Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar dan Upload File di Mediafire

Daftar Isi [Tampil]

Cara Daftar dan Upload File di Mediafire - Halo, apa kabar kalian semua? Jika sehat, alhamdulillah. Di artikel kali ini aku akan memberikan tutorial cara daftar dan unggah file di mediafire, sebenarnya kedua cara itu sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Tapi, mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum begitu mengerti atau bahkan tidak mengerti sama sekali cara daftar dan mengupload file di Mediafire.

Cara daftar dan upload file di mediafire

Karena itulah aku akan membuat tutorialnya secara lengkap, khususnya bagi kamu yang belum terbiasa dengan Mediafire. Tetapi sebelum itu, aku akan menjelaskan lebih dulu mengenai fitur-fitur apa saja yang ada di situs Upload File Mediafire ini, serta lengkap beserta dengan fungsinya. Jika kalian keberatan dengan penjelasan aku ini, silahkan langsung scroll ke inti artikel ini, yaitu cara daftar Mediafire dengan Android.

Apa Itu Mediafire?

Menurut Wikipedia, Mediafire adalah sebuah situs yang dimana kita bisa mengupload atau mengunggah file berupa Video, Gambar, Musik, dan Dokumen. Situs yang berdomain Mediafire.com ini didirikan pada tahun 2006 di Woodlands, Wilayah Montgomery, Texas, Amerika Serikat.

Situs upload file mediafire memiliki slogan "File Sharing and Storage Made Simple" atau jika diartikan dalam bahasa indonesia "Berbagi file dan Penyimpanan Menjadi Mudah".

Selain itu mediafire juga memiliki beberapa fitur menarik yang bisa kita gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Lalu fitur apa sajakah yang ada di Mediafire? Jika ingin tahu, silahkan simak dibawah ini.

Fitur-Fitur Mediafire

Ada banyak fitur yang disediakan situs unggah file Mediafire ini yang bisa kita gunakan secara gratis, namun ada beberapa saja diantaranya yang harus dibayar baru bisa digunakan.

1. Ruang Penyimpanan

Mediafire menyediakan 3 jenis ruang penyimpanan untuk kita para user. Ketiga pilihan tersebut Berjenis "Pro, Business, Basic". Dari ketiga pilihan itu, ada satu saja ruang penyimpanan yang bisa kita gunakan secara gratis, yakni Basic. 

1. PRO: $7.50/Bulan = Lagi Promo $3.75/Bulan.

Kelebihan: Ruang Penyimpanan 1 TB, Bisa Upload Hingga 20GB Per File dan masih banyak lagi.

2. Business: $80/Bulan = Lagi Promo $40/Bulan.

Kelebihan: Ruang Penyimpanan 100 TB, Bisa Upload Hingga 20 GB Per File dan masih banyak lagi.

3. Basic: Gratis Seumur Hidup.

Kelebihan: Ruang Penyimpanan 10GB, Hanya Bisa Upload 200 MB Per File (Wikipedia).

2. Fitur Pengaturan File

Selain ada jenis ruang penyimpanan, ada juga jenis pengaturan yang bisa kamu gunakan gratis, seperti mengubah nama dan membuat kata sandi file.

  • Share: Membagikan link file, bukan hanya itu saja kita juga bisa melihat link filenya.
  • Download: Mengunduh file tertentu yang ada di mediafire.
  • Move To: Memindahkan file ke folder lainnya.
  • Copy To: Menyalin dan menempelkan file ke beberapa folder.
  • Rename: Mengubah nama file dari nama aslinya.
  • Description: Mengisi deskripsi atau bisa disebut dengan identitas file.
  • Password Protect: Melindungi File dengan memasukkan kata sandi.
  • Disable Share Link: Membuat File tidak bisa ditemukan orang lain (Privasi).
  • Move To Trash: Menghapus Beberapa File Tertentu.

Cara Daftar Mediafire Dengan Android

Cara membuat akun Mediafire sangat mudah kok, terlebih lagi dengan Android. Caranya adalah dengan mengikuti tutorial yang aku kasih dibawah ini.

  • Pertama kamu terlebih dahulu kunjungi situs "Mediafire.com", kemudian tekan Sign Up yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu scroll atau gulir layar hp kalian kebawah sedikit. Hingga ketemu yang namanya Get Basic, setelah itu silahkan tekan tulisannya.
  • Selanjutnya isi semua informasi akun kamu dengan lengkap, lalu centang kotak kecil "I Have Read and Agree" dan Berikutnya tekan "Create Account & Continue" sudah deh.

Cara Upload Atau Unggah File di Mediafire Dengan Android

Sebenarnya mengupload file atau berkas di Mediafire tidak memerlukan akun, namun dengan memiliki akun kita bisa melihat berapa jumlah file yang sudah diunduh oleh pengunjung. Apalagi kamu yang sering menggunakan shortlink, kamu bisa mengetahui jumlah visitor shortlink lewat jumlah unduhan file di Mediafire.

Karena terkadang ada beberapa shortlink yang melakukan kecurangan, bentuknya kecurangan yang biasa dilakukan shortlink adalah tidak menghitung semua visitor. Nah, dengan adanya akun mediafire, kita bisa lebih leluasa untuk mengetahui jumlah visitor asli dengan melihat jumlah unduhan Berkas.

  • Pertama login terlebih dahulu ke akun Mediafire kamu
  • Setelah itu tekan Logo Upload (Tanda Panah Keatas).
  • Selanjutnya tekan gambar Plus ditengah layar smartphone kamu
  • Kemudian pilih file apa saja yang ingin kamu unggah.
  • Jika kamu sudah memilih berkasnya, maka berikutnya kamu tekan upload yang ada disudut kanan bawah. Lalu tunggu sebentar hingga filennya selesai diunggah, lamanya pengunggahan file tergantung dari ukuran file yang kamu upload.

Cara Mengetahui Link File di Mediafire

Bagaimana jadinya kalau kita sudah daftar dan mengunggah file di Mediafire, lalu kita tidak mengetahui link file yang telah kita unggah. Pasti kesal kan? Ya jelaslah, capek-capek upload berkas tapi link filenya kita sendiri tidak tahu. Oleh karena itulah, perhatikan baik-baik tutorial cara mengetahui link Mediafire dibawah ini.

  • Pertama tekan Strep 3 di samping kanan yang sejajar dengan File, kemudian tekan fitur Share atau Bagikan.
  • Selanjutnya kamu cari tulisan Copy Link dan tekan tulisan tersebut. Untuk mengetahui linknya, kamu bisa menempelkan link file di Notepad atau di aplikasi catatan lainnya.

Demikian artikel mengenai tutorial cara mudah daftar dan unggah file di Mediafire dengan Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dan sampai jumpa di artikel lainnya di blog Septiyan Media.