Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alasan Kenapa Orang Suka Banget Pakai Konten Bajakan

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Kenapa Orang Suka Banget Pakai Konten Bajakan - Hayooo siapa yang suka mendownload game, software, apk, dan film bajakan. Sebelumnya apa sih pengertian dari bajakan? dalam KBBI bajakan berasal dari kata bajak yang artinya perompak.

Alasan orang suka pakai konten bajakan

Sedangkan membajak adalah mengambil hasil ciptaan orang lain tanpa sepengetahuan dan seizinnya. Sudah pahamkan sama arti bajak? nahhh yang akan aku bahas kali ini adalah "Alasan Kenapa Orang Pakai Konten Bajakan".

Sebelumnya siapa sih yang gak pernah pake konten bajakan? pasti semua pernah dong mungkin sekarang sudah ada yang tobat. Tak usah jauh-jauh dehh soal bajakan, contohnya saja kalian nonton film yang kualitasnya CAM.

Nahh kualitas CAM ini didapat dari hasil merekam sendiri didalam bioskop. Sedangkan peraturan bioskop ini salah satunya adalah "DILARANG MEREKAM DIDALAM BIOSKOP" sesuai dengan peraturannya berarti nonton film dengan kualitas CAM berarti bajakan dong.

Selain pembajakan film seperti contoh diatas, ada banyak pembajakan melalui Cr*ck, Serial Number, dan masih banyak lagi. Sebenarnya ada banyak sekali alasan orang-orang menggunakan konten bajakan ini entah aplikasi bajakan atau film bajakan. Septiyanmedia.com telah merangkumnya menjadi alasan kenapa orang-orang jaman sekarang suka mendownload konten bajakan. Langsung saja yuk simak dibawah ini.

8 Alasan Kenapa Orang Suka Banget Pakai Konten Bajakan

1. Gratis

Semua orang suka yang namanya gratisan kalo gak gratis yaa diskon. Begitupun dengan konten, tetapi tidak semua konten bajakan itu gratis, ada juga lho biayanya dan pastinya biaya sangat murah dibandingkan dengan originalnya umumnya dapat potongan 80% lebih dari harga asli. Biaya ini biasanya adalah biaya jasa membajak.

Untuk konten bajakan yang gratis ini semuanya bisa dicari di internet cukup mengunduhnya tanpa harus membelinya, sekalipun kontennya belum dibajak alias masih ORI kalian tinggal cari saja Cr*ck atau Serial Numbernya. Gratis menjadi alasan paling banyak digunakan kenapa orang suka dengan konten bajakan.

2. Sangat Mudah Didapatkan

Betul, konten bajakan sudah banyak sekali tersebar di internet. Coba deh kalian cari film yang kalian suka digoogle pasti tuhhh ada web yang menyediakan film secara gratis udah gitu ditambah subtitle atau terjemahannya pula.

Selain di Google konten-konten bajakan ini juga ada digrup-grup sosial media seperti Facebook, Whatsapp, dan Telegram, anggota para grup ini saling memberikan konten bajakan secara gratis. Bahkan untuk masuk grupnya saja sangat mudah.

3. Pembayaran Yang Sulit Untuk Membeli

Perlu kalian ketahui bahwa untuk membeli konten misalkan saja untuk membeli langganan akun Premium itu dibutuhkan kartu kredit dan gak semua orang memiliki kartu kredit atau Credit Card (CC), apalagi kita yang masih berumuran kurang dari 20 tahun.

Nahhhh ini menjadi alasan kenapa orang memilih konten bajakan, padahal kita ingin membelinya akan tetapi tidak ada metode pembayaran yang didukung. Sehingga kebanyakan orang melakukan pembajakan dibandingkan membelinya

4. Sebagai Bahan Percobaan Sebelum Membeli

Biasanya para developer telah menyediakan Trial sebelum membeli yang Originalnya dengan waktu paling seminggu sampai sebulan. Tapi ada saja konten yang tidak menyediakan trial, ini bisa menjadi alasan. 

Karena ketika kita tidak mendapatkan trial lalu kita membelinya dan tidak sesuai dengan ekspetasi kita maka kita akan merasa menyesal, bahkan sampe bikin ranting sejelek mungkin. Agar tidak ada kejadian seperti itu orang-orang melakukan pembajakan sebelum membeli yang originalnya 

5. Bisa Dipakai Dimana dan Kapan Saja

Paling enak rasanya jika kita membeli satu kali untuk bisa digunakan berkali-kali dan dipakai dimana saja. Tetapi ada aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk 1 komputer saja contoh nya aplikasi Anti-virus. 

Biasanya aplikasi ini hanya memiliki lisensi terbatas yaitu satu kali pembayaran untuk satu komputer atau satu lisensi untuk satu komputer, sehingga cara untuk mendapatkan banyak lisensi yang bisa digunakan di berbagai perangkat orang-orang menggunakan Anti-virus bajakan ini.

6. Tidak Sadar Kalau yang Dipakai Adalah Bajakan

Terkadang kita tidak tau mana yang bajakan mana yang original, kejadian seperti ini biasa terjadi ketika kita membeli laptop, didalam laptop biasanya sudah terinstal berbegai macam aplikasi, software, game, dan OS.

Kita tidak tau yang sudah terinstal itu apakah bajakan atau original? Salah satu kasus yang sering terjadi biasanya adalah Photoshop, banyak orang yang sudah membeli laptop baru dan terinstal Photoshop gratis. Sedangkan kita harus membeli lisensi Photoshop ke Adobe.

7. Sebagai Sarana Bisnis Yang Meraup Untung Besar

Ketika kalian menjadi Reseller lisensi original biasanya hanya untung seberapa rupiah aja, sedangkan jika kalian membajak suatu konten lalu menjualnya kalian bisa untung besar, nihhh tak kasih contoh Harga Lisensi Rp50.000 , kalian jual seharga Rp55.000 , maka kalian untung Rp5.000. 

Nahh bagaimana jika kalian membajakanya menjadi harga Lisensi Rp0 , kalian jual seharga Rp55.000 , dan untung kalian ada Rp55.000. Tapi ingat! hukum penyebaran konten bajakan sudah diatur dalam perundang-undangan lhooo dan bagi siapa yang meyebarkan konten bajakan bisa dikenakan hukuman.

8. Tidak Ada Alternatif Lain

Sepertinya ini adalah jalan keluar terakhir untuk menggunakan konten bajakan. Ketika kita ingin menggunakan aplikasi yang original akan tetapi kita harus membayarnya, maka kita harus mencari aplikasi yang serupa tapi gratis. Nahhh ketika aplikasi yang gratis itu tidak ada disini lahhh niat mencari aplikasi bajakan dimulai.

Kesimpulan

Aktifitas pembajakan ini sudah banyak dilakukan oleh oknum-oknum. Dengan adanya pembajakan banyak perusahaan mengalami penurunan pendapatan. Agar terhindar dari aktifitas pembajakan lebih baik menggunakan trial yang disediakan oleh perusahaan, kalau sudah habis bikin baru terus trial lagi hehehe.

Demikian artikel mengenai Alasan orang-orang menggunakan Konten Bajakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.