Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fitur Whatsapp Business Yang Tidak Ada di Whatsapp Biasa

Daftar Isi [Tampil]

Di kesempatan kali ini aku akan membagikan artikel tentang Fitur Whatsapp Business Yang Tidak Ada di Whatsapp Biasa.

Fitur whatsapp business

Pengguna Smartphone semakin tahun semakin bertambah banyak penggunanya dan rata-rata pengguna Smartphone menggunakan aplikasi sosial media yang bertebaran di pasar-pasar aplikasi seperi Play Store. 

Salah satu aplikasi yang paling digunakan untuk berkomunikasi adalah Whatsapp. Di Play Store sendiri saat ini Whatsapp telah diunduh lebih dari 5M+ unduhan, sangat besar bukan? Pada tahun 2018 lalu developer WhatsApp Inc mengeluarkan aplikasi seperti WhatsApp yaitu WhatsApp Business. 

Apa tujuan dari WhatsApp Business ini? seperi namanya 'Business' yaitu untuk keperluan semua bisnis. WhatsApp Business dengan WhatsApp memiliki persamaan yaitu dalam bidang chat, nomor hp, status, dll.

Whatsapp Business memiliki banyak keunggulan dibandingkan WhatsApp biasa apa saja sih fitur-fitur Whatsapp Business yang tidak ada di WhatsApp biasa? Tanpa lama-lama lagi langsung simak yuk fitur-fiturnya dibawah ini.

7 Fitur Whatsapp Businnes Yang Tidak Ada di Whatsapp Biasa

1. Tampilan Profil Yang Lebih Profesional

Profil yang digunakan di WhatsApp biasa terkesan monoton atau biasa-biasa aja. Berbeda dengan tampilan profil di WhatsApp Business pada pengguna WhatsApp Business memiliki tampilan tambahan pada profil mereka yaitu Alamat, Label / Kategori Bisnis, Deskripsi Toko, Jam Buka / Tutup, Email, dan Website Bisnis.

2. Katalog

Selain itu, ada juga lho fitur katalog, jadi fungsinya untuk menampilkan produk dan layanan di profil Whatsapp kalian. Tujuannya sih biar pembeli tau daftar produk-produk yang kalian jual itu apa saja. Bukan hanya itu, ditambahkan juga fitur tampilkan tombol tambah ke keranjang.

Jadi pembeli bisa menggunakan fitur tersebut ketika memilih barang di katalog kalian biar bisa langsung pembeli mengirimkan semua barang yang diinginkan kepada kalian dalam satu pesan. Ya menurutku biar mempermudah aja gitu dalam proses pemesanan antara kalian dengan pembeli.

3. Pesan di Luar Jam Kerja

Setiap orang memiliki kesibukan yang tidak dapat ditunda ketika menjalankan bisnis. Nah dengan adanya fitur ini memudahkan orang lain atau pembeli diberitahu bahwa sang pemilik toko ada kesibukan atau pun sedang tidak online.

Fitur ini sangat bagus agar pembeli tidak merasa dicueki. Para pengguna WhatsApp Business tinggal mengatur pesan yang diinginkan untuk chat otomatis ketika offline atau tidak tersambung dengan internet

4. Fitur Balas Cepat

Pembisnis biasanya memberikan informasi tentang produknya ke konsumen melalui WhatsApp dengan mengetik atau pun copas dari catatan, Dengan fitur Balas Cepat di WhatsApp Business ini para pembisnis atau pemilik toko tidak perlu repot-repot copas sana-sini untuk memberitahu sesuatu kepada pelanggan.

5. Fitur Salam Otomatis

Bebeda dengan WhatsApp biasa, di WhatsApp Business jika kita tidak melakukan chat atau mengirim pesan ke orang lain selama 14 hari nanti akun WhatsApp Business langsung mengirim pesan berupa salam baik itu menngenai update produk kalian, atau cuman salam hangat aja.

Fitur ini berguna ketika ada pelanggan yang sudah lama tidak melakukan transaksi dengan kita, jika kita mengirim pesan secara otomatis berupa update produk dan lain-lain, itu bisa membuka peluang untuk pelanggan membeli produk kalian.

6. Label pelanggan di WhatsApp Business

Label pada WhatsApp Business sangat berguna sekali untuk mengetahui status pembeli atau pelanggan lebih tepatnya mengetahui kategori. Status yang digunakan di WhatsApp Business itu adalah Pelanggan Baru, Pelanggan Baru, Menunggu Pembayaran, Telah Membayar, dan Pesanan Selesai.

Bahkan kalian bisa menambahkan label baru yang unik atau lucu seperti Top Global Ngutang, Lunas Gan, Anti Hutang-Hutang dan lain-lain.

Dengan fitur label ini ketika ada pembeli yang menghubungi pemilik toko bisa mencantumkan label ke pembeli tersebut, misalkan pembeli sudah memesan barang tapi belum melakukan pembayaran nah itu bisa dikasih label Menunggu Pembayaran. Dengan adanya fitur ini pemilik toko lebih mudah dalam mengkategorikan pembeli atau pelanggan.

7. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Fitur yang terakhir di Whatsapp Business adalah fitur yang berfungsi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Fitur tersebut ialah fitur iklankan di Facebook yang dapat membuat iklan dan mengarahkan pelanggan ke WhatsApp, ada juga fitur menambahkan WhatsApp ke akun halaman Facebook dan profil Instagram kalian untuk mempermudah pembeli untuk berkomunikasi dengan kalian, serta tautan pendek yaitu mengundang untuk chat via tautan ataupun kode QR.

Demikian artikel mengenai Fitur Whatsapp Business Yang Tidak Ada di Whatsapp Biasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.