Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek IMEI di HP Android

Daftar Isi [Tampil]

Cara Cek IMEI di HP Android - Seperti yang kita ketahui, sekarang ini lagi banyak banget beredar tentang Ponsel Blackmarket atau HP yang memiliki IMEI yang tidak terdaftar. Lalu apakah Ponsel yang kita gunakan ini termasuk dalam kategori Blackmarket? Tentu saja kita tidak mengetahuinya, namun sekarang situs pemerintah yakni kemenperin sudah menyediakan fitur Cek IMEI.

Cara cek imei di hp android

Jika IMEI Ponsel tidak terdaftar di situs Kemenperin, maka otomatis ponsel yang kamu miliki adalah dari Blackmarket. Blackmarket sendiri mempunyai arti Pasar Gelap, siapapun yang membeli atau menjual suatu barang di pasar tersebut akan memiliki status yang tidak Resmi atau bisa disebut Ilegal.

Lantas bagaimana cara mengetahui ilegal atau legalnya IMEI Ponsel? Tenang saja karena di artikel kali ini aku akan memberikan tutorialnya untuk kalian semua. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup mengikuti beberapa langkah yang saya berikan di bawah ini. Sebelum itu cek terlebih dahulu IMEI yang terdapat di Smartphone Android kamu, baru Setelah itu kita cek di situs Kemenperin.

Cara Cek Nomor IMEI HP

Untuk cara yang pertama sangat mudah, kalian bisa mengetahui nomor IMEI di HP kalian dengan cara yang ada di bawah ini.

1. Buka menu panggilan atau biasa buat ketik nomor telepon yang ada di ponsel kamu.

2. Kemudian Tekan tombol *#06#. Jika sudah, maka otomatis akan muncul nomor IMEI Ponsel kamu.

Cara Cek IMEI selanjutnya silahkan dilihat dibawah ini, perhatikan dengan seksama untuk menghindari kegagalan dalam mengecek IMEI

Cara Cek IMEI Ponsel yang Kedua

Nah, ini alternatif kedua cara cek imei. Bila cara yang pertama tidak kamu mengerti, baiklah silahkan perhatikan baik-baik caranya.

1. Masuk ke "Pengaturan" Ponsel yang kamu miliki, selanjutnya tulis "IMEI" di pencarian setelan.

2. Tekan pilihan paling bawah dengan tulisan "Informasi IMEI".

3. Terakhir akan terlihat 2 IMEI jika terdapat 2 Kartu Sim, maka pilihlah yang paling atas.

Cara cek IMEI di ponsel sudah selesai, sekarang saatnya kita Cek IMEI di situs Kemenperin. Jika status IMEI yang kamu miliki tidak terdaftar, maka Ilegal. Ayo langsung saja kita lihat tutorialnya dibawah ini.

Cara Cek IMEI di Situs Kemenperin

Jika ingin mengecek IMEI di situs Kemenperin, kamu harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu dan berikut langkah langkahnya.

  • Buka terlebih dahulu situs Kemenperin.
  • Lalu masukkkan nomor IMEI Ponsel kamu ke dalam kolom. 
  • Kalau sudah langkah selanjutnya Selanjutnya tekan Icon Pencarian.
  • Tahap terakhir akan menentukan ilegal atau legalnya IMEI. Jika legal maka akan ditulis IMEI terdaftar, bila ilegal akan ditulis IMEI kamu tidak terdaftar di situs Kemenperin.

Demikian artikel mengenai cara cek imei Hp di Situs Kemenperin dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, serta sampai jumpa di artikel lainnya di blog Septiyan Media.