Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menciptakan Perbedaan yang Unik Untuk Bersaing Dengan Pebisnis Lain

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menciptakan Perbedaan yang Unik Untuk Bersaing Dengan Pebisnis Lain - Salah satu kunci sukses dalam bisnis online adalah bagaimana caranya membedakan bisnis yang kalian miliki dengan bisnis lain yang sudah ada sebelumnya.

Bisnis

Karena bisa jadi produk yang kalian jual baik itu barang maupun jasa adalah produk yang serupa dengan yang ditekuni oleh pengusaha lain. Terlebih jika kalian adalah seorang reseller atau dropshipper di mana tentunya ada penjual lain yang menjual barang yang sama dengan kalian.

Lalu, bagaimana caranya meyakinkan orang untuk beli produknya di kalian saja?

1. Persempit Target Konsumen Kalian

Target konsumen bisnis online yang terlalu luas memang bisa meningkatkan potensi pendapatan yang lebih banyak. Namun di saat yang bersamaan target konsumen yang jadi titik fokus kalian juga merupakan target konsumen pengusaha lain.

Maka dari itu menyempitkan ruang lingkup target konsumen bisa jadi membuat perhatian kalian lebih terfokus pada konsumen yang lebih spesifik. Menjadikan bisnis kalian adalah brand yang menyediakan produk untuk kebutuhan konsumen yang lebih spesifik. 

Misalnya produk yang kalian jual adalah pakaian wanita dengan target konsumen wanita dewasa secara umum. Sempitkan hingga menjadi pakaian wanita untuk usia 20 tahunan yang membutuhkan dress untuk acara pesta.

Dengan demikian strategi marketingnya pun bisa lebih spesifik dan lebih fokus karena ruang lingkup yang lebih terbatas.

2. Tingkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen

kalian mungkin pernah mengalaminya sendiri, belanja di tempat yang pelayanan konsumennya nyaman, ramah, dengan sikap yang profesinal dibandingkan dengan pelayanan yang seadanya, dan tidak bisa membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh konsumen.

Menurut kalian mana yang akan lebih disukai oleh konsumen? Dalam bisnis online, pelayanan terhadap konsumen adalah faktor yang sangat penting.

Customer Service yang mudah untuk dihubungi, melayani segala pertanyaan dengan sopan dan profesional, bisa memberikan solusi yang memuaskan, dan kualitas pelayanan konsumen terbaik lainnya.

3. Memperbaiki Ketidakpuasan Konsumen

Sebagai bagian dari pelayanan konsumen yang lebih baik, salah satu yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengatasi masalah umum yang biasanya dikeluhkan konsumen kalian.

Dengan memperbaiki lubang-lubang atau masalah dalam pelayanan konsumen tentunya konsumen akan merasa lebih nyaman dan aman melakukan transaksi dengan bisnis online kalian.

Misalnya banyak yang mengeluhkan kemasan produk yang dikirim mengalami cacat, mungkin sudah saatnya untuk ganti jasa kurir. Atau banyak konsumen yang kehilangan poin hadiah setelah belanja di toko online kalian, bisa jadi ada masalah pada sistem yang harus segera diperbaiki.

4. Tambahkan Nilai Lebih Pada Produk Atau Layanan

Barang yang dijual boleh jadi sama, namun bagaimana kalian menyampaikannya kepada konsumen yang bisa menjadi bidang kreativitas kalian. Misalnya dengan mengemas produk dengan packaging yang lebih menarik tidak sekedar dibungkus plastik atau menggunakan bubble wrap.

Kalian juga bisa sesekali membagikan voucher potongan harga atau reward lainnya untuk para konsumen sehingga makin banyak jumlah transaksi yang masuk ke bisnis online kalian, bisa juga membagikan produk digital yang tidak bisa ditolak.

Misalnya apabila kalian menjual makeup bisa membagikan ebook tips dan tutorial kosmetik gratis untuk 100 pembeli pertama, dan sebagainya.

5. Buat Orang Lain Tau Kalian Lah Yang Terbaik

Yang membedakan bisnis online kalian dengan pengusaha lain tentu saja adalah kemampuan kalian di bidang bisnis tersebut. Buat kemampuan diri kalian sebagai pengusaha online dikenal banyak orang dengan konsisten menampilkan diri kalian ke publik misalnya dengan konten-konten digital maupun non-digital

Selain itu, kalian juga harus melakukan komunikasi dengan konsumen melalui email atau media sosial, sehingga ketika seseorang menyebut brand A maka nama kalian adalah nama pertama yang muncul di benak atau pikiran orang lain.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Perbedaan Yang Unik Agar Bisa Bersaing Dengan Pebisnis Lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.