Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tipe dan Karakter Orang Yang Punya Hutang

Daftar Isi [Tampil]

Tipe dan Karakter Orang Yang Punya Hutang – Memberikan pinjaman uang kepada teman, sahabat, tetangga, saudara, dan kerabat adalah bentuk perilaku dan sikap empati kalian untuk ikut membantu meringankan beban mereka.

Tipe dan karakter orang yang punya hutang

Namun, sering kali yang dibantu justru tidak segera mengembalikan uang pinjaman tersebut. Padahal yang nama nya hutang haruslah segera dibayar. Sampai kapanpun hutang tetaplah hutang. Berapapun jumlah nominalnya harus tetap dilunasi. 

Karena uang tersebut adalah bukan milik kalian, alias pinjaman dari teman, yang bersedia membantu disaat kalian kesulitan ekonomi. Rasulullah SAW saja tidak bersedia mensholati jenazah yang masih punya hutang-piutang kepada orang lain.

Baru setelah hutang dilunasi keluarga atau sudah ada keluarga yang siap beratanggung jawab untuk membayar hutang jenazah, baru kemudian Rasulullah SAW bersedia untuk mensholati jenazah tersebut. Hutang, memang solusi yang cepat untuk menutup kebutuhan ekonomi keluarga. 

Tapi hanyalah sementara, karena uang hasil pinjam. Jadi, segera kembalikan uang tersebut sebelum ditagih. Tapi tidak sedikit kalian yang punya hutang ini sering menunda-nunda membayar hutang, sehingga baru kelabakan setelah ditagih sama pemberi hutang.

Berikut ini aku akan berbagi informasi mengenai beberapa tipe orang dan karakter seseorang yang punya hutang-piutang. Mereka kebanyakan selalu punya alasan untuk menunda melunasi hutang. Berikut ini ulasan lengkapnya langsung yuk simak dibawah ini.

7 Tipe dan Karakter Orang Yang Punya Hutang

1. Disiplin dan Tepat Waktu

Ada juga tipe teman yang tertib dan selalu tepat dalam berjanji saat hutang kepada kalian. Orang tipe seperti ini saat pinjam uang sambil berjanji akan melunasi hutang sekian dan tanggal sekian. Misalnya kalaupun dia lupa, kita hanya perlu mengingatkannya dan biasanya orang tersebut langsung otomatis membayarnya karena memang disiplin.

2. Inisiatif Mengembalikan

Ada juga beberapa teman yang sangat peduli dan selalu ingat kalau dia punya hutang, sehingga tanpa perlu diingatkan dan ditagih, dia sendiri aktif mengembalikan uang hasil pinjaman kepada kalian. Tapi jumlah orang dengan tipe seperti ini sangat jarang dijumpai di dunia ini.

3. Benar-benar lupa

Ada juga tipe teman yang punya hutang dan lupa sama sekali. Bahkan sampai lama bertahun-tahun tak kunjung dibayar hutang nya. Usut punya usut ternyata dia lupa sama sekali. 

Dan setelah ditagih, akhirnya dia mau mengembalikan, dan minta maaf karena benar-benar lupa kalau punya hutang, dan bahkan tidak jarang juga sambil menyalahkan kita yang memberi hutang kenapa nggak diingatkan atau ditagih.

4. Banyak Alasan

Berat kalau kalian menjumpai orang model seperti ini. Ketika ditagih bayar hutang selalu ada saja alasannya, dan kadang-kadang alasannya tidak masuk akal. Maka untuk mengatasi teman model seperti ini, rekomendasi nya adalah diperlukan agunan atau jaminan barang sebelum kalian meminjamkan uang kepada dia. Ketika sulit ditagih, kalian bisa jual barang milik dia. Beres kan? hehehe.

5. Pura-pura Tidak Punya Uang

Tidak sedikit juga teman yang ketika ditagih selalu bilang belum ada uang, karena alasan banyak kebutuhan ini itu sampai bosen mendengarkannya. Padahal kalian bener-bener butuh itu uang untuk keperluan penting. Bilang saja dicicil tidak apa-apa. Yang penting membayar mau melunasi, daripada tidak sama sekali.

6. Emosi dan Marah-marah

Punya hutang dan ditagih bukannya membayar, tapi malah marah-marah. Ada juga tipe orang model seperti ini mungkin jumlahnya cukup banyak. Sebagai pemberi pinjaman, kalian perlu bersabar saat menghadapi orang model seperti ini. Jadi solusinya, tagih sama keluarganya.

7. Hilang Tidak Ada Kabar

Susah juga kalau punya teman yang menghilang. Di sms, telpon, whatsapp, di messenger, disamperin ke rumah, juga tidak ada. Ibarat hilang ditelan bumi. Kalau ada teman model seperti ini, kalian perlu waspada dan hati-hati ketika meminjamkan uang kepadanya, karena jangan sampai uang kalian tidak balik lagi, gara-gara teman kalian menghilang.

Demikian artikel mengenai Tipe dan Karakter Orang Yang Punya Hutang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.