Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Penting Untuk Anak Kost Baru, Apa Saja?

Daftar Isi [Tampil]

Barang-Barang Penting untuk Anak Kost Baru – Bagi kalian yang hendak kuliah dan kerja di luar tempat kelahiran, atau yang biasa disebut merantau ke daerah atau kota lain, tentu kalian perlu ngekost atau ngontrak rumah di daerah tujuan.

Perlengkapan penting untuk anak kost baru
Gambar ilustrasi kost

Kost atau kontrakan adalah tempat tinggal sementara bagi seseorang yang sedang berada di suatu tempat, untuk tujuan tertentu dan dalam periode waktu tertentu. Biaya sewa kamar kost dan sewa rumah kontrakan berbeda-beda tiap daerah, dan tidak sama durasi sewanya.

Ada yang bulanan, semesteran, dan ada yang tahunan. Ada yang mahal dan ada yang murah meriah. Ada kost putra, ada kost putri, dan ada juga kost pasangan suami istri (pasutri). Tiap daerah tarif kost pun berbeda-beda.

Biasanya sih tergantung dari fasilitas kost. Tinggal kalian ingin pilih yang murah atau yang mahal, tergantung dari kondisi ekonomi kalian. Karena semakin lengkap fasilitas kost, maka harga sewa per kamar juga semakin mahal.

Bagi kalian yang punya rencana ngekost ataupun ngontrak, mungkin untuk tempat tinggal sementara selama sekolah atau kuliah, ataupun tempat kerja baru, kalian perlu mempersiapkan berbagai jenis perlengkapan untuk di kost. Berikut ini daftar barang-barang penting yang harus ada di kost.

Barang-Barang Penting untuk Anak Kost Baru

1. Perlengkapan Tidur

Jika di kost sudah ada fasilitas kasur dan bantal, kalian hanya perlu membawa sprei dan sarung bantal serta selimut dari rumah. Namun, jika ternyata kost-kosan tidak menyediakan fasilitas tersebut, maka kalian perlu membeli di tempat atau toko kasur dekat kost kalian. Lumayan harganya untuk kasur busa dan bantal bisa mencapai Rp 600.000,- mungkin bisa jadi lebih. Itupun belum ditambah sprei, sarung bantal dan selimut.

2. Lemari, Meja dan Kursi

Lemari berguna untuk menyimpan pakaian bersih dan bisa juga untuk simpan uang dan buku. Meja dan kursi berguna untuk tempat santai dan tempat belajar kalian jika ngekost untuk tujuan kuliah. Untuk lemari, kadang ada fasilitas dari kost, dan kadang juga tidak ada. Tapi untuk kursi dan meja, jarang ada, sehingga kalian perlu membeli sendiri di toko mebel meja kursi.

3. Perlengkapan Mandi

Untuk membersihkan tubuh setiap hari biasanya orang mandi 2 kali sehari pagi dan sore, sebelum berangkat kuliah atau kerja dan setelah pulang kuliah atau kerja. 

Penting agar kalian mempersiapkan perlengkapan mandi, misalnya seperti handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo, pembersih wajah, wadah sabun, dll. Penting juga untuk mempersiapkan sisir dan kaca cermin untuk bercermin dan mengecek wajah kalian yang cantik dan ganteng.

4. Perlengkapan Cuci

Agar kalian bisa lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya banyak, maka usahakan mencuci baju sendiri biar belajar mandiri, tidak perlu menggunakan jasa laundry untuk mencucikan baju kalian. Untuk mencuci sendiri, kuncinya adalah tidak malas, dan ada perlengkapan untuk cuci. 

Antara lain seperti deterjen, ember, sikat, henger, dan tempat jemuran. Usahakan mencuci 3 hari sekali dan atau 1 minggu sekali untuk mencuci baju-baju kotor kalian agar bersih, suci, dan wangi lagi.

5. Perlengkapan Ibadah

Penting untuk dipersiapkan agar kalian selalu ingat sama yang diatas untuk selalu rajin dan disiplin beribadah dimanapun dan kapanpun kalian berada. Maka usahakan perlengkapan ibadah harus atau wajib ada dan lengkap saat berada di kost baru.

Misalnya harus bawa sajadah untuk sholat 5 waktu, peci, sarung, tasbih, Al-Qur’an, dll (untuk yang beragama Islam). Bagi non muslim bisa mempersiapkan perlengkapan ibadah sesuai dengan kebutuhan ibadah masing-masing.

6. Logistik

Jika kalian tidak bisa masak sendiri tidak masalah, karena sekitar tempat kost pasti banyak kok usaha bisnis warung makan. Jadi setiap saat kalian bisa makan disitu. Namun, ada beberapa logistik yang perlu disiapkan di kamar kost, diantaranya air galon dan dispenser untuk minum atau ngopi, cemilan jika suatu waktu lapar, gelas, piring, sendok, centelan baju dll.

7. Perlengkapan Lainnya

Terakhir kalian harus mempersiapkan perlengkapan lainnya atau barang-barang yang kalian butuhkan saat di kost, misalnya seperti tempat sepatu atau sandal, rak tempat gelas dan piring, kipas angin, dan barang lainnya.

Demikian artikel mengenai Perlengkapan Penting Untuk Anak Kost Baru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya buat kalian yang hendak ingin tinggal di kost baru dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.