Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kode Kekentalan Oli Motor

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengetahui Kode Kekentalan Oli Motor - Mengenai kekentalan pada oli sebelum kalian membeli ada baiknya jika kalian mengerti cara mengetahui kode kekentalan oli motor.

Cara mengetahui kode kekentalan oli motor
Gambar dari automotive.evalube.com

Jadi kode yang digunakan untuk menandai jenis kekentalan dari oli tersebut diawali dengan kata SAE atau kata tersebut merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers sebagai kode tingkat viskositas dan ada juga angka untuk menandai suhu.

Setelah angka tersebut, ada juga kode huruf W atau Winter dan biasanya diikuti dengan angka terakhir untuk menandai jenis kekentalan oli tersebut. Nah kalau semakin besar angkanya itu semakin tinggi juga kadar kekentalan oli, sedangkan kalau semakin kecil angkanya itu semakin lebih encer olinya. 

Sebagai contohnya gini oli dengan spesifikasi SAE 10w40 itu berarti pada suhu yang rendah atau ketika mesin dingin tingkat kekentalannya 10 dan kalau ketika pada suhu yang tinggi atau panas tingkat kekentalannya menjadi 40.

Demikian artikel mengenai Cara Mengetahui Kode Kekentalan Oli Motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.