Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Rutin Dicek dan Diganti

Daftar Isi [Tampil]

Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Rutin Dicek dan Diganti - Bagi kalian pengguna atau mempunyai sepeda motor matic, kalian harus mengetahui kalau di motor matic terdapat dua jenis oli yang menurutku wajib untuk di cek dan diganti secara rutin bila perlu.

Jenis oli motor matic yang perlu rutin diganti
Gambar dari Seosatu.com

Untuk jenis oli motor matic ini adalah oli mesin, oli rem, dan oli gardan atau bisa disebut dengan gear oil. Langsung saja yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Rutin Dicek dan Diganti

1. Oli Mesin

Oli mesin merupakan oli yang mempunyai fungsi untuk menjaga bagian mesin motor biar bisa bekerja dengan baik, sehingga tidak mengalami masalah. Oli mesin itu wajib untuk kalian cek dan perlu  dicek dan diganti secara rutin untuk mencegah kerusakan pada komponen mesin motor.

Sebagai informasi kalau fungsi oli gardan pada motor matic adalah untuk dapat melancarkan kinerja dari pergerakan transmisi otomatis pada motor matic dan juga komponen-komponen transmisi di dalam box gardan kan saling bergesekan dengan adanya oli gardan bisa menjadi perlindungan untuk komponen.

2. Oli Gardan

Untuk oli gardan sendiri memang tidak perlu sering kalian ganti seperti oli mesin dikarenakan kinerja dari oli ini tidak terlalu berat, tetapi sama seperti dengan komponen pada mesin, kalau gak dilumasi dengan oli atau jarang diganti oli nantinya akan menimbulkan suara kasar pada bagian kotak sepeda motor matic dan bisa menyebabkan CVT pada motor matic menjadi rusak.

Untuk pergantian oli mesin dan oli gardan pada motor matic berbeda ya dan sering banget muncul pertanyaan berapa kilo meter oli mesin dan oli gardan harus diganti? untuk jawabannya oli mesin bisa kalian ganti setiap 2.000 km sampai 3.000 km tergantung penggunaanya, sedangkan kalau oli gardan bisa kalian ganti di setiap 8.000 km.

3. Oli Rem

Bukan hanya oli mesin dan oli gardan saja, oli rem juga wajib atau perlu diganti. Seperti kita tau, oli rem merupakan oli yang khusus untuk sistem rem.

Fungsinya tidak hanya sebagai pelumas saja, tetapi menjadi media perantara yang mentrasmisikan tenaga hydraulic ke seluruh sistem rem pada motor. Jadi perlu kalian perhatikan juga ya soalnya sistem pengereman itu sangat penting sekali buat motor karena bisa menghentikan laju kendaraan.

Demikian artikel mengenai Oli Motor Matic yang Perlu Rutin Dicek dan Diganti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media