Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Daftar Isi [Tampil]

Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari - Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, hampir semua Informasi bisa ditemukan melalui Internet. Seolah-olah Internet adalah sebuah buku yang memiliki Triliunan Halaman, yang didalamnya terdapat berbagai macam Ilmu.

Manfaat internet

Misalnya saat sekolah jaman dulu sebelum ada internet, pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang paling sulit dan bikin kesal bagi kebanyakan murid. Karena disaat itu harus menerjemahkan pakai Kamus. Itupun sangat susah, sebab Terjemahannya harus dicari satu persatu kata per kata. Belum lagi menyusun kata-katanya menjadikannya sebagai kalimat.

Berbeda dengan jaman sekarang, yang setiap katanya dapat diterjemahkan melalui Google Translate. Apalagi sudah ada salah satu aplikasi, kalau tidak salah bisa menerjemahkan hanya dengan memotret Halaman Buku.

Memang Internet ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari apabila digunakan dengan bijak. Namun lain halnya, jika disalahgunakan untuk mengakses situs-situs terlarang atau menebar kebencian di Media Sosial. Bisa berakibat fatal kalau dipergunakan untuk melakukan hal yang negatif, pokoknya jangan pernah sekali-kali untuk coba-coba ya!

Bukan hanya itu saja, ada banyak lagi manfaat yang akan kalian dapatkan bila berteman dengan Internet. Termasuk bisa dimanfaatkan sebagai sarana penghasil uang, tentu harus menjaga Kekonsistenan.

Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang aku bilang tadi, ada banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan dari Internet. Asalkan tidak melanggar peraturan, maksudnya ialah jangan melakukan aktivitas yang dapat merugikan diri sendiri. Berikut ini adalah Manfaat Internet apa sajakah manfaatnya? langsung simak dibawah penjelasannya.

1. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Dengan adanya Internet, wawasan kita jadi lebih luas. Tidak seperti dulu yang hanya melihat dunia dengan cara pandang yang sama tanpa adanya perubahan. Seorang yang memiliki wawasan luas, kehidupannya cenderung lebih bergairah.

Sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu, jadikan Internet sebagai Buku kedua untuk belajar agar pengetahuan dan wawasan terbuka.

Saran Website yang Memperkaya Wawasan dan Pengetahuan:

  • Wikipedia.
  • NatGeo.
  • Quora.
  • Ted.

2. Dapat Menjalin Pertemanan Jarak Jauh

Bagi kalian yang mempunyai Smartphone, pasti sudah tersedia salah satu Aplikasi Media Sosial. Nah, kita bicarakan yang paling umum terlebih dahulu, misalnya Facebook. Kebanyakan jika kita periksa HP Teman atau Keluarga, selalu ada Aplikasi Facebook Seluler maupun Lite.

Tujuan setiap orang berbeda-beda, ada yang memanfaatkannya untuk menjalin pertemanan dan ada pula yang dijadikan sebagai media penghibur. Tetapi, biasanya sih digunakan untuk mencari teman baru. 

Termasuk aku sendiri, bahkan ada sebagian orang yang menganggap teman di Media Sosial sebagai Sahabatnya. Bahkan ada juga yang sampai ingin ketemuan, karena sudah lama berhubungan di Medos namun belum pernah bertatap muka secara langsung.

Jika memang sudah seperti itu, sebaiknya jangan datang sendiri. Ajaklah satu atau dua teman untuk menemani kalian, sebab kita tidak tahu sifat asli orang yang akan kita temui. Bisa jadi sifatnya berbeda 180 Derajat di kehidupan nyata dengan di Media Sosial.

3. Tempat Menyimpan Kenangan

Selain mendapat teman baru, internet juga bermanfaat untuk menyimpan kenangan bersama keluarga ataupun Sahabat. Berbagai macam kenangan bisa kalian simpan, mulai dari Video, Foto, dan Suara. Kenangan yang disimpan di Laptop dan Kartu Memori, belum tentu dapat kita lihat di masa mendatang. 

Karena, semua itu bisa saja hilang akibat dari rusaknya kedua benda tersebut. Supaya kenangan tersimpan lebih lama dan aman, coba kalian unggah di Media Sosial, seperti Facebook dan Instagram. Dengan syarat, merubah Status Foto dan Video kalian di Medsos menjadi Publik agar bisa dilihat semua orang. Sebab bukan tidak mungkin, sewaktu-waktu kalian akan lupa dengan Kata Sandi akun.

Bukan hanya Medsos saja, manfaatkan juga Blog gratis untuk menulis tentang kehidupan sehari-hari dan tambahkan juga fotonya. Siapa tahu nanti di kemudian hari, kalian ingin Nostalgia kembali ke kehidupan masa lalu.

4. Selalu Mengetahui Informasi Terkini

Mungkin dengan mendengar Radio, menonton Televisi, membaca Koran, terlalu ribet untuk mengetahui Informasi terkini. Apalagi saat ditempat kerja, tentu tidak boleh sembarangan melakukan aktivitas lain selain bekerja. Kalau tidak, ya harus siap-siap menerima segala Resikonya. 

Sebenarnya, cara yang paling bagus untuk selalu mengetahui Informasi terkini adalah memanfaatkan Internet. Saat sudah waktunya Istirahat, kita gunakan waktu tersebut untuk membaca berita terbaru. Dengan begitu, kita jadi lebih tahu peristiwa apa saja yang baru terjadi atau informasi lainnya.

5. Sebagai Sarana Penghasil Uang

Manfaat lain dari Internet ialah dapat dijadikan sebagai sarana penghasil uang. Gimana maksudnya? Begini, sekarang mencari uang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Contohnya lewat Internet kita dapat membangun Toko Online ataupun membuat blog. 

Jika tidak punya keahlian membuat Website, tentu ada cara lain, yaitu mengunggah  video di Youtube dan Facebook. Apa benar, hanya dengan Upload Video dapat uang? Buat apa aku berbicara hal yang tidak penting, pastinya sangat bisa dong!

Melalui Youtube, kalian dapat mencari uang dengan memasang iklan Google Adsense. Di Facebook, Upload video dan Monetisasi Fanspage kalian. Memang terdengar begitu mudah, namun kenyataannya sangat sulit. Kalian harus punya keyakinan dan tekad yang kuat ya konsisten agar bisa meraup penghasilan lewat Internet. Tertarik untuk mencoba?

Kesimpulan

Dikarenakan Ide yang aku miliki sangat terbatas, maka cuma 5 saja Manfaat Internet yang bisa aku berikan kepada kalian. Padahal masih banyak sekali manfaat dari Internet apabila kita pandai menggunakannya.

Setelah membaca artikel mengenai ini, aku harap kalian dapat mengambil manfaatnya. Buang jauh-jauh pikiran kalian bahwa Internet itu memiliki Dampak Negatif, karena tidak semuanya seperti itu masih banyak kok positifnya. 

Demikian artikel mengenai manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.