Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan CTRL + F di Android

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menggunakan CTRL + F di Android - Saat menggunakan komputer ataupun laptop memang terbilang lengkap  fiturnya seperti kalau ingin menggunakan atau fungsi tertentu yang ada di komputer atau laptop untuk mempermudah, kalian tinggal menekan tombol keyboard tertentu secara bersamaan.

Contohnya saja kalau ingin mencari kata atau kalimat tertentu di browser ketika menggunakan komputer atau laptop kalian hanya menekan tombol keyboard CTRL + F. Lalu buat kalian pengguna smartphone Android, pernahkan kalian berpikir dan bertanya bagaimana cara mencari kata menggunakan CTRL + F di halaman browser Android?

Cara menggunakan ctrl f di android

Tenang saja kalian gak usah bingung karena bisa kok mencari atau menemukan kata atau kalimat di halaman web secara cepat seperti menggunakan kombinasi CTRL + F cuma caranya berbeda dengan ketika menggunakan komputer atau laptop, soalnya kan tombol CTRL tidak ada tuh di keyboard smartphone Android.

Oh iya, cara yang kubagikan ini juga sering aku gunain saat sedang mencari kata tertentu di halaman website di Chrome Android dengan cepat. Tanpa basa-basi atau berlama-lama lagi berikut ini langkah-langkahnya.

  • Langkah yang pertama kalian masuk ke browser Chrome di HP Android
  • Lalu ketik kalian mau mencari artikel apa? ataupun mengunjungi situs apa.
  • Kalau sudah masuk ke sebuah artikel dan di pojok kanan atas browser Chrome Android ada titik tiga atas ke bawah gitu lalu pencet.
  • Kemudian kalian mencari tulisan cari di halaman atau jika browser Chrome kalian menggunakan bahasa Inggris cari aja tulisan find page.
  • Nantinya akan ada atau muncul sebuah kolom yang letaknya berada di kiri atas nah tinggal ketik aja mau cari kata apa di halaman atau di dalam artikel tersebut.
  • Untuk tombol panah menunjuk ke bawah itu fungsinya mencari kata sesuai yang kalian ketik itu mengarahkan ke beberapa kata yang berada di bawah dan kalau tombol panah menunjuk ke atas itu mengarahkan ke atas dengan beberapa kata yang sama seperti yang kalian ketik itu.

Selain untuk Google Chrome, cara melakukan CTRL + F di Android ini juga bisa digunakan untuk aplikasi browser Android lain juga bisa untuk Telegram dan WhatsApp. Nah kalau di Telegram WhatsApp fitur seperti halnya CTRL + F ini bisa digunakan untuk mencari kata atau kalimat yang ada di chat untuk caranya sebagai berikut.

  • Cara pertama pencet pesan atau chat ntah itu chat di grup ataupun di chat pribadi sama saja.
  • Lalu klik titik 3 atas sampai bawah yang letaknya berada di pojok kanan atas 
  • Kemudian tinggal deh pilih tulisan cari akan muncul sebuah kolom dan ketik di kolom mau cari kata atau kalimat apa. 
  • Nah sudah deh caranya, tinggal tunggu nantinya kata atau kalimat yang kalian ketikan di kolom akan muncul.

Untuk pertanyaan apakah ada aplikasi yang telah menyediakan fitur CTRL + F di Android jawabannya kemungkinan bisa jadi ada, tetapi aku belum mengetahui dan mencobanya. Kalau aku sudah menemukan dan telah mencoba caranya akan aku bagikan di artikel ini.

Demikian artikel cara menggunakan CTRL + F di Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terlebih lagi buat kalian yang sedang mencari cara mencari kata di halaman web browser Android dan mempermudah kalian untuk menemukan kata atau kalimat tertentu secara cepat, serta sampai jumpa di artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media.