Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fungsi Oli Untuk Sepeda Motor

Daftar Isi [Tampil]

Fungsi Oli Untuk Sepeda Motor - Oli adalah sebuah cairan pemulas yang terbilang sangat penting sekali kegunaannya untuk sepeda motor. 

Fungsi oli untuk motor
Gambar dari Gridoto.com

Maka dari itulah kalian harus selalu menjaga kualitas oli yang ada di motor kalian dan kalian juga perlu tau fungsi oli pada sepeda motor. Berikut ini fungsi oli untuk sepeda motor.

Fungsi Oli Pada Sepeda Motor

1. Sebagai Pelumas

Fungsi oli secara umum memang diketahui oleh banyak orang sebagai pelumas. Ya ini memang benar oli bertujuan untuk melumasi komponen-komponen dan setiap partikel yang saling bergesekan di dalam mesin agar dapat mencegah keausan berlebih karena gesekan satu sama lain.

2. Mengurangi Gesekan Komponen Mesin Motor

Gesekan pada komponen mesin motor bisa mengakibatkan komponen mesin pada motor menjadi cepat aus, suhu panas, menghasilkan kotoran, dan dapat mengurangi tenaga yang dihasilkan. Maka dari itulah oli berperan sebagai pelumas untuk mengurangi bagian yang bergesekan.

3. Pembersih Kotoran Hasil Gesekan

Antar komponen mesin pada motor sistem kerjanya saling bergesekan dan menghasilkan kotoran. Dengan adanya oli sebagai pelumas dapat membantu membersihkan kotoran yang ada di komponen mesin, sehingga komponen yang saling bergesekan tadi akan tetap bersih. Selain itu, kotoran yang ada dan terbawa nantinya tersaring pada saringan oli, sehingga membuat oli dapat menjadi kembali bersih.

4. Mencegah Karat

Fungsi dari oli lainnya ialah bisa mencegah karat pada mesin. Seperti diketahui bahwa komponen-komponen yang ada di mesin motor sebagian besar kan terbuat dari logam. Nah, kita tau tentang logam sendiri kan mudah berkarat, tetapi dengan adanya oli membuat bagian logam menjadi terlapisi dan dapat menghindarkan kontak langsung dengan air ataupun udara.

5. Sebagai Pendingin

Karena ada gesekan yang ada di dalam mesin pastinya akan menciptakan suhu panas. Tetapi dengan adanya oli yang menjadi pelumas dapat menyerap suhu panas yang ada, sehingga membuat suhu mesin menjadi dingin dan sekaligus bisa mengatasi overheat.

6. Meningkatkan Performa Mesin

Oli dapat mencegah gesekan yang berlebih dan membuat mesin motor menjadi halus. Hal inilah membuat mesin dapat bekerja dengan baik dan pastinya bisa menambah performa mesin, sehingga mampu menambah kecepatan pada motor.

7. Meredamkan Suara Mesin

Gesekan pada komponen mesin motor mengakibatkan suara, tetapi suara yang muncul tersebut dapat diredam dengan oli. Fungsi dari oli inilah yang bisa membuat suara mesin pada motor akan terdengar menjadi lebih halus.

8. Merekatkan Mesin

Oli juga berfungsi untuk merekatkan semua komponen yang ada di mesin agar komponen pada mesin tersebut dapat berjalan dengan lancar, sehingga mesin tidak mudah untuk overheat.

Demikian artikel mengenai fungsi oli untuk motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.