatikan kebutuhan konsumen.

3. Membuat Online Shop

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, maka selanjutnya adalah membuat situs yang akan digunakan untuk berjualan dan promosi alias toko online. Dengan toko online ini, kita akan mengenalkan produk-produk yang kita tawarkan pada para calon pembeli.

Jika kita ingin berjualan secara online, maka tentu ada langkah-langkahnya. Dalam tahap awal, sebaiknya kalian memanfaatkan marketplace terlebih dahulu seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll maupun sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Telegram, dll  Nah, jika kalian sudah lebih serius maka bisa membuat website sendiri sebagai salah satu langkah awal memulai bisnis online.

Demikian artikel mengenai Langkah Awal Memulai Bisnis Online Untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.