Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memperoleh Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Daftar Isi [Tampil]

Tips Memperoleh Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah – Masa transisi pasca di wisuda tamat dari bangku kuliah atau fresh graduate adalah masa yang tidak menentu, penuh ketidakpastian, masa yang membosankan, dan masa yang butuh perjuangan serta pengorbanan.

Tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus

Bingung, pusing, frustasi, gampang emosi merupakan gejala kronis yang hampir dialami oleh sebagian besar para pencari kerja atau job seeker. Tidak mudah memang untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah / kuliah.

Tapi kalau kita mau bersungguh-sungguh dan berdo’a kepada Allah SWT, nisca setelah ada kesulitan pasti ada kemudahan. Bagi kalian yang sudah mendapatkan pekerjaan mapan setelah lulus sekolah/kuliah, aku ucapkan selamat. 

Tapi bagi kalian yang belum dapat kerja, tetap semangat kawan, teruslah berusaha semaksimal mungkin. Jangan kecewakan kedua orang tua kalian.

Berikut ini mungkin tips dan trik yang bisa dijajal oleh kalian guna memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah, agar tidak terlalu lama menganggur, karena dikhawatirkan akan menjadi pembicaraan tetangga kalau lama menganggur di rumah.

Apalagi bagi seorang laki-laki, wajib untuk bekerja ya, karena harga diri pria ya pekerjaannya itu. Jangan sampai jadi bapak rumah tangga. Nanti seperti sinetron dunia terbalik. Istrinya bekerja, suaminya malah santai-santai di rumah.

Tips Memperoleh Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

1. Hunting Informasi Lowongan Kerja

Kalian perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai informasi rekrutmen tenaga kerja. Bisa cari di internet, grup WhatsApp alumni, surat kabar/koran, dan informasi dari teman-teman. Setiap ada informasi lowongan kerja, perhatikan baik-baik syarat-syaratnya. Jika memenuhi kualifikasi atau hampir memenuhi, jangan ragu untuk segera kirim lamaran dan pantau terus perkembangannya.

2. Relasi/Channel/Lobi-Lobi

Sejak zaman kolonial sampai zaman millenial, hubungan relasi untuk memperoleh pekerjaan masih terjadi, mungkin bisa dikatakan sudah bukan rahasia lagi eksistensinya.

Bersyukurlah bagi kalian yang punya orang tua atau saudara atau keluarga yang jadi pejabat, tokoh masyarakat, kepala dinas, pemilik yayasan, dan bos perusahaan. Pasti mereka tidak akan tinggal diam melihat anaknya jadi pengangguran terdidik.

Namun, bagi orang yang tidak punya relasi kekeluargaan, perlu menjalin hubungan yang baik dengan berbagai lapisan masyarakat. Hal ini bisa dimulai saat kalian masih kuliah. Nantinya, kita bisa meminta tolong kepada beliau-beliau saat kita lulus kuliah dan membutuhkan pekerjaan.

3. Inisiatif Kirim Berkas Lamaran

Daripada menunggu bola, mungkin menjemput bola bisa dijadikan solusi alternatif jika dalam satu minggu atau satu bulan tidak ada perkembangan berita informasi lowongan kerja. Meskipun potensi untuk bisa dipanggil dan ikut tes sangat kecil sekali kemungkinannya, setidaknya kalian sudah berusaha melamar kerja di perusahaan/instansi tertentu. 

Tapi tidak menutup kemungkinan kalian akan dipanggil jika perusahaan/instansi tersebut sedang membutuhkan karyawan atau pegawai baru. Tetap optimis dan berdo’a saja semoga berkas lamaran yang dikirim tidak sia-sia.

4. Seleksi Penerimaan CPNS

Semoga saja pemerintah tetap membuka rekrutmen CPNS untuk memberikan kesempatan dan peluang kepada lulusan anyar, agar bisa bekerja di instansi pemerintahan sebagai abdi negara.

Pastikan kalian jangan sampai ketinggalan berita saat ada rekrutmen CPNS. Untuk mempersiapkan diri, perlu latihan soal CPNS dan siapkan berkas dokumen lamaran jauh-jauh hari. Tujuannya agar saat pelaksanaan tes berbasis CAT kalian sudah siap lahir dan batin.

5. Wirausaha Muda Mandiri

Ini adalah solusi alternatif terakhir yang bisa kalian coba jika trik-trik diatas belum membuahkan hasil yang diharapkan. Kalian bisa membuka usaha bisnis apa saja sesuai dengan minat dan modal yang tersedia.

Yang penting bisnis usaha yang kalian jalankan halal dan berkah dan tidak melanggar aturan hukum yang berlaku di Indonesia dan tidak melanggar hukum agama kepercayaan kalian. Untuk kalian semua yang sedang berjuang memperoleh pekerjaan impian. 

Semoga apa yang kalian cita-citakan bisa terwujud. Pesan dari aku, jangan sia-siakan peluang dan kesempatan yang ada. Karena kalau kesempatan tidak diambil, maka akan terjadi penyesalan, dan biasanya penyesalan itu datangnya diakhir, kalau di awal namanya pendaftaran hehehe.

Demikian artikel mengenai tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah agar tidak menganggur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.