Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Keuntungan Pakai Traveloka PayLater, Jujur Guna Banget Buat Liburan dan Belanja

Saat ini teknologi telah mengalami perkembangan terbilang sangat pesat, maka dari itulah sekarang ini kita bisa apa-apa secara online. Misalnya aja bentar lagi akan ada liburan nah buat kalian yang bosen di rumah terus dan telah merencanakan ingin jalan-jalan bisa kok pesen tiket secara online.

Kalau kalian masih bingung cara melakukan pemesanan secara daring kalian telah membaca di artikel yang tepat ini karena di artikel kali ini aku akan memberikan informasi mengenai Traveloka.

Pengertian Traveloka

Keuntungan pakai traveloka paylater

Seperti kita tau, Traveloka merupakan sebuah perusahaan teknologi didirikan pada tahun 2012 lalu yang menyediakan sebuah layanan untuk mempermudah masyarakat agar dapat memesan tiket pesawat, hotel, dan lainnya secara online. Pengertian lainnya dari Traveloka ialah sebuah situs pencarian terkait tiket pesawat juga hotel yang terkemuka di wilayah Asia Tenggara.

Cara Mendaftar Traveloka

Untuk cara mendaftar atau membuat akun di Traveloka mudah sekali jadi kalian gak usah bingung ya berikut caranya.

1. Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi Traveloka di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS, karena aku saat ini pengguna Android jadi aku mengunduhnya lewat Play Store.

Cara mendaftar akun traveloka

2. Setelah itu buka aplikasi Traveloka yang telah kalian download tadi dan nanti akan ada tulisan Halo! Selamat datang di Traveloka lalu atur lokasi dan bahasa terus klik lanjutkan.

Cara mendaftar traveloka

3. Kemudian geser dan pencet daftar.

Cara mendaftar traveloka

4. Lalu kalian bisa daftar melalui no telepon atau email dan disini aku gunain email untuk pendaftaran akun. Nantinya kalian akan mendapatkan kode verifikasi dan masukan kodenya yang telah dikirim ke alamat email kalian buat daftar tadi terus klik kirim.

cara mendaftar traveloka

5. Langkah selanjutnya tulis nama sesuai KTP/Paspor kalian (tanpa gelar) dan juga kata sandi lalu centang kirimkan saya promo dan diskon ekslusif Traveloka terus klik selesai. Terakhir tulis juga informasi pribadi kalian seperti tambahkan foto profil, jenis kelamin, tanggal lahir, dan alamat saat ini lalu pencet selesai. Setelah ini akun kalian sudah berhasil dibuat ya dan dapat digunakan.

Cara mendaftar traveloka

Kelebihan Traveloka

Setelah mengetahui pengertian Traveloka dan cara mendaftar Traveloka aku juga akan jelasin kelebihan Traveloka berikut ini penjelasannya.

1. Tampilan User Friendly

Saat pertama kali membuka Traveloka pasti kalian tidak akan bingung karena tampilannya yang user friendly ditambah lagi terdapat fitur-fitur dengan fungsi untuk memudahkan pengguna, sehingga pengguna dapat lebih cepat dalam menyelasaikan transaksi saat membeli tiket ataupun layanan lainnya.

2. Proses Cepat Dan Mudah

Kelebihan yang pertama ialah mudahnya dalamnya membuat akun baru dan cepatnya dalam melakukan pencarian seperti cari tiket pesawat dan layanan lainnya. Hasil yang ditampilkan pun terbilang lengkap hasilnya dan juga akurat.

3. Harga Termurah Dan Terbaik

Paling terpenting adalah soal harga, tetapi tenang saja karena di Traveloka kalian akan mendapatkan berbagai sebuah penawaran yang terbaik dengan jaminan harga termurah. Jadi dengan memakai Traveloka kalian dapat menjadi lebih menghemat biaya.

4. Layanan Lengkap

Hanya lewat Smartphone dan koneksi internet saja kalian dapat memesan tiket transportasi dan juga hotel dengan mudah tanpa harus repot-repot keluar rumah untuk mengunjungi tempat penjualan tiket secara offline, serta melayani 100.000 rute penerbangan dan 100.000 hotel di seluruh dunia.

5. Mudah Digunakan

Saat membuka aplikasi Traveloka tampilannya pun baik sehingga mudah digunakan walaupun pengguna baru sekalipun. Selain itu, terdapat juga berbagai fitur di Traveloka seperti dapat melakukan filter jumlah perhentian, waktu berangkat, waktu tiba, maskapai, fasilitas, harga, pilihan penerbangan. refund & reschedule, dan penawaran spesial. Adanya fitur tersebut pun dapat memudahkan kalian dalam mencari tiket yang sesuai kalian inginkan.

6. Adanya Layanan Customer Service 24 Jam

Selain harga, Customer Service juga sangat penting jika ada masalah atau ingin komplain dan di Traveloka juga ada pusat bantuan atau Tim Customer Service berdedikasi tinggi, berpengalaman, terlatih yang siap melayani selama 24 jam di setiap harinya. Kalian dapat menghubungi Customer Service lewat aplikasi Traveloka atau bisa juga melalui email yaitu cs@traveloka.com.

7. Sering Ada Promo Menarik

Selain harga yang ditawarkan termurah dan terbaik, kalian jika memakai Traveloka juga bisa lho mendapatkan berbagai promo menarik yang ada seperti potongan harga dan promo lainnya yang diadakan Traveloka. Jadi kalian bisa selalu cek di situs Traveloka atau lewat aplikasi Traveloka untuk mengetahui info promo yang ada.

8. Terdapat Berbagai Metode Pembayaran

Dalam hal pembayaran, di Traveloka terdapat berbagai metode pembayaran yang terbilang lengkap dari transfer bank lewat ATM, internet banking (BCA KlikPay, Mandiri, ClickPay, CIMB Clicks), mobile banking, kartu kredit (Visa/Mastercard), Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan UANGKU Balance.

Menariknya lagi di Traveloka ini kalau kalian sedang belum mempunyai uang yang cukup tetapi gak punya kartu kredit bisa kok menggunakan Traveloka PayLater untuk penjelasannya aku juga akan jelasin langsung dibawah ini.

Apa Itu Traveloka PayLater?

Traveloka paylater

Jika kalian bertanya tentang pengertian Traveloka PayLater jawabannya ialah Traveloka PayLater merupakan salah satu metode pembayaran yang ada di aplikasi Traveloka untuk membayar pembelian dalam jangka waktu dan sudah bekerja sama dengan Pasar Dana Pinjaman (Danamas) dan Caturnusa Sejahtera Finance.

Manfaat Traveloka PayLater

Jadi kegunaan atau manfaat dari Traveloka PayLater ialah kalian dapat melakukan pembayaran secara cicilan online istilahnya kredit online gitu tapi ini gak perlu pakai kartu kredit untuk berbagai produk atau layanan yang ada di Traveloka kecuali sih untuk produk tagihan dan isi ulang seperti pulsa dan paket internet, kartu kredit, angsuran kredit, uang elektronik, dan voucher game.

Cara Mendaftar Traveloka PayLater

Untuk dapat menggunakan Traveloka PayLater ini kalian wajib mendaftar akun terlebih dahulu dan telah berusia di atas 21 tahun hingga maksimal 70 tahun juga harus mempunyai KTP. Kalau sudah sesuai syarat lanjut yuk ke cara mendaftar Traveloka PayLater.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Traveloka kalian.
  • Lalu klik akun saya dan pilih travelokaPay lalu pencet PayLater.
  • Nanti isi data pribadi kalian mulai dari nama lengkap, nomor handphone, alamat email, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, status kepemilikan rumah, tempat tinggal atau alamat rumah dan klik simpan & lanjutkan.
  • Kemudian lampirkan atau mengambil foto KTP dan foto diri kalian untuk proses verifikasi.
  • Terakhir tunggu proses verifikasi hingga selesai dan akun PayLater di Traveloka kalian telah aktif. Untuk limit Traveloka PayLater yang didapatkan antara dari Rp 1 Juta hingga Rp 50 juta.

Cara Menggunakan Traveloka PayLater

Kalau sudah mendaftar Traveloka PayLater dan berhasil maka kalian sudah dapat menggunakan Traveloka PayLater yang ada di akun Traveloka kalian. berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Traveloka dahulu.
  • Pilih terlebih dahulu produk yang ingin kalian beli.
  • Kemudian lakukan pilihan cicilan membayar yang di inginkan dan klik beli dengan PayLater.
  • Lalu masukan kode OTP yang telah dikirim lewat SMS klik verifikasi.
  • Terakhir cek detail pembelian kalian lalu pencet lanjutkan dan transaksi pun telah selesai.

Cara Melakukan Pembayaran Traveloka PayLater

Setelah bisa menggunakan Traveloka PayLater di akun, kalian juga harus melakukan pembayaran cicilan PayLater dan pastikan untuk membayar PayLater sebelum batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya agar dapat menghindari biaya keterlambatan dalam membayar. Untuk cara bayar PayLater Traveloka berikut caranya:

  • Membuka terlebih dahulu aplikasi Traveloka.
  • Klik PayLater di halaman awal aplikasi.
  • Lalu klik pembayaran dan juga centang pembelian yang ingin kalian bayar.
  • Terakhir klik bayar sekarang kemudian pilih metode pembayaran apa yang kalian inginkan dan lakukan lah pembayaran.
Selain itu, di Traveloka juga hadir atau fitur terbaru yaitu Traveloka PayLater Virtual Number untuk informasi lebih jelasnya aku akan kasih informasinya di bawah ini.

Pengertian Traveloka PayLater Virtual Number

Traveloka paylater virtual number
Traveloka PayLater Virtual Number ialah fitur pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pembelian di Traveloka dengan jangka waktu atau cicilan dari 1 bulan hingga 12 bulan tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Fungsi Traveloka PayLater Virtual Number

Kegunaan atau fungsi dari Traveloka PayLater Virtual Number sama dengan manfaat dari Traveloka PayLater dan yang jadi perbedaan ialah bukan hanya bisa digunakan di Traveloka saja, tetapi dapat juga kalian gunakan untuk bertransaksi di berbagai platform e-commerce atau situs belanja.

Cara Mengaktifkan Traveloka PayLater Virtual Number

Untuk cara aktivasi Traveloka PayLater Virtual Number terbilang mudah banget, tetapi pastikan level pengguna kalian tinggi agar dapat melakukan pengajuan Traveloka PayLater Virtual Number dan kalau belum saranku tingkatkan dulu skor pengguna PayLater kalian dengan cara sering melakukan pembayaran atau pembelian produk atau layanan yang tersedia di Traveloka. Kalau sudah lanjut yuk berikut langkah-langkahnya:

  • Kalian buka aplikasi Traveloka yang ada di Smartphone kalian.
  • Lalu klik PayLater dan saat ada tawaran dari Traveloka terkait Traveloka PayLater Virtual langsung saja klik ajukan.
  • Langkah selanjutnya bacalah halaman dengan baik agar kalian dapat lebih mengerti cara kerjanya.
  • Kemudian masukkan kode OTP untuk dapat mengakses Virtual Number. 
  • Langkah terakhir tunggu peninjauan dan disetujui oleh Traveloka. Jika sudah disetujui dan diaktifkan kalian dapat menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number untuk bertransaksi.

Cara Menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number

Setelah disetujui oleh Traveloka, kalian bisa kok menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number baik di Traveloka maupun di e-commerce atau marketplace. Kalau kalian pengen tau caranya bagaimana langsung saja ikuti cara yang ada di bawah ini:

  • Langsung saja pilih layanan atau produk lalu lakukan transaksi atau pembelian seperti yang dilakukan biasanya baik itu di Traveloka ataupun di marketplace.
  • Setelah itu lakukan pembayaran atau checkout dan saat klik metode pembayaran pilih yang kartu kredit.
  • Langkah selanjutnya buka halaman PayLater lalu aktifkan Virtual Number kalian dan nantinya Virtual Number akan valid dalam waktu selama 15 menit.
  • Kembali lagi ke marketplace dan masukkan semua detail Virtual Number tadi seperti Card Number (nomor kartu yang terdiri dari 16 digit angka), Expiry Date (tanggal kadaluwarsa kartu), dan kode CVV (Card Verification Value).
  • Langkah terakhir pencet selesai dan transaksi kalian akan langsung di konfirmasi. Selain itu, kalian juga bisa kok untuk melakukan perubahan pembelian menjadi cicilan di aplikasi Traveloka dan maksimal dalam waktu maksimal 12 jam.

Informasi tambahan jika kalian gagal dalam melakukan transaksi menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number itu penyebabnya ialah bisa jadi limit Virtual Number kalian tidak cukup, transaksi di bawah minimum yang telah ditetapkan, menggunakan di situs belanja yang belum didukung, Virtual Number belum diaktifkan perlu kalian ketahui bahwa Virtual Number akan berlaku hanya untuk satu transaksi dalam waktu selama 15 menit saja.

Cara Membayar Tagihan Traveloka PayLater Virtual Number

Untuk cara membayar sejumlah tagihan Traveloka PayLater Virtual Number di akun kalian, langkah-langkahnya tidak rumit berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi Traveloka.
  • Di halaman awal aplikasi Traveloka klik PayLater.
  • Pada tab pembayaran, kalian bisa melihat daftar pembayaran yang ada dari saat ini dan mendatang.
  • Kemudian pilih pembayaran yang ingin kalian bayar dengan cara mencentang kotak sebelahnya.
  • Langkah selanjutnya lihat jumlah pembayaran pada bagian bawah halaman, kalau kalian lihat udah sesuai jumlahnya langsung saja klik tulisan bayar sekarang.
  • Lalu kalian pilih metode pembayaran yang tersedia.
  • Langkah terakhir lakukan lah pembayaran sesuai jumlahnya sama hingga 3 angka terakhirnya.

Keuntungan Pakai Traveloka PayLater

Setelah kalian tau pengertian, cara mendaftar, cara menggunakan, cara melakukan pembayaran tagihan, fungsi Traveloka PayLater dan Traveloka PayLater Number, kalian juga harus mengetahui keuntungan memakai Traveloka PayLater. Langsung saja berikut penjelasannya.

1. Mudah Dalam Mendaftar Atau Melakukan Pengajuan

Untuk mendaftar Traveloka PayLater sangat mudah sekali hanya membutuhkan KTP saja dan pendaftaran akun untuk caranya udah aku jelasin di atas, serta proses persetujuan pengajuan oleh Traveloka terbilang cepat.

2. Limit Pinjaman

Selain itu, limit pinjaman yang diberikan oleh Traveloka pada layanan Traveloka PayLater ini terbilang besar yaitu minimal senilai 1 juta hingga tertinggi Rp 50 juta dan kalau Traveloka PayLater Number diambil dari 10 sampai 40% limit PayLater kalian (tergantung atau sesuai level PayLater kalian)

3. Tidak Ada Biaya Administrasi

Jika kalian sering menjumpai saat mengajukan sebuah pinjaman atau kredit ada biaya administrasi, tenang saja di Traveloka tidak ada hal seperti itu kok alias bebas biaya administrasi dan tanpa biaya tahunan. Jadi dengan begitu kalian akan mendapatkan pinjaman masih sama atau sesuai dengan jumlah saat pengajuan dana.

4. Denda Keterlambatan Tidak Terlalu Besar

Pernahkah kalian mengalami keterlambatan saat melakukan pembayaran cicilan pinjaman? jika pernah pasti wajib untuk membayar denda keterlambatan. Di Traveloka PayLater pun ada begitu, tetapi kalian gak perlu khawatir karena besarnya denda atas keterlambatan dalam membayar tidak begitu besar hanya 5% per bulan dari jumlah cicilan yang belum dilunasi atau dibayarkan dan maksimal 3 bulan.

5. Bunga Rendah

Selain denda keterlambatan yang tak terlalu besar, sistem bunga biaya cicilan per bulan Traveloka PayLater juga terbilang gak besar soalnya hanya 2,25 sampai 4,78% per bulan. 

6. Waktu Cicilan

Untuk nominal bunga yang ku sebutkan di atas tadi sesuai jumlah masa cicilan yang kalian pilih dan tenor atau waktu cicilan yang tersedia di Traveloka PayLater adalah 1 sampai 12 bulan, tergantung level PayLater kalian. Transaksi yang dapat dipecah menjadi cicilan ini, tidak akan membuat pengeluaran membengkak. Selain itu, adanya promo khusus PayLater menjadikan uang bulanan kalian selalu aman.

7. Pemakaian Mudah

Pinjaman dari Traveloka PayLater yang kalian dapatkan bisa kalian gunakan atau pakai sesuai kebutuhan atau keperluan kalian dengan mudah. Kalian bisa menggunakannya untuk memesan semua layanan yang ada di Traveloka seperti pemesanan tiket pesawat, tiket kereta, kamar hotel, dan lainnya kecuali tagihan dan isi ulang seperti pulsa dan paket internet, voucher game, kartu kredit, angsuran kredit, dan uang elektronik.

Selain itu, kalian bisa menggunakan Traveloka PayLater Virtual Number untuk berbelanja di e-commerce atau situs belanja online yang menerima seperti Shopee, Lazada, BukaLapak, Blibli, JD.ID, Zalora, IHERB, RUPARUPA, Uniqlo, Oriflame, IKEA, Zara, Samsung, H&M, Sociolla, Youngliving, Planetsports, HDI, Eraspace, Decathlon, Sephora, Charles Keith, Bath and Body Works, Hartono Mall, dan MapClub.

8. Riwayat Transaksi Sesuai

Semua transaksi yang kalian lakukan langsung tercatat secara real time dan kalian juga mendapatkan sebuah notifikasi atau pemberitahuan pada setiap transaksi yang telah kalian lakukan sampai transaksi telah berhasil.

9. Keamanan Yang Terjamin Aman

Keamanan yang berlapis dan terdapat sistem aktivasi dan deaktivasi, proteksi sistem, enskripsi penuh, audit berlapis membuat aplikasi Traveloka aman digunakan jadi kalian gak perlu khawatir soal keseluruhan data pribadi yng tersimpan khususnya jika ingin menggunakan Traveloka PayLater atau Traveloka PayLater Virtual Number soalnya dalam hal keamanannya terjamin aman dan terjaga untuk digunakan.

10. Didukung Perusahaan Keuangan Yang Berizin Resmi Dari OJK

Traveloka PayLater saat ini telah didukung oleh Pasar Dana Pinjaman (Danamas) dan Caturnusa Sejahtera Finance yaitu sebuah perusahaan keuangan berbasis teknologi yang telah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi gak usah khawatir atau ragu kalau terjadi penipuan saat menggunakan Traveloka PayLater soalnya udah diawasi langsung oleh OJK jadinya aman untuk digunakan.

11. Bermanfaat

Bermanfaat madsutku disini ialah Traveloka PayLater sangat bermanfaat atau berguna sekali ketika kita ingin kembali ke kampung halaman, liburan, tiba-tiba butuh hotel atau bisa juga berpergian keluar kota karena urusan mendadak dan penting, tetapi sedang tidak punya uang yang cukup soalnya karena belum gajian atau hal tertentu. Kalian bisa kok menggunakan Traveloka PayLater yang #jujurgunabanget ini kapan saja sebagai solusi cerdas untuk hal tersebut dan pembayarannya pun bisa dicicil tiap bulan jadi tidak terlalu berasa atau membebani.

Tips Menggunakan Traveloka PayLater

Setelah menjelaskan hal di atas, aku akan membagikan sebuah tips dalam menggunakan Traveloka PayLater. Emang sih mendaftar Traveloka PayLater terbilang mudah dan aman jadi siapapun bisa mendaftar dan menggunakannya untuk transaksi, tetapi kalian juga perlu mengetahui sedikit tips menggunakan Traveloka PayLater sebagai berikut:

  • Jangan pernah memberitahukan atau membagikan akun Traveloka kalian ke orang lain atau siapapun agar akun tetap aman.
  • Kalau bisa jangan pernah untuk membuka akun Traveloka milik kalian di perangkat orang lain takutnya di salahgunakan jika lupa dikeluarkan. Kalau sudah terlanjur silahkan ganti password atau kata sandi akun Traveloka milik kalian.
  • Hanya gunakan Traveloka PayLater untuk kebutuhan penting dan mendesak saja. Jangan sampai mengikuti kemauan atau terlalu konsumtif soalnya nanti kalian sendiri yang bingung nantinya dalam hal membayar tagihan.
  • Jangan pernah ragu untuk menghubungi customer service jika sewaktu-waktu ada masalah pada akun Traveloka PayLater kalian.
  • Atur pengingat pembayaran agar tidak lupa saat jatuh tempo dan segera lunasi pembayaran lebih awal jika kalian punya uang lebih.

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan Traveloka dan keuntungan pakai Traveloka PayLater kita menjadi lebih tau lebih lanjut tentang Traveloka kenapa aku merekomendasikannya dan menurutku Jujur Guna Banget Pakai PayLater khususnya saat digunakan dalam hal yang terbilang mendesak atau mendadak pastinya PayLater Traveloka sangat membantu.  Perkembangan teknologi mempermudah kita dalam kehidupan seperti yang biasanya kalau pengen melakukan perjalanan jauh untuk membeli tiket kita harus datang ke tempat penjualan tiket sekarang tidak peru lagi bisa melalui online. Maka dari itulah kita harus memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya atau untuk sesuai kebutuhan kita.

Demikian artikel mengenai Review Traveloka dan juga keuntungan menggunakan Traveloka PayLater. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan Sekedar informasi Traveloka PayLater ini dapat digunakan untuk transaksi dengan nilai Rp 50.000 ke atas saja dan cicilan dapat tersedia untuk transaksi senilai Rp 500.000 ke atas.