Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Motor Matic

Daftar Isi [Tampil]

Cara Merawat Motor Matic - Motor Matic saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Terbukti saat kalian lihat di jalan banyak banget kan yang memakai sepeda motor matic.

Cara merawat motor matic
Gambar dari inews.id

Mungkin karena tampilan motor matic yang terlihat lebih kecil dibandingkan dengan tampilan bodi sepeda motor manual dan dalam urusan penggunaan pun lebih mudah gak ribet sehingga menjadi pilihan.

Ditambah lagi sekarang telah banyak berbagai varian dan jenis motor matic yang beredar di pasaran, sehingga pengguna motor matic di Indonesia menjadi banyak. Nah taukah kalian dengan pengertian motor matic jika belum tau aku akan menjelaskannya di artikel ini langsung saja yuk berikut ini penjelasannya.

Pengertian Motor Matic

Motor matic merupakan sebuah tipe sepeda motor yang terbilang otomatis. Jadi ada perbedaan sepeda motor matic dengan sepeda motor manual yaitu kalau motor manual kan kalian saat mengendarai harus mengoper gigi dengan injakan kaki atau secara manual, sedangkan kalau motor matic ya kalian hanya mengatur tuas gas dan juga rem. Hanya saja saat menghidupkan mesin motor matic harus menekan rem terlebih dahulu dan tekan tombol starter secara bersamanan.

Cara Merawat Motor Matic

Kalian juga harus tau cara merawat motor matic dikarenakan mesin sepeda motor matic cenderung lebih tertutup dengan letak yang berada di dalam body kendaraan, berbeda dengan mesin pada sepeda motor manual yang tidak sepenuhnya tertutup berada di di dalam body. 

Hal tersebutlah yang membuat perawatan sepeda motor matic agak sulit dibandingkan dengan motor manual, apalagi mesin kendaraan yang tertutup berada di dalam body kendaraan jadi agak susah tidak semudah saat menggunakannya untuk mendeteksi bila sewaktu-waktu ada terjadi kerusakan atau masalah pada motor.

Tapi tenang saja kawan kalian tidak perlu khawatir karena aku akan memberikan tips merawat motor matic agar awet yang bisa kalian praktekan langsung ke motor matic milik kalian dan ini dia tipsnya.

1. Selalu Memanaskan Motor Sebelum Dipakai

Biar performa mesin dari motor matic kalian lebih maksimal jadi selalu memanaskan motor matic milik kalian atau hidupkan motor dan starter sebelum dipakai atau digunakan. Waktu memanaskan motor pun tidak usah terlalu lama, hanya cukup lima sampai sepuluh menit saja. Fungsi dari memanaskan motor ialah agar mesin motor kalian panas dan juga oli yang ada dalam mesin bisa melumasi mesin.

2. Isi Bensin Tepat Waktu

Ini juga hal penting agar mesin motor matic kalian tidak cepat rusak selalu isi bensin tepat waktu jangan menunggu mau habis baru isi, apalagi sampai kehabisan bahan bakar itu kalau terbiasa seperti itu lama-kelamaan berefek pada mesin.

3. Selalu Mengecek Kondisi AKI

Memang sih bisa mengetahui kondisi dari AKI motor matic itu susah. Namun jika AKI di motor matic kalian mati repotnya sih menurutku harus menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin motor matic. 

Nah untuk saran cara mengetahui kondisi AKI motor matic dari aku adalah saat digunakan bel atau digunakan starter kayak kurang lancar ya segeralah ganti karena biasanya setelah itu mati dan jangan lupa saat membeli aki dicatat tanggalnya biar bisa tau akinya mati dalam waktu berapa lama.

4. Saat Menggunakan Motor Kecepatan Gas Stabil

Pernahkan saat menggunakan motor matic di jalan kalian gas kendarai motor dengan cepat dan secara tiba-tiba kalian turunkan kecepatan. Jika kalian pengguna motor seperti itu saranku jangan lakukan lagi karena mengendarai motor dengan kecepatan gas yang tidak stabil nantinya bisa membuat masa umur mesin motor matic kamu berkurang dan bisa merusak vanbelt yang ada di motor matic kalian.

5. Lakukan Servis Secara Rutin di Bengkel

Kalau kalian ingin melakukan perawatan untuk motor matic saranku bisa lakukan servis secara rutin motor matic milik kalian di bengkel dekat rumah ataupun bisa di bengkel resmi. Untuk servis bisa membersihkan kaburator, menanyakan terkait kondisi dari aki, vanbelt, dan roler ataupun bisa menanyakan hal lainnya, atau bisa bilang full servis dan paling terpenting adalah tentang pergantian oli gardan dan oli mesin motor matic.

Demikian artikel mengenai cara merawat motor matic. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.