Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Video (.mp4) dan Subtitle (.srt) Menjadi Satu File

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menggabungkan Video (.mp4) dan Subtitle (.srt) Menjadi Satu File - Siapa yang tidak pernah menonton film hayooo? hampir semua orang di dunia ini pasti pernah yang namanya nonton film. Film atau video jaman sekarang ini sudah dibekali oleh subtitles atau terjemahan.

Cara menggabungkan video dan subtitle

Dengan adanya subtitles ini kita tidak bingung lagi apa yang diomongin oleh sih aktor di dalam film luar negeri. Dalam komputer, subtitles sendiri memiliki formatnya lhoo yaitu .SRT yang telah dikembangkan oleh tim SubRip.

Subtitles ini bekerja menggunakan ketepatan timing atau waktu yaitu ketika ada suara yang keluar dari film dari menit A sampai menit B nanti diselang waktu itulah ditambahkan subtitles.

Kamu bisa menggabungkan subtitles dengan ekstensi .srt kedalam film yaitu dengan cara 'menarik' file subtitles nya ke film atau video yang sedang kamu mainkan. Jika subtitles dan filmnya cocok secara otomatis nanti akan muncul teks terjemahan dibagian bawah film.

Kelemahan cara diatas adalah kita membutuhkan 2 file yaitu film ( .mp4 ) dan subtitles ( .srt ). Cara ini dibilang kurang efesien karena memakan tempat. Selain itu dengan cara ini file - file kita menjadi tidak teratur, lebih baik 1 file langsung dengan subtitiles-nya.

Nahhhh untuk menggabungkan antara subtitles ( .srt ) ke dalam  film / video yang berformat ( .mp4 ) kamu gak perlu repot-repot kok, karena yang kamu butuhkan adalah komputer atau laptop dan aplikasi MKVToolNix. kalau kamu masih awam dengan hal-hal seperti ini kamu jangan khawatir, karena kamu bisasimak tutorial menambahkan subtitles ke dalam film menjadi satu / permanen dibawah ini.

Cara Menggabungkan Film / Video (.mp4) dan Subtitles (.srt) Menjadi Satu alias Permanen

  • Unduh aplikasi MKVToolNix di https://www.fosshub.com/MKVToolNix.html.
  • Pilih versi yang cocok untuk komputer atau laptop kamu, disini misalkan aku mengunduh yang 64-bit.
  • Unduh dan instal aplikasinya seperti biasa.
  • Buka aplikasi MKVToolNix yaitu mkvtoolnix-gui.exe , biasanya dilokasi Program Files/MKVToolNix/mkvtoolnix-gui.
  • Setelah dibuka klik Add source files Add source files.
  • Pilih video dan subtitles yang ingin kamu gabungkan, lalu pilih Open Open file.
  • Silahkan atur lokasi dan nama filenya, jika sudah lalu klik Start multiplexing Start multiplexing.
  • Tunggu progres bar nya hingga 100% Ijo - ijo = progres bar.
  • Buka videonya yang sudah digabungkan, berformat .mkv.

Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasi MKVToolNik ini kamu sudah bisa menggabungkan antara video dengan subtitles menjadi satu file yang utuh alias permanen. Aplikasi ini hanya memiliki ukuran yang kecil yaitu sekitar 18 MB jadi kamu gak perlu khawatir soal penyimpanannya hihihi. Cara diatas juga sering aku lakukan dan 100% work. 

Demikian artikel mengenai Cara menggabungkan video dan subtitle di komputer atau laptop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.