Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L Series Dengan Mudah dan Cepat

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L Series Dengan Mudah dan Cepat - Saat ini printer memang menjadi kebutuhan pokok di perangkat komputer. Hal ini karena printer merupakan perangkat krusial untuk mencetak dokumen yang kita butuhkan, bisa dalam bentuk gambar atau pun tulisan.

Cara mengisi tinta printer epson l series

Sehingga keberadaan printer ini tidak dapat diganggu gugat. Tetapi tidak selamanya printer akan bekerja dengan lancar, karena ada kalanya juga printer kehabisan tinta karena sering dipakai. Untuk itu di artikel kali ini aku akan memberikan penjelasan mengenai cara mengisi tinta pada printer Epson L series yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Sebenarnya untuk pengisian ini tidak memerlukan cara-cara khusus, hanya saja setiap langkahnya harus dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga tidak menyebabkan kerusakan atau disfungsi pada print. Print Epson seri L ini adalah print dengan model Continue Ink Suplay System yang berupa model infus. 

Untuk mengisi tinta printer Epson ini kalian tidak boleh tergesa-gesa karena semua bagian telah tertata dengan baik sebagaimana mestinya. Jangan sampai tangan kalian mengubah posisi wadah atau selangnya agar tidak terjadi kerusakan.

Cara Mengisi Ulang Tinta Epson L Series

1. Periksa Kapasitas

Sebelum memutuskan untuk mengisi ulang tinta print Epson L series ini terlebih dulu kalian harus memastikan kapasitasnya. Apabila memang kapasitasnya sudah menyusut yang ditandai dengan isi berada di bawah ambang batas maka kalian perlu untuk mengisi ulang. 

Tetapi bukan berarti kalian harus menunggunya hingga batas bawah baru diisi ulang, karena kalian bisa juga mengisinya ulang pada saat sebelum berada di bawah batas. Hal ini juga dapat menghindari kerusakan pada print yang disebabkan karena kehabisan isi.

2. Matikan Printer

Setelah memastikan bahwa print kalian perlu diisi ulang, maka selanjutnya kalian perlu memastikan bahwa print kalian dalam keadaan mati. Hal ini ditujukan untuk menghindari kemungkinan konsleting pada print.

3. Siapkan Isi

Cara mengisi tinta printer Epson yang ketiga adalah menyiapkan isi yang akan dipakai untuk keperluan isi ulang. Kalian menyiapkan semua warna dengan tujuan biar nanti kalian gak usah bolak-balik untuk kembali menyiapkan.

4. Lepaskan Pengait

Selanjutnya lepaskan secara hati-hati pengait yang terhubung antara tabung dengan print.

5. Isi Ulang

Setelah melakukan langkah keempat kemudian rentangkanlah tabung. Setelah itu masukanlah corong atau ujung boto pada lubang tabung yang ingin diisi ulang. 

Pada lubang tabung terdapat sebuah penutup jadi kalian harus membukanya terlebih dahulu sebelum mengisi ulang. Tuangkan secukupnya, setelah itu tutup kembali lubang tabung agar tinta tidak mengering. Pastikan kalian tutup dengan rapat agar tidak ada angin yang masuk.

6. Kembalikan Pada Posisi Awal

Setelah selesai mengisi ulang kembalikan lagi posisi tabung tinta seperti sedia kala. Dan printer sudah siap digunakan kembali. Bagaimana, cukup mudah bukan? 

Cara mengisi tinta pada printer Epson memang tidak sulit hanya saja membutuhkan kehati-hatian agar tidak menyebabkan kerusakan. 

Oh iya, jika kalian mengikuti cara-cara yang ada diatas kalian dapat mengisi ulang tinta print kalian dengan sendiri jadinya tidak perlu pergi ke counter atau outlet, karena cukup mudah melakukannya. Yang perlu kalian lakukan hanyalah membeli tinta dengan merk asli agar menghasilkan hasil cetakan yang maksimal. 

Selain itu, juga untuk menghindari kerusakan yang disebabkan karena penggunaan tinta sembarangan, sehingga hal ini perlu diperhatikan untuk menggunakan tinta yang sesuai dengan merk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.