Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa Banyak Orang Jarang Menggunakan SMS

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Mengapa Banyak Orang Jarang Menggunakan SMS – Adalah pertanyaan yang sudah lama terpendam di hati aku. Kenapa ya sekarang banyak orang, terutama teman, sahabat, saudara, kerabat, tetangga, keluarga dll sudah jarang yang menggunakan fitur layanan Send Message Service (SMS) dalam berikirim pesan dan berkomunikasi jarak jauh lewat hp.

Alasan sms jarang digunakan banyak orang

Awal-awal tahun 2000 yang lalu, saat handphone masuk ke Indonesia, SMS banyak dipakai oleh orang untuk kirim pesan singkat kepada orang lain. Alasannya sederhana, karena biaya SMS lebih murah, dan bisa lebih hemat pulsa, daripada bicara lewat telpon yang membutuhkan biaya pulsa cukup besar.

Belum lagi jika lain kartu atau beda provider, misalnya telkomsel nelpon indosat, wah bisa mahal. Belum lagi jika terkena biaya roaming nasional. Biaya pulsa nelpon bisa patungan gotong royong. Meskipun SMS lebih murah, ternyata SMS butuh biaya besar untuk kirim file raksasa seperti foto, video, dan audio.

Biasanya menggunakan MMS untuk kirim pesan tersebut yang terhubung dengan internet. Mungkin ini salah satu kekurangan SMS. Tapi seiring berjalannya waktu, setelah muncul internet dan muncul telpon pintar atau smartphone, lebih banyak orang menggunakan aplikasi pesan instan dengan biaya kuota internet yang lebih murah dan lebih cepat.

Meskipun demikian ternyata fitur SMS ini masih saja tetap ada di setiap handphone keluaran terbaru, baik di Android maupun iPhone. Ada fasilitas SMS didalam hp tersebut. Artinya fitur SMS masih dipertahankan hingga saat ini. Berikut ini mungkin alasan logis dan alasan realistis mengapa SMS kini semakin ditinggalkan oleh banyak orang. 

Alasan Mengapa SMS Kini Semakin Ditinggalkan Banyak Orang

1. Biaya Tarif SMS Mahal

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya SMS hingga kini dinilai cukup mahal. Untuk berkirim SMS menggunakan provider Telkomsel misalnya, dikenakan tarif Rp 350,- untuk sekali kirim SMS untuk area nasional Indonesia. Bagaimana jika kalian kirim pesan SMS ke saudara yang tinggal di luar negeri? Wah bisa lebih mahal tentunya, ya nggak?.

2. Tidak Bisa Kirim Foto, Video, Audio, File Dokumen

Untuk bisa kirim file-file gambar foto dan video mengharuskan kalian terhubung ke internet, atau disebut MMS. Dan ternyata biayanya lumayan mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia. 

Terlebih lagi biasanya tarif MMS ini bergantung pada file size ukuran foto atau video, semakin besar ukuran file nya, maka tarif MMS semakin mahal. Kesulitan dalam berkirim file, menjadi salah satu alasan mengapa SMS kini semakin jarang dipakai lagi oleh teman-teman.

3. Tidak Ada Smile atau Emoticon

Emoticon ini adalah ungkapan perasaan yang biasa dipakai dalam komunikasi di pesan instan. Nah ternyata di SMS ini tidak ada fitur smile/emoticon. Sehingga percakapan kurang/tidak bisa hidup dan terasa kurang nyaman bagi pengguna nya. 

Kecuali untuk hp smartphone ini seperti nya sudah ada fitur emoticon di SMS nya. Tapi tetap saja SMS jarang dipakai lagi dan kalah laris dengan aplikasi pesan instan.

4. Teman-teman Jarang yang Pakai SMS

Biasanya orang ganti nomor hp juga karena banyak teman yang pakai. Misalnya teman banyak yang pakai simpati telkomsel, maka kalian juga pakai telkomsel. Alasan klasiknya adalah karena biaya kirim pesan lebih murah, telpon juga lebih murah, dan bisa dibalas pesannya. 

Begitu juga dengan SMS, karena banyak teman yang jarang pakai SMS, kini kita juga jarang pakai SMS untuk komunikasi, alasannya sama, ikut teman.

5. Banyak Pesan Dari Nomor Tidak Dikenal

Tidak dapat dipungkiri bahwa SMS kini banyak dipakai oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan promosi spam di SMS. Baik di pagi, siang, sore, ataupun malam hari selalu ada saja nomor baru yang datang dari orang yang tidak dikenal yang menawarkan produk-produknya ataupun SMS mendapat hadiah.

Entah orang tersebut dapat nomor kita dari mana. Yang jelas di SMS sekarang ini banyak sekali pesan SMS sampah yang sangat mengganggu kenyamanan hidup kita.

6. Pindah ke Aplikasi Pesan Instan (WhatsApp, Telegram, dll)

Seperti yang di ulas pada paragraf sebelumnya bahwa kini masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan pesan instan untuk berkirim pesan dan berkomunikasi dengan teman, saudara, kerabat, ataupun keluarga. Katakanlah seperti aplikasi Whatsapp, Telegram, Line, dll menjadi aplikasi wajib yang harus di install di hp Smartphone Android ataupun iPhone. 

Karena alasan lebih murah, praktis, mudah kirim file foto, dokumen, video, mp3 dll.Biaya kirim pesan juga sama murah baik kirim pesan ke dalam negeri atau kirim pesan ke luar negeri. Selain itu juga bisa dipakai juga untuk video call. 

Lengkap sudah fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi pesan instan tersebut. Sehingga menggeser fitur layanan SMS yang dulu sempat merajai dan banyak dipakai masyarakat Indonesia.

Demikian artikel mengenai alasan kenapa SMS kini semakin ditinggalkan dan jarang dipakai lagi oleh banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.