Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call dan Panggilan Suara

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call dan Panggilan Suara - Seiring berkembangnya jaman, Media Sosial menjadi kebutuhan yang tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari. Perubahannya pun terlihat jelas, banyak sekali orang yang menatap layar ponsel tanpa menghiraukan keadaan di sekitarnya.

Mau bagaimana lagi itu sudah kebutuhan, layaknya nasi yang harus dimakan 3 Kali Sehari agar perut terasa kenyang. Kebutuhan yang aku maksud adalah memanfaatkan Media Sosial untuk mencari uang ataupun menjalin pertemanan jarak jauh.

Biasanya, WhatsApp merupakan Aplikasi medsos yang paling sering digunakan selain Facebook. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki app tersebut, misalnya saja dapat melakukan Panggilan Video secara gratis. Yang membuatnya unggul bukan hanya itu saja, kita juga bisa mengirim pesan dan panggilan suara melalui WhatsApp.

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call

Meskipun terlihat sempurna, bukan berarti orang yang menggunakan WA tidak pernah mengalami masalah ya. Contoh masalah yang sering dialami pengguna WhatsApp ialah tidak dapat melakukan Video Call ataupun Panggilan Suara.

Padahal kedua fitur ini sangat penting untuk berhubungan jarak jauh (LDR) misalnya. Kalau saja fitur ini tidak Rusak, kita masih bisa ngobrol dan melihat wajah orang yang di video call. Sehingga kita tidak akan khawatir lagi dengan keadaanya, serta mencegah dari Prasangka Buruk. Lalu, bagaimana cara memperbaikinya?

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call dan Voice Call

1. Jangan Matikan Penggunaan Data Untuk WhatsApp

Menghemat Kuota Internet memang hal yang wajar, semua orang seperti itu. Siapa sih yang mau kuotanya Boros, pasti tidak ada. Dengan membatasi penggunaan data pada aplikasi tertentu, uang yang kita miliki jadi lebih hemat.

Daripada harus beli kuota setiap minggunya, mending ditabung saja yang nantinya bisa dipakai untuk hal-hal yang penting saja. Tetapi, jangan dibatasi terlalu lama juga. Sebab, kita seringkali lupa bahwa sudah menonaktifkannya. Sehingga Aplikasi yang kita batasi tadi tidak akan berfungsi, contohnya WhatsApp.

Apabila kalian melakukan cara tersebut kepada Aplikasi WhatsApp agar kuota internetnya lebih hemat, maka semua fitur di WhatsApp berhenti bekerja. Misalnya, tidak bisa melakukan Video Call serta panggilan suara.

Maka dari itu, segera aktifkan kembali penggunaan data WhatsApp. Gak tahu caranya, ya? Tenang, untuk mengatasinya silahkan ikuti panduan berikut:

  • Buka Setelan atau pengaturan di Smartphone.
  • Kemudian tulis Pengunaan Data atau dalam Bahasa Inggrisnya Data Usage. Lalu Klik tulisan tersebut.
  • Selanjutnya akan terlihat semua Aplikasi yang ada di Ponsel kalian. Untuk Apl yang sudah kalian Batasi, dapat ditandai dengan munculnya simbol ⊘. Sekarang cari dan tekan Aplikasi WhatsApp.
  • Aktifkan kedua Data Seluler yang kalian miliki, jika berhasil maka tombol disampingnya menjadi warna Biru.

Apabila cara ini telah aku ikuti dengan benar, tetapi WhatsApp masih tidak bisa melakukan Video Call, apa yang harus aku lakukan? Jangan khawatir, ada satu lagi cara mengatasinya. Langsung saja intip tutorialnya dibawah ini.

2. Izinkan Penggunaan Kamera dan Mikrofon untuk WhatsApp

Terkadang kita harus berhati-hati dalam memberi izin kepada Aplikasi tertentu. Apalagi hasil unduhan dari Internet, yang belum tentu terjamin keamanannya. Seringkali kita menjumpai notifikasi "Izinkan App ini untuk mengakses Kamera" Saat ingin menggunakan aplikasinya.

Aplikasi yang meminta Akses tersebut, biasanya adalah aplikasi Kamera, dan Media Sosial. Bukan hanya itu saja, bahkan ada yang sampai meminta izin untuk mengakses Berkas di Ponsel kita. Kalau tidak menekan tombol izinkan, maka proses pengambilan atau upload foto akan gagal.

Hal ini juga terjadi di WhatsApp, misalnya tidak bisa Video Call dan Panggilan Suara. Apabila WA yang meminta izin, kalian jangan takut memberi izin kepada mereka untuk mengakses Foto, Video, dan Suara. Sebab WhatsApp sudah tentu aman, yang tidak menggunakan data pribadi kita untuk hal-hal yang negatif.

Tetapi, bagaimana jika kita tidak menemukan notif ini saat memasang Aplikasi tersebut? Berarti ada yang salah, mungkin kalian menekan Tolak saat notifnya muncul. Supaya berfungsi kembali, gunakan cara berikut ini:

  • Buka setelan atau pengaturan Smartphone kalian.
  • Kemudian Cari dan Tekan tulisan Apl atau Aplikasi.
  • Selanjutnya klik Kelola Aplikasi.
  • Lalu pilih Aplikasi WhatsApp.
  • Berikutnya Scroll kebawah hingga terlihat tulisan Perizinan Apl, bila sudah ketemu silahkan ditekan.
  • Terakhir kalian Aktifkan semua Izin Aplikasinya, kecuali Lokasi. Karena tidak terlalu penting, yang paling kita perlukan itu hanya Kamera, Telepon, Penyimpanan, Mikrofon, dan Kontak.

Selain tutorial diatas, pastikan juga kalian tidak memblokir nomor yang ingin kalian hubungi dan tanyakan juga pada dia, apakah ia memblokir nomor kalian atau tidak. Jika iya, kemungkinan itulah penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa melakukan Video Call dan Panggilan Suara.

Itulah beberapa tips yang telah aku berikan kepada kalian.

Setelah mengikuti kedua cara diatas, maka fitur yang tidak berfungsi di WhatsApp akan dapat digunakan kembali. Namun kalian harus mengingat satu hal, yaitu jangan beri izin kepada aplikasi yang belum jelas asal usulnya.

Bisa jadi aplikasi tersebut sudah dirombak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Terutama jangan gunakan WhatsApp yang tidak original atau modifan, yang sangat berisiko apabila diberi izin untuk mengakses Berkas maupun Kamera.

Kita harus selalu hati-hati dengan Internet, karena di Internet itu tidak ada yang aman. Walaupun banyak yang mengatakan, bahwa keamanannya sangat ketat dan selalu terjaga. iPhone saja bisa kebobolan, apalagi kita yang hanya menggunakan Smartphone biasa.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Untuk Video Call dan Panggilan Suara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.