Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Oli Untuk Motor Matic Dan Motor Manual

Daftar Isi [Tampil]

Perbedaan Oli Untuk Motor Matic Dan Motor Manual - Meskipun mempunyai fungsi yang sama sebagai pelumas mesin motor, tetapi oli motor matic dan oli motor matic itu berbeda lho. Untuk perbedaan oli untuk motor manual dan motor matic adalah dari segi tingkat kekentalan oli.

Perbedaan oli motor matic dan motor manual
Gambar dari Liputan6.com

Selain itu, oli untuk motor manual hanya berfungsi untuk melumasi mesin motor, sedangkan oli untuk motor matic itu terdapat Automatic Transmision Fluid (ATV) yang mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin dan melumasi perpindahan gigi transmisi atau memperlancar dalam hal mekanisme perpindahan gigi transmisi. 

Perbedaan lainnya dari kode Japanese Automotive Standar Association (JASO). Oli untuk motor manual menggunakan kode JASO MA yang terdapat kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling biar meningkatkan daya gesekan pada kopling dan kopling gak gampang selip.

Kalau oli untuk motor matic kodenya JASO MB yang memiliki kandungan zat aditiv "friction modifier" atau molybdenium agar dapat meningkatkan pelumasan oli sehingga bisa membuat performa pada sepeda motor matic menjadi meningkat. 

Untuk pertanyaan apakah oli motor manual bisa dipakai untuk motor matic? jawabannya sangat tidak disarankan, begitupun dengan sebaliknya. Maka dari itulah, kalau bisa kalian jangan salah dalam memberikan oli untuk motor kalian.

Demikian artikel mengenai perbedaan oli untuk motor matic dan manual. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.