Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru

Daftar Isi [Tampil]

Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru - Sebagai Youtuber, apa yang akan kalian lakukan supaya mendapatkan banyak penonton atau views? Tentunya melakukan promosi bukan? Baik itu melalui Google Ads, Facebook Ads, dan membagikan secara manual di Sosial Media.

Cara optimasi seo youtube

Namun perlu kalian ketahui, cara tersebut hanya berlaku untuk sementara, dan apabila saldo Ads telah habis, maka viewers akan berkurang secara perlahan-lahan. Ini tergantung dari video yang kalian berikan untuk penonton, apakah konten tersebut bagus atau tidak. 

Jika kontennya berkualitas dan dapat membuat pengunjung bahagia, maka otomatis mereka akan kembali lagi dan menjadi pelanggan setia channel kalian.

Dibalik semua itu, Ada satu cara lagi yang paling ampuh untuk mendatangkan banyak penonton dan subscriber tanpa mengeluarkan uang, yakni dengan cara membuat video Youtube berkualitas dan mengoptimasinya dengan SEO. 

Dengan mengikuti metode tersebut, aku yakin video kalian akan menempati urutan pertama dalam pencarian youtube.

Dengan banyaknya persaingan dari tahun ke tahun, mengandalkan SEO dan Video berkualitas adalah langkah paling tepat untuk mengalahkan kompetitor atau saingan kalian. Memang kalau berbicara tentang seo ini, pasti banyak yang belum mengerti, apalagi untuk kalian yang baru bergabung dengan Youtube.

Lalu SEO apa saja yang harus dilakukan supaya video kita menempati halaman pertama pencarian, serta bisa bersaing dengan kompetitor? Berdasarkan pengalaman aku sendiri, untuk menempati halaman pertama youtube, kalian perlu mengoptimasi (Video, Thumbnail, Judul, Deskripsi, dan Keyword).

Setelah mengetahui mengenai optimasi Video sampai Keyword, seterusnya kalian tinggal belajar cara mengoptimasi seonya. Untuk caranya tentu sangat mudah, karena aku akan memberikan panduan lengkapnya kepada kalian.

Cara Optimasi SEO Youtube Agar Masuk Halaman Pertama

Berikut ini adalah Cara Optimasi SEO Youtube Terbaru di tahun 2022

  • Unggah Video Berkualitas.
  • Gunakan Thumbnail Keren.
  • Buat Judul yang Menarik.
  • Tulis Deskripsi yang unik.
  • Riset Kata Kunci.

Nah, itulah kelima poin yang perlu dilakukan agar video menempati posisi teratas di Youtube. Namun apabila kalian tidak mengetahui caranya, maka video yang kalian upload tidak akan bisa menduduki peringkat pertama di pencarian. Oleh karena itu, diperlukan trik dan beberapa tools serta cara mengoptimasinya.

Cara Optimasi SEO Youtube Untuk Tingkatkan Views Video

1. Unggah Video Berkualitas

Sebelum membuat struktur artikel ini, sebenarnya aku sedikit kesulitan dalam mempertimbangkannya, mana lebih dulu yang akan aku bahas, mengenai penempatan "Video Berkualitas atau Judul Menarik" pada Nomor Satu (1). Setelah aku pikir-pikir judul adalah bagian yang paling penting untuk mengundang orang agar menonton video kalian.

Namun, setelah aku renungkan lagi, ternyata ada yang salah dengan pemikiran tersebut. Karena dengan judul menarik saja tidak dapat membuat penonton puas, apabila video yang kalian sajikan tidak berkualias. Maka dari itulah, "Unggah Video Berkualitas" aku tempatkan di Nomor Satu.

Video berkualitas bukan hanya dilihat dari resolusinya saja, melainkan konten yang kalian buat haruslah mudah dipahami oleh penonton. Menurut aku sendiri video berkualitas itu memiliiki (Suara yang Jernih, Membahas suatu topik sampai ke akar-akarnya, Pembahasannya menarik dan mudah dipahami).

Selain itu, didalam videonya kalian harus menyebutkan Kata Kunci suatu topik yang sedang kalian bahas agar videonya mengandung unsur SEO. Misalnya: video tentang bisnis.

Kita beri saja judulnya "10 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal" dan kalian menargetkan kata kuncinya "Bisnis Online Rumahan", jadi nanti disaat membuat videonya, kalian harus menyebutkan kata kunci tersebut. Contohnya pada (Awal, Tengah, dan Akhir Video).

Dan jangan lupa juga mengubah nama berkas videonya, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara optimasi nama video youtube

2. Gunakan Thumbnail Keren

Jika kalian sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul "Cara Menjadi Youtuber Hanya Dengan Modal HP", maka bisa dipastikan ada sudah mengerti kegunaan dari Thumbnail ini. Jika belum, akan aku jelaskan kepada kalian mengenai Thumbnail ini dan seberapa pentingkah dia.

Sekilas Thumbnail memiliki fungsi sama persis dengan judul, yakni dapat memberitahukan kepada penonton tentang isi Video kalian. Karena itulah, gambar video haruslah jelas dan mudah dipahami saat pengguna youtube melihatnya.

Optimasi thumbnail youtube

Disini pada gambar, aku akan memberikan sedikit tips agar tampilannya keren dan mengandung SEO. Kita ambil lagi contoh judul pada nomor pertama, yakni tentang bisnis.

Usahakan untuk menulis teks judul ataupun kata kunci dalam thumbnailnya, seperti contoh yang aku berikan pada gambar diatas. 

3. Buat Judul yang Menarik

Membuat judul asal-asalan tidak efektif untuk youtuber pemula, kecuali kalian sudah mempunyai banyak Subscriber atau Pelanggan. Katakan saja seperti Reza Arap Oktovian yang sekarang ini, ia membuat judul yang sangat singkat dan tidak jelas, misalnya: "Baru bangun...", meski judulnya seperti itu, setiap video yang dia upload selalu mendapatkan banyak tontonan ataupun youtuber lainnya yang memiliki banyak Subscriber, walaupun judul pada video Youtube mereka singkat atau asal-asalan sekalipun masih tetap banyak penontonnya.

Sebetulnya kita juga bisa seperti dia, asalkan kita mempunyai banyak subscriber dan berani menghamburkan uang untuk mengiklankan video ya intinya agar channel dikenal orang banyak orang gitu. Tapi, seperti yang sudah katakan di awal artikel, itu hanya bersifat sementara, dan tidak lama kemudian viewersnya akan turun apabila saldonya mulai sedikit.

Lalu apakah kita bisa membuat Judul SEO dan menarik minat orang untuk menonton video kita? Tentu bisa, dibawah ini aku akan membagikan caranya, mulai dari mencari judul SEO hingga membuatnya agar terlihat lebih menarik.

  • Tips Pertama Buka Youtube.
  • Lalu tulis sedikit kata kunci di kolom telusuri.
  • Misalnya aku akan menulis "Cara Memulai Bisnis Online".
  • Setelah itu, akan muncul beberapa baris kata kunci yang disarankan langsung oleh Youtube. Artinya, Tulisan tersebut banyak dicari oleh pengguna Youtube.
  • Kemudian Screenshot saran Kata kunci di pencarian Youtube.
  • Nah, disini kita berhenti dulu, karena kita akan memulai mengatur judul yang tepat.

Optimasi judul video

Sekarang kita tentukan judul videonya, ambil beberapa kata dalam gambar yang telah kalian screenshot. Contohnya, aku akan mengambil kata "Tanpa Modal", berarti judulnya akan berubah menjadi "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal".

Kenapa aku ambil paling atas? Karena, paling atas itu adalah judul yang paling banyak dicari orang. Sebagai orang Indonesia, kita pasti mengerti bagaimana sikap orang negara kita. Pastinya jika ingin membangun bisnis pertama, kita tidak ingin mengeluarkan dana alias Tanpa Modal. Jadi masuk akal, kalau "kata" tersebut banyak dicari pengguna youtube.

Kemudian kita akan mencari lagi, untuk siapa video ini dibuat dan apa keuntungan yang akan dihasilkan bila menjalankan "Bisnis Online Tanpa Modal". Disini aku akan mencoba cari tahu mengenai yang "Dihasilkan".

Caranya cukup mudah, silahkan ulangi langkah diatas. Akan tetapi, ubahlah sedikit kata kuncinya, namun tetap mengandung kata yang pertama.

Cara optimasi judul video youtube

Pertanyaan apa yang akan "dihasilkan" telah aku temukan, pada gambar diatas terlihat jelas ada kata "Untung Besar". Nah, jadi jawaban dari menjalankan bisnis tanpa modal adalah untuk mendapatkan keuntungan besar. Maka judulnya akan aku tambahkan lagi menjadi "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dengan Untung Besar".

4. Tulis Deskripsi yang Unik

Apa manfaat Deskripsi youtube? Manfaat deskripsi adalah untuk menyampaikan suatu pembahasan secara lengkap dalam bentuk tulisan, biasanya kata-kata yang dimasukkan dalam deskripsi lebih jelas dan detail dibandingkan dalam video.

Misalnya web berita seperti Tribunnews yang selalu update berita terbaru di Youtube dengan durasi video 1-4 menit dan jika semua berita lengkapnya disampaikan langsung dalam video, tentunya akan memakan waktu lebih banyak lagi. Karenanya ditulislah berita tersebut dalam deskripsi secara lengkap, dan terperinci.

Untuk youtuber, isi deskripsinya sedikit berbeda dari Channel Berita. Memang itu sudah benar, rata-rata dari mereka memasukkan sedikit informasi tentang video yang sedang dibahas, serta tidak lupa menempatkan Alamat Contact Bisnis, seperti Email dan Nomor Telepon, tujuannya agar mereka bisa dihubungi saat ada yang ingin Bekerja sama.

Tapi, tahukah kalian? Deskripsi juga perlu dioptimasi, supaya video kalian memiliki peluang besar untuk menempati halaman pertama Youtube dan Google. Caranya sangat sederhana, cukup tulis topik video kalian atau bisa juga dengan memasukkan judul video dan jangan lupa tambahkan Tagar dalam deskripsinya (#).

5. Riset Kata Kunci Atau Keyword

Sesudah mengoptimasi SEO Youtube "Video, Thumbnail, Judul, dan Deskripsi", sekarang saatnya kita menuju ke bagian Kata Kunci. Singkatnya, Keyword atau kata kunci adalah satu bagian kata atau bahkan lebih, yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari suatu konten di Youtube maupun Google.

Di Google orang mencari artikel untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah yang sedang mereka alami, sedangkan di Youtube orang mencari video demi tujuan yang sama seperti di Google atau hanya buat hiburan atau menghibur diri.

Oleh karena itu, buatlah video berkualitas yang dapat membantu banyak orang, dan riset kata kunci biar videonya mudah ditemukan. Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk meriset keyword? Sebenarnya cara riset kata kunci video youtube sudah banyak dibahas oleh situs lainnya, namun aku akan mengulang tutorialnya dengan lengkap.

Dalam mencari kata kunci video, ada 3 cara yang bisa kalian lakukan. Pertama bisa menggunakan tools gratis seperti web Keywordtools.io, kedua mengintip kata kunci kompetitor kalian melalui aplikasi TubeBuddy, ketiga langsung cari kata kuncinya melalui youtube.

Sebelum mencari kata kuncinya, mari sekarang kita targetkan dulu judulnya. Sebagai contohnya aku ambil judul pada nomor tiga (3), yakni "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Untung Besar", dan kata kunci yang aku targetkan adalah "Bisnis Online".

  • Langkah pertama masuk ke situs keywordtool.io.
  • Lalu pilih yang Youtube
  • Kemudian masukkan kata kuncinya, dan tekan Search/Cari
  • Selanjutnya scroll kebawah agar kata kuncinya terlihat
  • Berikutnya centang kotak kecil disamping kiri untuk menyalin keywordnya
  • Terakhir klik tulisan "Copy atau Salin"

Cara riset kata kunci youtube

Sekarang kata kuncinya telah tersalin, maka selanjutnya kalian tinggal memasukkannya kedalam kolom "Tag" yang telah disediakan Youtube.

Kembali lagi pada saat meriset keyword, disana kalian harus memilih kata kunci yang relevan dengan video dan judul, serta memahami nama-nama tabel yang ditampilkan. Disini aku akan mencoba menjelaskan kepada kalian mengenai makna dari tabel tersebut.

Search Volume: Jumlah pencarian sebuah kata kunci setiap Bulannya.

Trend: Pencarian sebuah kata kunci yang mengalami kenaikan setiap 12 bulan terakhir.

CPC (USD): Perkiraan harga sebuah kata kunci. Artinya seberapa mahal kata kunci tersebut, nantinya akan ditampilkan dibawah tabel dalam mata uang Dollar Amerika Serikat.

Competition: Tingkat Persaingan sebuah Kata Kunci. Jika keyword tersebut memiliki angka 70 - 100, berarti persaingannya ketat. Dan untuk mengetahuinya, kalian tinggal melihat angka (0-100) dan tulisan (Low, Medium, High) dibawah tabel Competition.

Riset keyword youtube 

6. Optimasi Channel SEO Youtube

Selain video, keyword pada channel juga perlu kalian perhatikan. Apalagi niche channelnya cuma fokus pada satu jenis pembahasan, ini sangat cocok untuk mendongkrak kepopuleran channel dan video kalian di pencarian Youtube.

Alasannya? karena dengan itu kalian bisa lebih mudah mengalahkan kompetitor yang memiliki channel Gado-gado atau videonya campuran. Berikut ini cara optimasi channel SEO Youtube.

Optimasi channel seo youtube

Maka dari itu, kalian harus segera masukkan Keyword channel sesudah menentukan Tema Channel. Untuk caranya silahkan lihat kebawah ini.

  • Pertama buka Chrome, lalu aktifkan mode "Desktop" (Khusus Smartphone).
  • Selanjutnya kunjungi Youtube.
  • Kemudian masuk ke bagian Youtube Studio.
  • Jika sudah, scroll kebawah dan klik Icon Setelan.
  • Terakhir Tekan setelan ChannelMasukkan Kata KunciSimpan.

Demikian artikel mengenai Cara Optimasi SEO untuk Tingkatkan Peringkat video Youtube dan juga untuk tingkatkan views agar video masuk trending Youtube. Semoga semua Panduan Cara Optimasi SEO Youtube yang telah aku bagikan kepada kalian di artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.