Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menagih Hutang Agar Cepat Dibayar (Sudah Terbukti)

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menagih Hutang Agar Cepat Dibayar (Sudah Terbukti) – Ketika teman mau pinjam uang, dia merengek, memelas dan ngemis-ngemis. Tapi giliran kalian mau nagih hutang, sama juga sampai ngemis-ngemis.

Cara menagih hutang

Memang aneh dunia ini, tapi itulah faktanya yang terjadi di kalangan masyarakat di Indonesia. Bahkan tidak sedikit teman yang dipinjami uang sampai bertahun-tahun tidak kunjung membayarnya, dan ada juga lho teman yang hilang bagai ditelan bumi nggak ada kabar sama sekali.

Hutang uang harus segera dilunasi. Karena kalau tidak akan menghantui hidup kalian. Jangan menunggu ditagih baru membayar, tapi kalau bisa inisiatif melunasi tanpa perlu diingatkan. Tapi kebanyakan jarang sekali yang mau membayar hutang tepat waktu dan tanpa perlu diperingatkan. 

Kebanyakan menunggu ditagih terlebih dahulu. Bagi kalian yang merasa uangnya dipinjam sama teman, sahabat, kerabat, saudara, dll. Dan akan menagih hak uang kalian kembali.

Berikut ini bisa dipraktekkan trik sederhana yang sudah terbukti berhasil agar si peminjam segera mengembalikan uang tersebut atau cara menagih hutang agar segera dibayar, langsung saja simak dibawah ini.

Cara Menagih Hutang Agar Cepat Dibayar (Sudah Terbukti)

1. Tagih dan Terus Terang Kalau Kalian Lagi Butuh

Memang ada rasa sungkan dan nggak enak mau nagih uang kepada teman yang pinjam uang kepada kalian. Tapi janganlah malu atau ragu, kalian harus bicara terus terang bahwa kalian lagi butuh dana banyak untuk menutup kebutuhan kalian. Berterus teranglah kepada teman kalian agar segera mengembalikan uang tersebut.

2. Tagih Disaat Yang Tepat

Tidak sedikit juga tipe orang yang punya hutang dan kalau ditagih selalu ada alasan. Misalnya belum ada uang, belum gajian, banyak kebutuhan, dll. Untuk mengatasi hal itu, kalian perlu menagihnya disaat yang tepat ketika teman kalian pas dapat gajian.

3. Dipuji Terlebih Dahulu

Kalau perlu kalian beri dia pujian dan basa-basi untuk meningkatkan kepercayaan diri teman kalian bahwa dia adalah orang yang bijaksana, tidak suka ingkar janji, dan disiplin tepat waktu dalam segala hal. Setelah dia merasa percaya diri dan bangga, coba kalian ngomong baik-baik menanyakan uang yang sudah kalian pinjamkan, dan meminta teman tersebut untuk segera melunasinya.

4. Tagih Saat Kumpul Bersama Teman

Trik ini memang kurang etis atau kurang baik menurutku, tapi mau gimana lagi, karena teman kalian sudah bandel tidak juga membayar hutang. Kalian perlu sekali-kali beri shock terapi saat kumpul bersama teman rame-rame, kalian tagih hutangnya. Biar teman-teman pada tahu kalau dia punya hutang dan bisa segera mengembalikannya.

5. Sita Barangnya Sebagai Jaminan

Ketika ditagih selalu ada saja alasannya sampai males untuk menagihnya lagi. Kalian perlu bertindak tegas untuk menyita barang penting milik teman kalian sebagai jaminan. Jika uang tidak segera dikembalikan dalam jangka waktu tertentu, kalian jual barang tersebut. Misalnya hp, motor, emas, dll.

6. Tagih Ke Orang Tuanya

Cara yang sangat ampuh dan terbukti sukses adalah menagih ke orang tuanya langsung. Misalnya teman kalian hilang nggak ada kabar, atau sulit ditemui, atau malah marah-marah kalau ditagih. Nah tanpa perlu pusing, silahkan kalian datang ke rumah tempat tinggal orang tuanya. 

Lalu terus terang saja mau menagih hutang anaknya (Disertai bukti hutang, bukti transfer, bukti screenshot percakapan, dll). Pasti uang kalian akan langsung dikembalikan oleh orangtuanya.

Demikian artikel mengenai cara menagih hutang ke orang yang susah bayar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.