Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Error Saat Membuka File JPEG / JPG di Photoshop

Daftar Isi [Tampil]

Di artikel kali ini aku akan membagikan tutorial yaitu Penyebab dan Cara Mengatasi Error Saat Membuka File JPEG / JPG di Photoshop.

Cara mengatasi error di photoshop

Banyak orang salah satu nya aku sering mengalami error saat membuka file JPEG atau JPG di Photoshop, Errornya tuh Error pada saat open file JPEG / JPG di Photoshop ada pemberitahuan seperti ini:

Could not complete your request because a SOFn, DQT or DHT JPEG marker is missing before a JPEG SOS marker.

Yang Artinya:

Tidak dapat menyelesaikan permintaan kamu karena SOFn, DQT atau DHT JPEG marker tidak ada sebelum SOS JPEG marker.

Sekarang kamu jangan khawatir lagi karena aku akan membagikan tutorial untuk mengatasi masalah di Photoshop tersebut.

Cara Mengatasi Error Saat Membuka File JPEG / JPG di Photoshop

Mengatasi error ini sangat lah mudah, gak percaya? ikuti langkah-langkah ini :

  • Buka aplikasi Paint yang ada di Windows, setiap komputer atau laptop dengan OS Windows memiliki aplikasi Paint ini.
  • Buka file yang ingin diperbaiki. Misalkan disini aku menggunakan gambar screen shot HP. Untuk membuka filenya juga bisa menggunakan shortkey CTRL + O Buka gambar yang error.
  • Setelah dibuka, kamu gak perlu edit-edit lagi cukup pilih Save-as.
  • Pilih Save-as.
  • Kalian bisa memilih format nya saat di Save antara lain PNG, JPEG, BMP, dan GIF. Misalkan aku pilih JPEG Simpan gambar dengan format JPEG.
  • Taraaaaa sekarang file JPEG kamu sudah bisa dibuka di Photoshop.

Sekarang kamu coba deh buka file tadi di Photoshop dan praktekan nanti gambar tadi akan berhasil dibuka kembali.

Penyebab Error Saat Membuka File JPEG / JPG di Photoshop

Lalu apa sih penyebabnya? seperti yang ada di pemberitahuan bahwa ada format yang kurang dari file kita dengan kata lain penyebabnya adalah Korup / Corrupt. Nahhh ini menjadi hambatan bagi para desainer, karena error ini sering terjadi ketika membuka foto.

Kok Bisa Gambar Corrupt?

Tentu bisa, semua file baik itu software, media, dan aplikasi pasti bisa Korup atau Corrupt dan itu disebabkan oleh banyak faktor seperti file belum selesai tapi udah dikirim atau pun kehilangan komponen pentingnya.

Untuk masalah error saat membuka file JPEG atau JPG di Photoshop ini dengan pemberitahuan diatas, menurut pengalaman aku bahwa error ini terjadi karena file JPEG / JPG kita berasal dari Whatsapp.

Kesimpulan

Sekarang kita sudah tau bahwa error Could not complete your request because a SOFn, DQT or DHT JPEG marker is missing before a JPEG SOS marker di Photoshop ini disebabkan karena gambar atau foto kita berasal dari Whatsapp.

Agar tidak ada error seperti ini kalian bisa gunakan fasilitas Gmail untuk mengirim gambar atau foto, sehingga tidak akan ada error lagi. 

Selain Gmail,  kamu bisa juga kok menggunakan Dropbox dan Google Drive sebagai layanan penyimpanan awan (Cloud Storage). Oh iya, jika nanti muncul error seperti itu lagi silahkan lakukan tutorial yang aku berikan diatas ya.

Demikian artikel mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Error Saat Membuka File Gambar JPEG / JPG di Photoshop atau cara mengatasi Could not complete your request because a SOFn, DQT or DHT JPEG marker is missing before a JPEG SOS marker di Photoshop.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.