Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Daftar Isi [Tampil]

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu - Di artikel kali ini aku akan memberikan sebuah tips-tips untuk belanja secara online. Perkembangan sistem jual beli sekarang berkembang sangat pesat berawal dari sistem barter (tukar barang) hingga ke uang virtual (Rekening).

Tips belanja online

Nah di zaman modern ini untuk membeli barang tidak perlu repot ke toko langsung, kita bisa kok membelinya via online. Walaupun praktis tetapi tetap saja pasti ada penipuan dan sangat susah untuk dilacak. Nah, disini aku akan membagikan beberapa tips agar kalian tidak menjadi korban penipuan dalam belanja online. Yukkk langsung simak tipsnya dibawah ini.

6 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

1. Cek Domainnya Apakah TLD Atau Bukan

Ini adalah yang penting karena dengan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) kita akan mengetahui keseriusan penjual dalam memasarkan produk nya contoh domain TLD itu adalah .com, .net, .org.

Untuk mendapatkan domain itu tidak lah gratis harus membayar kepada sebuah penyedia domain oleh karena itu jika sebuah toko online memiliki domain TLD yang berbayar sudah pasti serius usahanya.

Walaupun demikian jika terdapat subdomain seperti .blogspot.com, .wordpress.com, .joomla.com. bukan berarti menggunakan subdomain itu juga penipu hanya saja menggunakan domain TLD akan terlihat keseriusannya.

2. Lihat Pada Informasi Penjualnya

Dalam sistem jual beli online setiap penjual mewajibkan menyertakan identitasnya seperti nama asli, nomor HP, tempat tinggal, dll. 

Jika penjual atau seller menyertakan nama asli pastikan nama itu sama persis dengan nama yang tertera pada KTPnya kalau bisa sebelum membeli produknya kalian meminta foto KTP penjual yang asli agar tidak ada keraguan.

Dengan cara ini jika kalian tertipu kalian bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan mengirim foto KTP tersebut

3. Tanyakan Lokasi Penjual

Sangat heran bukan jika penjual menjual barang tapi tidak menyertakan alamatnya ? nah oleh sebab itu kita harus mengetahui alamatnya tanyakan alamat pada penjual barang, setelah ditanyakan silahkan cek pada GOOGLE EARTH untuk mengecek kebenarannya.

Jika itu sebuah rumah atau toko mungkin saja benar, kalo pas dicek ternyata adalah lapangan / hutan pasti itu penipu. Jangan mudah terperngaruh pada alamatnya silahkan cek ulang menggunakan web-web untuk melacak tempat.

4. Lihat Foto Dan Deskripsi Barangnya

Untuk mengetahui barang yang dijual kita juga harus memiliki fotonya bukan? mintalah foto produk tersebut kepada penjual dan pastikan minta foto diberbagai sudut untuk mengecek keadaannya.

Selain itu juga deskripsi produk sangat lah penting seperti nama barang, tanggal produksi, tempat produksi, barcode (jika ada), ukuran, warna, dll. Tanyakanlah deskripsi produk kepada penjual agar kita memastikan gambaran produknya.

5. Cek Testimonialnya

Testimonial adalah mereview produk setelah diterima oleh pembeli. Testimonial yang baik itu berisi tentang kepuasan pembeli terhadap barang maupun kapada penjual. 

Jika penjual memiliki testimonial yang cukup banyak dan 100% asli pembelinya itu tidak masalah, lalu bagaimana jika tidak memiliki testimonial? bukan berarti penipu yaaa mungkin saja toko itu baru buka jadi belum memiliki testimonial.

6. Gunakan Rekber Saat Transaksi Berlangsung

Apa itu Rekber? Rekber adalah Rekening Bersama, dalam sistem jual online Rekber sebenarnya sangat dibutuhkan agar terhindar dari penipuan. Bagaimana sistem kerja Rekber?

  • Pertama, kalian dan penjual harus sepakat kepada pihak ketiga atau rekber.
  • Kedua, kalian transfer uang sesuai dengan harga produk kepada jasa Rekbernya.
  • Ketiga, Jasa rekber akan mengkonfirmasi dan akan bilang kepada penjual barang.
  • Keempat, Penjual akan mengirim barangnya dan mengirim nomor Resi.
  • Kelima, Jasa rekber akan mentransferkan uangnya ke penjual.
  • Keenam, kalian menerima barangnya.

Biasanya menggunakan jasa rekber memerlukan fee atau pajak sekitar Rp5.000 atau bisa jadi lebih sesuai ketentuan dari jasa rekbernya. 

Oh iya, jika kalian tertipu saat berbelanja online silahkan laporkan kepada pihak yang berwajib. Semoga tips belanja online ini dapat menghindarkan kalian dari penipuan dan saranku sebaiknya kalian harus lebih teliti lagi dalam berbelanja online atau kalau pengen lebih aman lagi bisa beli barang di marketplace seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan marketplace lainnya.

Demikian artikel mengenai Tips Belanja Online Agar Aman Tidak Tertipu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.