Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menjadi Youtuber Sukses Hanya Modal HP

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menjadi Youtuber Sukses Hanya Modal HP - Di artikel kali ini aku akan menulis artikel tentang Cara Menghasilkan Uang Dari Internet hanya bermodalkan HP dan internet saja lebih tepatnya sih isi dari artikel ini ialah Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube.

Apakah bisa menjadi Youtuber Modal HP? Tentu saja bisa, bahkan sudah ada lho ribuan Youtuber yang membuat dan mengunggah video hanya menggunakan Smartphone dan mereka bisa menghasilkan uang sampai jutaan Rupiah setiap bulannya bahkan ada yang lebih penghasilannya.

Jadi tidak menutup kemungkinan, kalian juga bisa mencoba menjadi Youtuber hanya dengan bermodalkan Smartphone dan internet saja. Maka dari itu, pada artikel ini aku akan membagikan tips cara menjadi Youtuber untuk pemula.

Cara menjadi youtuber

Mulai dari tutorial membuat channel sampai niche apa yang tepat untuk channel kalian. Jika ingin lanjut, maka gulir layar hp kalian kebawah sekarang juga, baca dan pahami, lalu ikuti tips dari aku ini. 

Oh iya, ini juga telah aku praktekan sendiri dan juga dipraktekan sebagai cara menjadi Youtuber masak oleh kakak aku dan kalau kalian pengen liat-liat nama channel Youtube masakan kakak aku adalah Desy Cooking. Alhamdulilah bisa gajian dari Youtube, walaupun video yang di upload baru sedikit karena kesibukan kerja. Nah lanjut apa saja persiapannya? berikut ini adalah persiapan menjadi Youtuber.

Cara Menjadi Youtuber Sukses Modal Smartphone

Dari pertanyaan diatas, ada 7 persiapan yang harus kalian siapkan lebih dulu sebelum menjadi Youtuber sukses hanya modal HP Android. Kenapa aku bilang sukses? ya karena jika kamu tekuni dan konsisten upload video atau perbanyak jumlah video pasti bisa kok menjadi Youtuber sukses.

Untuk itu, dibawah ini aku akan menyebutkan persiapan apa saja yang perlu kalian ketahui dan bisa kalian praktekan.

1. Buat Channel Youtube

Langkah pertama adalah membuat channel Youtube, dengan adanya kanal, kalian bisa mengupload video dan mendapatkan Subscriber/Pelanggan. Bila sudah melewati tahap ini, bisa dikatakan kalian sudah menjadi Youtuber. 

Proses pembuatan kanalnya tidak begitu sulit, pertama-tama kalian harus mempunyai akun Google. Kemudian buka Aplikasi Youtube dan klik sign in, lalu masukkan Email dan Kata Sandi akun Google. Selanjutnya tekan icon kecil di pojok kanan atas, pilih fitur "Channel Anda". Terakhir isi Nama Depan dan Belakang, setelah itu Tekan tombol Buat Channel.

2. Tentukan Niche Channel

Menentukan niche atau tema video dalam channel kalian adalah bagian paling penting, tanpa niche, mungkin channel kalian akan terlihat berantakan atau tidak beraturan. Sebaiknya pilih niche yang kalian kuasai atau yang disukai, pikirkan lebih dulu dibidang mana keahlian kalian.

Misalnya jago dibidang editing gambar, disini kalian bisa membuat tutorial dasar sampai yang tersulit di Photoshop. Atau kalian hobi mencari uang di internet, bisa juga buat video panduan untuk pemula jika ingin menghasilkan uang secara online.

Dan satu lagi, ini berdasarkan pengalaman aku sendiri dalam membuat channel Youtube. Niche yang paling banyak menghasilkan penonton dan subscriber adalah video tentang Aplikasi yang bisa menghasilkan uang, APN Tercepat, serta Config Internet.

Apalagi channel kalian sudah dimonetize, ketiga niche tersebut memiliki cpc tinggi, sehingga kalian mempunyai kesempatan untuk meraih penghasilan setiap bulannya.

3. Unduh Aplikasi Perekam Layar HP

Aplikasi Perekam Layar HP wajib kalian miliki jika ingin menjadi Youtuber gaming, tutorial, ataupun lainnya, karena disaat membuat video melalui ponsel, pastinya kita akan membutuhkan aplikasi tersebut. Namun jangan asal memilih, pilih yang bisa merekam layar plus suara, supaya penonton semakin tertarik dengan videonya, hingga membuatnya ingin berlangganan dengan channel kalian.

Untuk itu, aku akan menyarankan kepada kalian untuk mengunduhnya di Play Store. Gunakan kata kunci atau ketik di kolom pencarian "Az Screen Recorder atau Mobizen", karena kedua app ini mudah disetting dan digunakan. Kualitas video yang dihasilkan pun cukup jernih, paling tinggi 1080P dan yang terendah 240P.

Selain itu, kalian juga bisa unduh aplikasi perekam layar yang biasa aku gunakan juga bisa, tapi tidak bisa ditemui di Play Store ya, melainkan harus dicari melalui Chrome. Caranya tulis kata kunci di pencarian browser "Screen Recorder Pro Apkmonk".

4. Rekam Layar Smartphone

Apabila langkah satu, dua, dan tiga sudah selesai. Segeralah buka aplikasi perekam layar dan buat video yang kalian kuasai, namun jangan lupakan bagian paling penting. Sebelum melakukan proses perekaman, atur aplikasi Screen Recodernya dulu. Misalnya mengatur tampilan wajah, suara, Kualitas, dan Resolusi video.

Jika terjadi kesalahan saat proses perekaman video atau mengalami gangguan jaringan internet, silahkan hentikan rekaman layarnya dan segera buat video baru lagi. Hal ini harus kalian terapkan sejak dini, supaya konten yang kalian hasilkan berkualitas, sehingga membuat penonton betah mengunjungi channel kalian kembali.

5. Buat Video Lebih Menarik

Membuat video menarik tidak cukup hanya dengan berbicara dan menampilkan wajah kalian, melainkan videonya harus dibumbui dengan Backsound dan Background. Tujuannya agar penonton lebih santai saat sedang menikmati konten kalian, alhasil jam tayang channel kalian akan naik drastis.

Setelah Subscriber, jam tayang merupakan bagian terpenting kedua jika kalian ingin memonetisasi Channel. Dengan membuat video menarik, maka otomatis Jam tayang channel akan terpenuhi dengan cepat.

Untuk itu, aku akan membantu kalian dalam membuat video kerennya. Bantuan dari aku hanya saran aplikasi edit video youtube untuk kalian, aplikasi yang biasa aku gunakan adalah Video Editor For Youtube. Cara Pengeditannya kalian tidak perlu khawatir, karena aku berani menjamin, tidak sampai satu hari kalian sudah bisa mengedit sendiri menggunakan aplikasi ini.

6. Siapkan Thumbnail Video

Selain kualitas video, Thumbnail juga berperan penting untuk mengundang minat penonton untuk memencet video kalian. Mengapa bisa seperti itu? Sekilas, Thumbnail juga hampir sama dengan judul, dengan adanya kedua bagian tersebut, pengguna youtube dapat mengetahui tentang pembahasan dan isi video kalian.

Jadi, jangan anggap remeh mengenai Thumbnail. Sebelum membuat, alangkah baiknya mencari contoh di Google maupun di channel orang lain. Dan jangan lupa tanyakan juga kepada teman kalian, bagaimana pendapat mereka tentang gambar tersebut, apakah keren atau tidak?

Sekarang tutorial membuat thumbnail Youtube sudah banyak bertebaran di internet, apalagi kebanyakan tutorialnya menggunakan Android. Tentu ini menjadi keuntungan untuk kalian yang menjadi Youtuber modal hp.

Contoh aplikasi edit thumbnail Youtube yang aku sarankan adalah Thumbnail Maker, selain itu aku juga pengguna tetap aplikasi ini. Alasannya mudah digunakan serta sudah tersedia beberapa font, background, dan fitur keren lainnya.

7. Upload Video ke Youtube

Langkah terakhir upload video ke youtube. Proses pertama adalah membuat judul, buatlah judul semenarik mungkin. Usahakan judul sama dengan isi video kalian, agar penonton tidak kecewa saat mengunjungi videonya. Selain itu, isi juga Deskripsi yang mudah dibaca dan dimengerti.

Agar video kalian mudah ditemukan, jangan lupa riset keyword lebih dulu. Biasanya ini disebut dengan optimasi video, ada banyak hal yang masuk dalam optimasi. Seperti Judul, Thumbnail, Deskripsi, dan keyword video.

8. Promosi Channel Youtube

Untuk mendapatkan banyak penonton, kalian bisa mencoba untuk mempromosikan video di channel Yooutube kalian melalui Google Ads, Facebook Ads, dan banyak lagi. Namun, semuanya rata-rata harus mengeluarkan dana dari kita. Apabila ingin yang gratis, silahkan bagikan secara manual di semua Grup media sosial kalian, tetapi lebih efektif menurutku bagikan ke grup media sosial yang sesuai niche dengan channel Youtube kalian.

Kesimpulan

Semua yang telah aku sebutkan diatas, mulai dari nomor satu sampai delapan adalah faktor penting yang harus dilakukan supaya kalian sukses menjadi Youtuber hanya dengan modal Smartphone. Setiap tulisan aku dalam artikel ini harap jangan dianggap remeh, karena setiap tahapnya pasti kalian akan menemukan kesulitan. Meski mudah untuk dibicarakan ataupun dipikirkan, namun sulit lho disaat mempraktekkannya dan hal ini pernah aku alami.

Intinya saat kalian mengalami kegagalan atau channel Youtube tidak ada tanda-tanda perkembangan, jangan menyerah, terus saja buat dan perbanyak jumlah video channel Youtube kalian walaupun penonton dan subscribernya sedikit. 

Nah, untuk kalian yang ingin memantau kemajuan dari channel Youtube, kalian bisa kok menggunakan aplikasi Youtube Studio dan aplikasinya bisa kalian unduh di Play Store. Di aplikasi tersebut kalian bisa melihat Jam Tayang, Jumlah Tontonan, dan Subscriber.

Demikian artikel yang aku ketik mengenai Cara Menjadi Youtuber Modal HP. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua terutama buat kalian yang pengen menjadi Youtuber sukses dan sampai jumpa di artikel lainnya blog Septiyan Media.