Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Tingkatan Dalam Usaha Pulsa & Kuota

Daftar Isi [Tampil]

Di artikel kali ini aku akan membagikan artikel yang berjudul "Macam-Macam Tingkatan Dalam Usaha Pulsa & Kuota".  Sekaligus menjawab pertanyaan Apa Itu Provider, Server, Master Dealer, dan Downline Di Usaha Pulsa & Kouta?

Tingkatan dalam usaha pulsa dan kouta

Kalau kalian beli pulsa kan cuman dateng ke konter terus kasih nomor lalu bayar dan pulsanya terkirim bukan? namun, ternyata ada tahap-tahapnya lhooo pulsa bisa terkirim ke nomor kamu.

Di Indonesia memiliki beberapa Provider nasional seperti Telkomsel, XL, Three, Indosat, dll setiap provider memiliki ketentuan masing-masing dan kelebihannya masing-masing.

Dalam dunia perpulsaan ada 4 penjual pulsa masing-masing memiliki tingkatannya yaitu PROVIDER > SERVER PULSA > MASTER DEALER > DOWNLINE langsung ke konsumen. ini adalah bagaimana pulsa bisa terkirim. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Macam-macam Tingkatan Dalam Usaha Penjualan Pulsa dan Kouta

1. Provider

Provider adalah penyedia layanan komunikasi dan internet. Dengan Provider ini kita bisa terhubung ke internet menggunakan Kuota. Di Indonesia salah satu Provider terbesarnya yaitu Telkomsel yang telah berdiri sejak tahun 1995. Jika ingin berjualan pulsa langsung dari Provider setidaknya anda harus memiliki 1 chip di setiap provider.

2. Server Pulsa

Server Pulsa bisa dibilang sebagai kumpulan Provider yang tujuan utamanya adalah memasarkan produk Pulsa & Kuota. Jadi misalkan ada 3 provider nahh dengan 1 Server Pulsa ini bisa mencakup 3 Provider tersebut lalu dipasarkan melalui Master Dealer atau langsung dijual ke konsumen.

3. Master Dealer

Setelah Server Pulsa kini ada Master Dealer. Nah, Master Dealer atau sering disebut MD ini bertugas memasarkan Server Pulsa untuk para Downline baru. Keuntungan MD ini bisa berasal dari penjualan produk pulsa atau pun komisi dari setiap transaksi downline. Perlu diketahui biasanya setiap Server Pulsa hanya memberikan sekitar 100 - 500 Master Dealer lebih dari itu maka berstatus Downline.

4. Downline

Yang terakhir ada Downline, Downline atau sering disebut DL tujuan utamanya yaitu memasarkan produk pulsa dan kuota langsung ke konsumen di masyarakat. Keuntungan downline setiap transaksi adalah antara Rp1.500 - Rp10.000. Downline juga bisa mendaftarkan Downline yang lain atau disebut SUB-DOWNLINE. Downline memiliki keuntungan setiap transaksi dari SUB-DOWNLINE sama seperti halnya Master Dealer.

Sistem Kerja

Pertama Provider untuk memasarkan produk kamu harus menggunakan chip / kartu dari Provider tersebut tetapi banyak Provider di Indonesia ada sekitar 3 atau lebih lalu apakah harus memiliki banyak chip? 

Nahh disini tugas dari Server Pulsa yang bertugas mengumpulkan chip-chip tersebut menjadi 1 jalur sehingga hanya menggunakan chip yang sudah terdaftar di Server Pulsa bisa bertransaksi dari banyak Provider.

Server Pulsa sendiri bisa menjual produknya langsung ke konsumen atau bisa mendaftarkan yang namanya Master Dealer untuk membantu penjualan pulsa & kuota ke masyarakat dengan pendaftaran Master Dealer ini Server Pulsa juga mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang dilakukan oleh Master Dealer. Master Dealer juga berhak untuk mendaftarkan anggota baru yang sering disebut Downline.

Dari penjelasan di atas tingkatan yang paling tertinggi adalah PROVIDER karena sebagai penyedia pulsa & internet yang kedua yaitu SERVER PULSA sebagai kumpulan provider agar transaksi bisa dilaksanakan dengan 1 chip untuk All Operator. 

Yang terakhir ada MASTER DEALER dan DOWNLINE yang bertugas untuk memasarkan produk ke masyarakat dan mendapatkan keuntungan di setiap penjualan produknya. Harga penjualan produk dari PROVIDER ke DOWNLINE biasanya memiliki harga yang sama untuk dijualkan ke konsumen, Misalkan pulsa 10.000 dijual 12.000.

Salah satu keuntungan jika kalian bergabung di salah satu tingkatan seperti Downline yaitu kalian bisa isi pulsa ke nomor kalian sendiri. Walaupun status kalian adalah penjual pulsa tapi kalian bisa isi ulang sendiri udah gitu harga yang didapatkan lebih murah.

Dengan adanya sistem ini penjualan pulsa & kuota bisa menyebar ke seluruh penjuru Indonesia tanpa perlu datang ke kantor Provider daerah dan juga setiap orang bisa berjualan pulsa sebagai usaha. 

Demikian artikel mengenai apa Itu Provider, Server, Master Dealer, dan Downline Di Usaha Pulsa dan Kouta. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya.

Incoming Search Items :

  • Pengertian Provider, Server Pulsa, Master Dealer, dan Downline
  • Cara menjadi Master Dealer pulsa
  • Daftar master dealer pulsa murah
  • apa saja tingkatan dalam pemasaran pulsa
  • Usaha untuk anak muda
  • Apakah jualan pulsa itu MLM?
  • Cara membuat server pulsa
  • Cara mendapatkan downline
  • Bagaimana pulsa terkirim ke konsumen dan masyarakat
  • Cara kerja agen pulsa dan kuota.