Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Usaha Bisnis Yang Laku Setiap Hari (Realistis)

Daftar Isi [Tampil]

Usaha Bisnis Yang Laku Setiap Hari (Realistis) - Menjadi wirausaha muda mandiri kreatif di usia belia merupakan pilihan ide yang tepat di saat semakin padatnya persaingan seleksi penerimaan lowongan kerja di lingkungan instansi/perusahaan di Indonesia.

Usaha bisnis

Mencipatakan lapangan kerja baru merupakan ide kreatif yang tidak dimiliki oleh setiap orang, apapaun latar belakang pendidikannya. Karena menjadi pengusaha tidak memerlukan teori konsep definisi ataupun prinsip-prinsip, karena teori dalam dunia wirausaha hanya sebesar 1%, yang 99% adalah action atau praktek.

Kendala dan momok yang dihadapi oleh sebagian besar pemula bisnis adalah modal usaha. Tanpa modal yang cukup, usaha yang dirintis akan sulit untuk dikembangkan dan dijalankan dengan baik. Namun, yang paling penting sebenarnya adalah modal niat itu sendiri, tanpa niat yang kuat, sulit usaha apapun untuk direalisasikan.

Menjadi pengusaha harus siap rugi dan siap untung, dan harus siap dengan segala resiko yang ada. Besar penghasilan bukan tergantung pada kelengkapan absen atau presensi kehadiran kerja, melainkan sebesar apakah usaha kita, semakin orang tersebut rajin, maka hasil yang akan diperoleh juga akan besar, begitupun juga sebaliknya.

Bagi kalian yang baru kali pertama ingin terjun di dunia kerja usaha dan kebetulan masih bingung mengenai usaha apa yang akan dilakukan, berikut ini aku akan berbagi informasi tentang beberapa ide kreatif tentang inspirasi bisnis usaha yang laku terjual setiap hari, dan mempunyai prospek yang menjanjikan dan berpotensi memperoleh penghasilan yang besar, asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ulet. Langsung saja berikut ulasannya.

5 Usaha Bisnis Yang Laku Setiap Hari (Realistis)

1. Usaha Bisnis Warung Makan

Hampir setiap hari manusia membutuhkan makan. Entah itu roti, nasi goreng, soto, bakso, mie ayam, nasi rawon, nasi pecel, nasi padang dan sebagainya. Sehari umumnya orang makan 3 kali. Bagaimana jika orang tersebut ternyata aktivitas sehari-hari seorang lelaki ataupun wanita karir yang sibuk kerja dan tidak punya waktu luang untuk memasak di rumah? 

Maka sudah dapat dipastikan mereka akan membeli makan di warung makan atau restoran. Ini merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh kalian yang hendak memulai bisnis usaha. Bisnis warung makan atau restoran mempunyai prospek yang bagus dan sudah bisa dipastikan laku setiap hari. 

Hanya saja kalian perlu membuat menu masakan yang yang sesuai dengan keinginan konsumen, baik cita rasa, porsi, dan harga.

2. Usaha Bisnis Warung/Toko Sembako

Usaha ini dikenal juga sebagai toko kelontong, yang mana menjual berbagai macam jenis kebutuhan pokok keluarga atau rumah tangga sehari-hari. Mulai dari sabun, shampo, sabun cuci, sikat gigi, pasta gigi, sampai bumbu-bumbu dapur seperti bawang, cabe, kangkung, tahu tempe, telur, aneka jajan, beras, gula, kopi, teh, susu, rokok, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Hampir setiap hari usaha warung sembako tidak pernah sepi pembeli, itu karena warga masyarakat membutuhkan berbagai jenis kebutuhan pokok sehari-hari dan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut adalah warung kelontong.

Ini artinya merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh kalian manakala ingin membuka usaha yang pasti laku setiap hari, karena usaha yang laris, akan berpotensi memperoleh penghasilan yang lumayan.

3. Usaha Bisnis Makanan Ringan

Aneka jenis cemilan yaitu makanan ringan sebagai pendamping saat kita sedang menonton tv, belajar, ngerumpi, nggosipin tetangga, menerima tamu di rumah, dan untuk bekal sekolah dan kerja. Hampir setiap hari usaha model jualan makanan ringan selalu ada pembeli. 

Misalnya seperti para penjual keliling saripentol, bakpao, siomay, bakso, sosis, martabak, kue bandung, molen, gorengan, sate usus, yang jualan di sekitar area sekolahan/kampus/perumahan, selalu laku terjual. 

Banyak anak-anak yang rela menunggu hampir berjam-berjam di depan rumah, hanya untuk menanti kedatangan abang siomay. Ini merupakan peluang bagus yang bisa dicoba oleh kalian manakala mempunyai modal kecil, karena usaha makanan ringan tidak memerlukan modal besar sampai puluhan ataupun ratusan juta rupiah.

Yang terpenting adalah kalian bisa rajin dan tidak putus asa, karena meskipun penghasilan kecil kalau dilakukan setiap hari dan terus menerus, maka semakin lama akan semakin besar hasilnya bukan?

4. Usaha Bisnis Transportasi

Setiap hari orang membutuhkan transportasi guna untuk bepergian. Baik berangkat sekolah, berangkat kerja, kuliah dikampus, jalan-jalan traveling, rekreasi, pergi ke rumah keluarga/suadara dll. Entah menggunakan sepeda motor, mobil, becak, dokar, bus, pesawat, kapal, kereta api, dll. 

Dengan adanya angkutan umum, masyarakat bisa melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain, tanpa harus memiliki angkutan/kendaraan tersebut. 

Jika kalian mempunyai modal besar, mengapa tidak mencoba bisnis maskapai penerbangan atau mungkin angkutan umum seperti bus? Karena prospek yang luar biasa angkutan tersebut dimana Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga adanya transportasi tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk pulang pergi dari satu pulau ke pulau yang lain.

Namun, jika modal kalian tidak terlalu besar ataupun terbilang, kalian bisa mencoba bisnis transportasi seperti bus mini, becak, travel, ojek, dan colt diesel untuk angkutan mobilitas masyarakat. Angkutan jenis ini biasanya cakupan nya tidak terlalu luas, hanya area lintas kabupaten atau kecamatan atau desa saja. 

Apalagi sekarang ada ojek online, ini bisnis yang bisa dijajal oleh saudara manakala ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mendaftarkan diri di perusahaan ojol grab, gojek, dll.

5. Usaha Bisnis Refill (Isi Ulang)

Bisnis usaha isi ulang ini memang cukup menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat mengingat harus diisi ulang terus menerus. Banyak model bisnis isi ulang ini diantara jualan air galon, jualan pulsa, jualan kouta internet, jualan token listrik, jualan voucher game online atau top up, jualan bensin (premium, pertalite, pertamax), dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir tidak laku, karena model bisnis ini akan selalu dibutuhkan oleh konsumen dimanapun dan kapanpun kalian berada.

Demikian artikel mengenai 5 ide usaha bisnis yang laku dan dibutuhkan orang setiap hari dan sudah nyata prospeknya, sehingga kalian yang akan dan atau sudah memulai bisnis ini jangan pesimis, mengingat peluang nya masih sangat besar untuk bisa meraup kesuksesan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.