Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Melek Asuransi untuk Masa Depan

Daftar Isi [Tampil]

Bertemu lagi di blog Septiyan Media dan di artikel kali ini aku akan menulis artikel tentang Pentingnya Melek Asuransi Untuk Masa Depan. Artikel yang satu ini cocok banget buat kalian yang pengen tau tentang asuransi. 

Pentingnya asuransi untuk masa depan
Gambar dari Pixabay

Jadi dibawah ini aku akan menjelaskan mulai dari pengertian asuransi, manfaat asuransi, unsur asuransi, jenis asuransi. Langsung saja yuk daripada lama-lama simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian Asuransi

Pasti kalian tidak asing lagi dengan asuransi, namun buat kalian yang masih bingung apa itu asuransi? jawabannya ialah Asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian yang telah dilakukan oleh dua orang dan bisa lebih yang melakukan perjanjian tersebut disebut pihak penanggung dan juga pihak tertanggung. 

Jadi pihak tertanggung ini akan membayar berupa iuran kepada pihak penanggung dengan tujuan agar mendapatkan ganti rugi ntah itu karena kerusakan, kehilangan, dan juga kerugian yang diakibatkan oleh sebuah peristiwa yang tidak diduga.

Lebih mudahnya sih pengertian asuransi ialah perjanjian yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak dan dapat juga lebih pihak nasabah dan pihak perusahaan asuransi untuk memberikan sebuah jaminan tentang sebuah hal yang telah dijanjikan dan di sepakati sebelumnya.

Manfaat Asuransi

Manfaat Asuransi adalah membantu untuk mengurangi sejumlah kerugian dari peristiwa yang terjadi tidak terduga soalnya kan ditanggung oleh perusahaan asuransi jadi kalau ada kerugian hitungannya jauh terasa lebih ringan dan tidak terlalu membebani kalian. 

Bisa juga fungsi asuransi sebagai tabungan hidup jangka panjang, serta dapat memastikan kelangsungan hidup keluarga menjadi sejahtera di masa depan.

Unsur Asuransi

Selain pengertian, aku juga akan menjelaskan unsur-unsur asuransi terdapat tiga unsur yaitu premi asuransi, polis asuransi, dan juga klaim asuransi.

1. Premi Asuransi

Premi Asuransi ialah kesepakatan jangka waktu pembayaran dan jumlah pembayaran sebuah biaya iuran yang wajib dibayar oleh nasabah misalnya ingin bulanan atau tahunan, dll. Selain itu, semakin banyak jangkauan proteksi asuransi, maka premi hitungannya akan terbilang semakin mahal.

2. Polis Asuransi

Polis Asuransi merupakan sebuah surat atau dokumen dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi ke nasabah yang berisi tentang perjanjian atau aturan sebuah asuransi untuk isinya sendiri ialah mulai dari resiko asuransi, manfaat asuransi, premi asuransi, hak dan kewajiban perusahaan asuransi, beberapa hal-hal yang tidak ditanggung asuransi, hal-hal yang dapat membatalkan polis, dll dan sifatnya sah dan legal secara hukum. 

Jadi bila ada pihak yang melanggar perjanjian yang telah dibuat ini, maka pihak yang terlibat ini bisa langsung menghentikan sebuah kerja sama yang telah disepakati, bahkan bisa saja menggugat pihak yang telah menyalahi sebuah aturan dari polis asuransi tersebut.

3. Klaim Asuransi

Klaim Asuransi adalah sebuah proses pengajuan atau permintaan agar mendapatkan ganti rugi dari kerugian yang telah terjadi dan kerugian yang dialami tersebut juga sudah tertulis dan sesuai ketentuan dalam polis asuransi, maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan sebuah uang untuk ganti rugi atas kerugian yang telah dialami oleh nasabah.

Jenis Asuransi

Untuk jenis asuransi bisa dikatakan banyak dan resiko proteksi setiap jenis asuransi pun juga berbeda-beda dan di artikel ini aku menyebutkan 7 jenis asuransi penting dalam hidup. Apa saja jenis asuransi? berikut jenis asuransi yang wajib diketahui dan dimiliki:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa merupakan asuransi yang bertujuan perlindungan khusunya untuk pencari nafkah utama di keluarga apabila nantinya terdapat hal yang tak terduga contohnya kematian. Maka asuransi jiwa ini akan memberikan sebuah hal keamanan terkait keuangan pada keluarga dan juga memastikan kelayakan hidup seluruh anggota keluarga yang telah ditinggalkan.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan asuransi yang fungsinya agar ada pertanggungan pada biaya kesehatan misalnya saat kalian sakit dan masuk rumah sakit. Jadinya tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk biaya proses perawatan atau pengobatan karena penyakit soalnya sudah ditanggung biayanya oleh perusahaan asuransi.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan merupakan asuransi yang bermanfaat sekali agar pendidikan anak di masa depan tidak terputus saat di tengah jalan akibat biaya pendidikan sekolah yang meningkat pada setiap tahunnya. Oleh karena hal itulah kalian bisa menabung asuransi pendidikan dari sekarang untuk anak atau bisa juga saat anak masih di kandungan.

4. Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan ialah asuransi yang terbilang penting untuk melindungi kalian saat kecelakaan. Soalnya asuransi ini akan membayarkan biaya medis atau pengobatan yang diakibatkan karena kecelakaan dan juga akan ada uang pertanggungan apabila jika terjadinya cacat ataupun kematian yang disebabkan oleh kecelakaan.

5. Asuransi Rumah

Asuransi Rumah ialah asuransi yang akan memberikan sejumlah perlindungan untuk rumah kalian apabila terjadi kerusakan atau kerugian diakibatkan karena kebakaran, pencurian, dan juga karena bencana alam.

6. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan adalah asuransi yang diberikan khusus untuk kendaraan apabila terjadi kehilangan dicuri orang, kerusakan akibat kecelakaan, dan kerugian lainnya. Misalnya kalau terjadi kerusakan karena kecelakaan, maka pemilik kendaraan tersebut akan mendapatkan perlindungan atau sejumlah uang untuk biaya perbaikan kendaraan yang rusak tersebut.

7. Asuransi Dana Hari Tua

Asuransi Dana Hari Tua atau Jaminan Hari Tua bisa disebut juga tabungan pensiun dengan tujuan tetap menerima sejumlah uang di saat pensiun hari tua. Menurutku terbilang sangat penting sekali soalnya asuransi ini membantu kalian untuk mengumpulkan uang pensiun dan saat masa pensiun kan tidak ada pendapatan dan dengan asuransi hari tua ini hidup tetap bahagia tidak memikirkan finansial karena tetap akan mendapatkan uang.

Tips Memilih Asuransi

Ada beberapa tips memilih asuransi yang tepat dan ini terbilang sangat penting buat kalian simak, berikut tipsnya.

1. Pastikan Perusahaan Asuransi Aman

Tips yang pertama sangat penting sekali soalnya asuransi kan jangka panjang pemakaiannya, jadi kalian harus mengecek perusahaan asuransi yang ingin kalian pilih untuk melakukan asuransi aman atau tidak, sudah terdaftar atau memiliki izin OJK atau belum. Untuk mencari tau informasi perusahaan tersebut bisa kalian cari tau di internet seperti mesin pencari, media sosial, dll.

2. Membeli Asuransi Sesuai Kebutuhan Saja

Saat membeli asuransi pastikan hanya membeli asuransi yang kegunaanya sesuai kebutuhan kalian saja. Saranku jangan membeli terlalu banyak apalagi yang sesuai kebutuhan cuman sedikit saja atau membeli fitur tambahan yang sebenarnya tidak begitu kalian butuhkan, soalnya nantinya akan membuat harga premi meningkat.

3. Pilihlah Premi Asuransi Sesuai Finansial

Saat ini merupakan saat yang tepat untuk memikirkan asuransi, namun ada baiknya jika kalian memilih premi asuransi sesuai kemampuan keuangan atau pendapatan kalian saat ini. Jangan sampai nantinya premi asuransi malah menganggu finansial kalian.

4. Pilih Kualitas Layanan Perusahaan Asuransi Yang Baik

Kualitas layanan dari perusahaan merupakan yang terpenting, maka dari itu kalian harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki kualitas layanan yang baik, terutama dengan pelayanan klaim asuransi.

5. Tanyakan Secara Rinci Tentang Asuransi

Sebelum melakukan asuransi alangkah baiknya jika kalian menanyakan secara rinci tentang asuransi ke perusahaan asuransi, mulai dari manfaat asuransi yang diberikan, pengecualian jaminan, dan kondisi yang dipersyaratkan, dll.

6. Memahami Polis Asuransi

Polis kan dapat diartikan sebagai bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan pihak pengguna layanan asuransi. Maka dari itu, kalian harus membaca secara keseluruhan isi dari polis tersebut dan juga pahami dengan baik sebelum menandatangani polis asuransi tersebut, jangan sampai kalian malas membaca ya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pengertian asuransi dan manfaat asuransi kita jadi tau betapa sangat pentingnya asuransi untuk masa depan dan keluarga. 

Maka dari itulah aku menyarankan untuk segera membeli asuransi mulai dari sekarang ini, segera lah mempersiapkan atau memikirkan untuk melakukan asuransi sejak dari jauh-jauh hari terutama saat masih usia muda dan pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Agar kalian tidak bingung dan berjaga-jaga di hari ini jika di masa depan terjadi kejadian yang tidak terduga istilahnya sih kita harus sedia payung sebelum terjadinya hujan.

Demikian artikel mengenai Pentingnya Asuransi Untuk Masa Depan Dan Keluarga. Dengan adanya artikel ini mudah mudahan kita semua agar menjadi lebih tau tentang Pentingnya Melek Asuransi dan semoga artikel ini bermanfaat.