Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Manfaat Creative Commons Untuk Youtuber

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian dan Manfaat Creative Commons Untuk Youtuber - Hari ini telah timbul beberapa ide untuk membuat artikel baru. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ketemu juga salah satu ide yang sangat cocok untuk dijadikan artikel.

Creative commons

Di postingan kali ini aku akan menjelaskan Pengertian Creative Commons dan manfaat Creative Commons untuk kalian yang memiliki Profesi sebagai Youtuber. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah dengar kata Creative Commons, atau sudah berulang kali melihatnya.

Tetapi ada kemungkinan juga kalian belum mengetahui arti serta manfaat Creative Commons. Ketika kalian menonton satu Video, tak lengkap rasanya kalau tidak membaca Deskripsi. Tujuannya tak lain ialah untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang isi video tersebut. Benar kan?

Jika kalian membacanya sampai habis atau lebih jelasnya melihat sampai kebawah, pasti akan ada tulisan Creative Commons. Tapi tidak ada di semua video juga sih, cuma beberapa saja yang memberi Lisensi CC.

Nanti akan aku berikan contohnya, sekarang kalian lanjutkan saja membaca artikelnya agar memahami arti dan manfaatnya. Dibawah ini aku akan mencoba untuk menjelaskan sebisa mungkin mengenai Creative Commons, namun ada sebagian yang aku ambil dari situs Wikipedia.

Apa Itu Creative Commons?

Menurut Wikipedia, Creative Commons adalah suatu organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal.

Setiap video yang memilili Lisensi CC, maka boleh digunakan ulang oleh siapapun. Kalian sebagai Youtuber juga bisa ikut berpartisipasi untuk membuat video dengan memberi lisensi tersebut.

Contoh Video Creative Commons

Contoh video creative commons

Namun, jika kalian ingin menggunakan ulang atau menambah video yang memiliki Lisensi CC. Sebaiknya aku sarankan agar memberi nilai tambah dalam video tersebut. Supaya apa? supaya terhindar dari beberapa masalah lainnya.

Arti dari nilai tambah adalah menggabungkan video tersebut dengan video buatan kalian sendiri atau istilahnya Original.

Apa Manfaat Creative Commons?

Untuk kalian yang malas membuat video baru setiap harinya, jangan lakukan Reupload video orang lain. Kebanyakan Youtuber mengeluh kenapa Channelnya tidak bisa Dimonetisasi. Padahal Syaratnya sudah terpenuhi, seperti syarat "1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang, serta tidak ada satupun video yang terkena Copyright".

Ini yang salah. Tidak kena Copyright bukan berarti bisa Dimonetisasi, malah sebaliknya. Apalagi video yang kalian ambil, terus di upload ulang tanpa mengeditnya.

Nah, sebaiknya segera tinggalkan kebiasan tersebut. Ada banyak video yang bisa diambil tanpa menimbulkan masalah, asalkan kalian mengikuti saran yang telah aku sampaikan di atas, yakni memberi nilai tambah didalam videonya agar bisa di uangkan.

Sesuai pertanyaan diatas, artinya manfaat dari video berlisensi Creative Commons adalah bisa digunakan ulang. Jadi daripada mencuri video lain tanpa memiliki Izin, alangkah baiknya kalian mengambil video yang memiliki Lisensi Izin seperti Creative Commons. Itulah manfaatnya.

Bagaimana Cara Mencari Video Creative Commons?

Itu mah gampang. Tanpa melakukan apa trik apapun kalian bisa menemukannya, tetapi Kuota Internetnya menjadi lebih boros. Karena harus rela mencari satu persatu video yang ada di Youtube. Tetapi tahukah kalian?

Seiring berjalannya waktu, Youtube berkembang dengan sangat pesat. Setiap tahunnya mereka berharap bisa mempermudah pengguna Aplikasi Youtube dalam mencari video yang diinginkan. Sehingga ada beberapa penambahan fitur baru, misalnya pada bagian "Filter Penelusuran".

Dengan menggunakan Filter Penelusuran, kalian bisa menjaring video apa saja yang mengandung Lisensi Creative Commons. Tahu gak caranya? Coba jujur saja, kalau tidak tahu akan aku beri tutorialnya dibawah ini. Yuk simak tutorialnya,

  • Pertama buka aplikasi Youtube di Smartphone kalian atau bisa juga melalui websitenya.
  • Setelah itu ketuk icon pencarian, dan cari video yang ingin kalian ambil.
  • Klik garis tiga dipojok kanan atas, dekat dengan icon "Mic".
Cara mencari video creative commons
  • Pilih Creative Commons di samping Substitle/CC, lalu telan Terapkan.
Tutorial mencari video creative commons
  • Terakhir Klik video yang kalian inginkan, kemudian lihat di Deskripsi pada bagian paling Bawah. Nanti ada tulisan, "Boleh digunakan kembali".

Kesimpulan

Aku ingatkan lagi. Jangan asal upload video Creative Commons tanpa menggabungkan dengan video original kalian, dan jangan lupa untuk menambahkan Link Video tersebut sebagai tanda terima kasih karena sudah menggunakan karya mereka. Manfaatkan video Creative Commons sebaik mungkin.

Demikian artikel mengenai Pengertian Creative Commons dan Manfaat Creative Commons Untuk Youtuber. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya blog Septiyan Media.