Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Alasan Kenapa Harus Punya Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513

Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Soalnya beratnya yang ringan, sehingga laptop praktis dapat dibawa ke berbagai tempat dan fungsinya yang banyak juga lengkap membuat laptop dapat memudahkan untuk aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Misalnya saja seperti saat masa pandemi Covid-19 ini tentu saja siswa melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ), tentunya membuat laptop keberadaanya menjadi terbilang semakin penting. Bukan hanya itu, laptop juga sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti pekerjaan kantor, bekerja dari rumah, mengedit video, mengerjakan desain grafis, dan lain-lain.

Review asus ultra 15 oled k513
Gambar dari asus.com

Hal tersebutlah yang membuat kalian wajib memiliki laptop. Nah, ngomong-ngomong soal laptop nih kan saat ini sendiri banyak banget laptop yang beredar di pasaran dengan spesifikasi dan harga yang beragam. Pemilihan laptop yang tepat saat membeli sangat diperlukan agar tetap awet, tahan lama, dan lancar saat digunakan.

Agar tidak menggangu aktivitas pekerjaan kalian saranku beli lah laptop terbaik dengan spesifikasi yang bagus dan paling terpenting dengan harga yang terjangkau. Untuk rekomendasi dari aku kali ini kalian bisa membeli laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513. Ada beberapa alasan mengapa aku merekomendasikan laptop ASUS OLED, berikut alasannya ada di bawah ini.

Alasan Kenapa Harus Punya Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513

1. Tampilan Layar Terbaik

Layar asus oled
Gambar dari asus.com

Alasan pertama ialah karena dari segi tampilan layar, Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sendiri telah dilengkapi layar OLED 15,6 inci dengan resolusi layar Full HD (1920x1080) dan juga terdapat teknologi HDR yang dapat di aktifkan oleh pengguna melalui menu pengaturan. Seperti diketahui saat ini layar OLED di laptop telah menjadi tren dan sudah mulai diramaikan atau banyak digunakan oleh produk dari berbagai brand. 

Selain itu, laptop ASUS OLED ini juga memiliki cakupan warna 100 persen DCI-P3 gamut warna terbaik di kelasnya sudah mempunyai Cinema-grade atau bisa disebut setara dengan 133 persen sRGB (color gamut) dan sudah PANTONE Validated, makanya laptop ASUS ini dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya, akurat, dan juga cerah.

Tampilan layar dari asus oled
Gambar dari asus.com

Bukan hanya itu, jika kebanyakan laptop menggunakan panel backlight, berbeda dengan laptop ASUS OLED yang terdiri dari jutaan lampu LED yang berukuran sangat kecil yang setiap LED bisa dimatikan sepenuhnya dan juga layar ASUS OLED ini juga telah memiliki sertifikasi DisplayHDR 600 True Black dari VESA dengan rasio kontras yang ditampilkan dapat mencapai 1.000.000:1, sehingga bisa menampilkan warna hitam pekat dan membuat orang yang memakai laptop ini untuk menonton film dapat melihat detail adegan pada film dengan nuansa gelap.

Hal-hal tersebutlah yang membuat tampilan layar laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 menjadi cerah, tajam dan jelas atau realistis, sehingga lebih enak untuk dipandang dan cocok banget buat kalian yang menggunakan laptop untuk pekerjaan sehari-hari atau sering berhubungan dengan warna seperti editing gambar dan video karena akan lebih merasakan nyaman.

2. Tetap Jernih Dalam Tingkat Kecerahan Rendah

Asus oled jernih tingkat kecerahan rendah
Gambar dari asus.com

Biasanya kalau lalian menurunkan tingkat kecerahan pada laptop pastinya kan tingkat akurasi warna menurun. Namun berbeda dengan ASUS OLED yang mampu menampilkan layar warna dengan jelas dan jernih, meski pada tingkat kecerahan rendah sekalipun. 

Alasannya karena ASUS OLED telah menggunakan 3D color gamut yang dapat menambah faktor iluminasi dalam hal mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED sendiri telah dibekali volume 60% lebih besar dari laptop pada umumnya, sehingga mampu mempertahankan gamut warna lebar pada saat kecerahan rendah juga kinerja warna dapat lebih baik di tingkat kecerahan tinggi ataupun rendah.

Sebagai tambahan informasi laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini juga memiliki keunggulan lainnya yaitu memiliki maksimum brightness yang dapat mencapai 600 nits.

3. Menampilkan Visual Jelas Tanpa Blur

Asus oled visual jelas tanpa blur
Gambar dari asus.com

Siapa nih yang suka nonton film action di laptop? pernah kan saat nonton ehh saat ada adegan cepat di filmnya malah tampilannya blur atau kurang jelas. Nah berbeda lagi kalau kalian menonton film action menggunakan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 hasilnya lebih jelas, atau tanpa blur.

Soalnya layar pada ASUS OLED mempunyai waktu respon 0,2 ms dan dapat dikatakan 50x lebih cepat daripada layar LCD laptop rata-rata yang memiliki waktu respon antara 10 dan 25 ms. Makanya laptop ASUS ini dapat menampilkan berbagai aksi cepat dengan hasil yang lebih mulus, juga detail yang halus, dan pengguliran teks bebas blur.

4. Memiliki Tingkat Radiasi Cahaya Biru Rendah

Tingkat radiasi cahaya biru asus oled rendah
Gambar dari asus.com

Buat kalian yang sering kelamaan liat layar laptop pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada mata seperti lelah nah itu penyebabnya karena radiasi dari cahaya biru. Seperti diketahui, paparan radiasi dari sinar biru (blue light) itu dapat membuat mata menjadi cepat lelah bahkan dapat menganggu kesehatan mata dalam waktu jangka panjang.

Namun tenang saja karena di laptop ASUS VivoBook Utra 15 OLED K513 mempunyai tingkat radiasi dari cahaya biru yang sedikit atau telah dilengkapi fitur Eye Care. Soalnya laptop ASUS OLED ini hanya menampilkan 70% lebih sedikit atau rendah cahaya biru dari layar LCD biasa yang terbilang berbahaya untuk kesehatan mata dan hal ini juga sudah di sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free oleh TÜV Rheinland dan SGS.

Dengan begini dapat dibilang laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 aman digunakan oleh siapa saja karena dapat menjaga kenyamanan dan melindungi kesehatan mata yang menggunakannya. Pokoknya walau kalian gunakan di malam hari pun kan biasanya membuat kalian tidak bisa tidur kayak pas kepikiran mantan setelah menggunakan laptop terlalu lama, nah kalau gunain laptop ASUS OLED kalian tidak akan kesulitan tidur akibat sinar biru.

5. Desain dan Bodi

Desain dan bodi asus oled
Gambar dari asus.com

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 mempunyai tiga varian warna yaitu Indide Black, Silver Transparan, dan Hearty Gold. Untuk ukuran bobot terbilang ringan hanya 1,8 kilogram dan juga bodi dari laptop ASUS yang satu ini masih tergolong tipis tebalnya hanya 1,79 cm, sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. 

Selain itu, laptop ASUS ini memiliki dimensi panjang 35,9 cm lebar 23,5 cm tebal 1,79 cm dan terbuat dari campuran logam dan plastik polikarbonat. Terdapat juga tulisan 'ASUS Vivobook' yang bewarna metalic pada latar hitam dan casing luar berbahan logam membuat tampilan laptop ASUS OLED ini menjadi kokoh dan juga elegan, serta adanya warna khusus di tombol Enter yang berada pada tengah layout.

6. Keyboard Yang Nyaman Buat Ngetik

Keyboard asus oled
Gambar dari asus.com

Untuk keyboard laptop ASUS OLED ini di tombol Enter memiliki warna khusus yaitu sentuhan berwarna kuning kegunaanya agar penggunanya dapat lebih mengenali antara keyboard dan juga numpad.

Bukan hanya itu, laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 keyboardnya juga telah dilengkapi backlit berwarna putih yang kecerahannya dapat diatur sendiri dan travel key 1,4mm. Jadi pengguna laptop ASUS ini dapat mengetik dengan nyaman di ruangan gelap.

Selain itu, di laptop ASUS yang satu ini juga terdapat tombol numpad yang berfungsi untuk mempermudah kalian jika pekerjaan kalian sering berkaitan dengan angka seperti sering menggunakan Microsoft Excel.

7. Adanya Sensor Sidik Jari

Fingerprint asus oled
Gambar dari asus.com

Kerennya lagi laptop ASUS OLED ini juga dilengkapi sensor sidik jari atau fingerprint lho, bagiannya berada di touchpad pojok kanan atas nanti ada kotak kecil. Nah untuk fungsinya sih dapat di pakai untuk login atau masuk ke Windows ya intinya kalian tak perlu lagi untuk mengetik PIN atau kata sandi untuk masuk cukup kalian sentuh aja satu kali. Soalnya sensor fingerprint ini sudah terintegrasi langsung dengan sistem keamanan Windows Hello.

Selain itu, touchpad di laptop ASUS yang satu ini juga responsif dan sangat baik karena telah mendukung fitur multi-gesture. Jadi penggunanya dapat melakukan zoom in juga zoom out hanya dengan cubitan saja dan bisa juga dengan mengusapnya dapat berpindah desktop, dan masih ada lagi gerakan lainnya yang dapat kalian lakukan.

8. Performa Yang Baik

Performa asus oled
Gambar dari asus.com

Dalam hal performa tak perlu diragukan lagi soalnya laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga dan dibekali memori DDR4 RAM yang dapat kalian upgrade hingga 16 GB.

Selain itu, juga dilengkapi PCle® SSD berkapasitas yang besar untuk penyimpanan yang super cepat, sehingga saat digunakan untuk membuka aplikasi dapat dijalankan dengan lancar tanpa masalah. Bahkan saat dicoba untuk menjalankan game seperti Asphalt 9: Legends, Dota 2, Genshin Impact, dan GTA V pun dapat dimainkan atau berjalan dengan lancar.

Selain itu, laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga dilengkapi dengan ASUS Intelligent Perfomance Technology (AIPT) dimana teknologi tersebut dapat membuat laptop ASUS OLED ini mendapatkan peningkatan pada peformanya hingga mencapai 40 persen dibandingkan dengan laptop yang ada dengan spesifikasi serupa dan saat mode Balanced default kinerja dari laptop bisa mencapai 30 persen lebih baik. 

Kalian dapat beralih antar mode hanya dengan menekan kombinasi tombol Fn + F atau bisa melalui perangkat lunak MyASUS dengan cara pilih pengaturan perangkat keras kemudian mode teknologi kinerja cerdas ASUS.

9. Baterai Tahan Lama

Baterai asus oled tahan lama
Gambar dari asus.com

Menariknya baterai laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 terbilang hemat baterai, soalnya dengan baterai berkapasitas 42 Wh untuk pemakaian normal laptop ASUS ini mampu bertahan hingga 7 jam lebih, kalau kecerahan yang kalian gunakan rendah mungkin bisa bertahan lebih lama lagi. Alasan dari hal ini karena ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) telah membuat agar konsumsi daya menjadi lebih rendah.

Untuk pengisian daya baterai laptop ASUS ini dari 0% hingga penuh 100% membutuhkan waktu selama 2 jam lebih 5 menit. Untuk kecepatan pengisian baterai juga telah mengikuti standar pada laptop saat ini. Selain itu, laptop ASUS ini juga dibekali fitur Battery Health Charging agar dapat mengatur tingkat pengisian daya dengan tujuan untuk memaksimalkan umur baterai pada laptop.

10. Adanya Sistem Pendingin

Pendingin asus oled ice blade
Gambar dari asus.com

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga ada sistem pendinginnya yaitu kipas Ice Blades dan Heatpipe. Kipas dan juga impeler Ice Blades 87 bilah setebal 0,2 mm yang terbuat dari polimer kristal cair sehingga lebih tipis juga ringan dari kipas biasa. 

Selain itu, kipas Ice Blade juga mempunyai desain aerodinamis melengkung 3D agar membuat kipas dapat melaju dengan aliran yang baik dan juga menggunakan bantalan dinamika fluida agar mengurangi getaran juga kebisingan yang tidak terlalu bising atau lebih rendah dibandingkan kipas biasa.

Bukan hanya itu saja, adanya ASUS Intelligent Performance Technology juga dapat mengatur sistem pendingin pada laptop ASUS ini. Terdapat 3 mode yaitu Whisper Mode yang menghasilkan suara kipas yang lebih pelan di penggunaan ringan, Standart Mode yang memberikan pendinginan di penggunaan sedang, dan Performance Mode yang memberikan pendinginan yang ekstra untuk penggunaan berat.

Mungkin itulah yang membuat laptop ASUS ini bisa hemat baterai dan juga tetap stabil, lebih sejuk atau tidak terlalu panas suhunya saat digunakan dalam waktu yang cukup lama, serta laptop Asus ini bisa berjalan dalam status peforma yang terbilang tinggi selama kalian butuhkan.

11. Mudah Menghubungkan Antar Perangkat

Asus oled connectivity
Gambar dari asus.com

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 telah dilengkapi port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ dan termasuk juga port USB 3.2 Gen 1, port USB 2.0, port jack 3,5 mm, output HDMI, serta slot microSD card reader, sehingga pengguna nya dapat menghubungkan antar perangkat, proyektor, display, dll dengan mudah.

12. Audio Jernih

Audio asus oled jernih
Gambar dari asus.com

Selain dari tampilan, audio dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga audionya terbilang sangat oke. Karena di laptop ASUS OLED ini telah dilengkapi speaker Harman Kardon dengan teknologi DTS Audio Processing. Jadi di dalam aplikasi DTS Audio Processing pengguna dapat memilih berbagai mode movie, gamse, music, dan custom.

Di mode custom sendiri pengguna dapat melakukan penguatan boost, treble, dan vokal. Kemudian kalian juga dapat mengatur untuk menggunakan mode suara stereo yang telah dihasilkan dan bisa mengganti agar menjadi Wide, In Front, atau mode stereo tradisional. Maka jangan heran jika audio dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini sangat baik atau jernih, jadi kalian tak perlu khawatir jika menggunakanya untuk berbagai aktivitas seperti menonton video, mendengarkan musik, atau Zoom meeting.

13. Bisa Di Upgrade

Asus oled bisa di upgrade
Gambar dari asus.com

Jika kalian ingin meningkatkan performa laptop ASUS OLED ini menjadi lebih kencang atau lancar dan optimal lagi dari sebelumnya bisa kok di upgrade seperti upgrade kapasitas RAM melalui slot SO-DIMM DDR4 dan juga bisa menambah kapasitas penyimpanan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 menggunakan 2.5 SATA SSD atau HDD. Jadi dengan bisanya di upgrade dapat dikatakan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini cocok banget untuk digunakan dalam waktu jangka panjang.

Selain itu, di paket penjualan ASUS memberikan housing HDD SATA yang dapat digunakan untuk meningkatkan sebuah kpasitas penyimpanan internal pada laptop, tentunya ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering membutuhkan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan data-datanya.

14. Dilengkapi Windows 10 Home

Windows 10 home
Gambar dari microsoft.com

Seperti diketahui, Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft dan terbilang cocok banget untuk menunjang produktivitas karena adanya beberapa fitur yang ada di dalamnya dan dukungan penuh terhadap berbagai aplikasi yang dapat kalian instal melalui Microsoft Store, serta sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang diperbarui selalu melalui Windows Update.

Menariknya lagi laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga saat ini telah dikonfirmasi bahwa nantinya akan mendapatkan update sistem operasi yang lebih terbaru yaitu Windows 11 tanpa ada biaya tambahan.

15. Dilengkapi Office Home & Student 2019

Office home student 2019
Gambar dari microsoft.com

Laptop ASUS Vivobook Ultra 15 OLED K513 ini juga sudah dilengkapi Office Home and Student 2019 dengan aplikasi Office asli atau versi lengkap seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point agar dapat memberikan semua fungsi yang dibutuhkan penggunanya khususnya untuk kalangan pelajar dan keluarga agar dapat mempermudah menyangkut segala kebutuhan belajar dan juga kerja.

Selain itu, penggunaan aplikasi Office pun seumur hidup dan juga penggunanya akan terus mendapatkan pembaruan keamanan rutin dengan tujuan agar melindungi program, perangkat, dan data dari pengguna.

Dengan begini kalian bisa menghemat lebih dari Rp 1 juta rupiah yang biasanya dikeluarkan untuk melakukan pembelian paket software yang satu ini.

16. Lancar Digunakan Untuk WFH Dan PJJ

Asus oled lancar digunakan
Gambar dari asus.com

Komunikasi dan ketenangan merupakan hal yang terpenting dan dibutuhkan saat melakukan kegiatan di rumah seperti Work From Home (WFH) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Nah laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat menjadi solusi cerdas dalam hal tersebut karena telah dilengkapi dengan fitur AI Noise Cancelling yang mampu meredam suara bising dari lingkungan sekitar, sehingga saat melakukan kegiatan WFH dan PJJ kalian tidak terganggu dan dapat berjalan dengan lebih lancar.

17. Dilengkapi Fitur WiFi Smart Connect dan Bluetooth

Fitur wifi smart connect dan bluetooth
Gambar dari asus.com

Bukan hanya itu, laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 ini juga telah dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 dan WiFi 6 yang merupakan teknologi WiFi terbaru yang lebih stabil dan lancar dari versi sebelumnya. 

Terdapat juga fitur WiFi Smart Connect yang dapat digunakan agar sistem dapat melakukan pencarian, memilih dan terkoneksi langsung secara otomatis dengan router yang sinyalnya terbilang paling baik.

18. Adanya Fitur ASUS Tru2Life Video

Asus tru2life video
Gambar dari asus.com

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga terdapat fitur ASUS Tru2Life Video dimana fitur ini mempunyai fungsi bisa meningkatkan output pada video mulai dari segi kecerahan, kontras, warna, dan juga ketajaman.

Sehingga saat menggunakan kamera atau webcam di laptop ini untuk video conference, fitur ASUS Tru2Life Video langsung berfungsi untuk meningkatkan hasil gambar menjadi 150 persen lebih bagus secara real time.

Oh iya sebagai informasi tambahan laptop ASUS OLED ini dibekali kamera 720p 30fps letaknya berada di bingkai atas layar.

19. Terdapat Berbagai Fitur Menarik

Fitur asus oled
Gambar dari asus.com

Selain itu, laptop ASUS VivoBook Ultra OLED K513 ini juga tersedia fitur ASUS OLED Care yang berfungsi untuk membantu kalian dalam hal menjaga masa pakai atau umur dari panel OLED. Fitur ini memiliki Screensaver secara otomatis yang berguna untuk melakukan pixel refresh saat layar tidak kalian gunakan dalam waktu selama 30 menit.

Ada juga Link To MyASUS ialah sebuah tool praktis yang merupakan salah satu bagian dari aplikasi MyASUS. Tool ini sendiri berfungsi untuk mengintergrasikan atau menghubungkan PC ASUS dengan perangkat seluler kalian dengan tujuan agar penggunanya bisa melakukan multitasking dengan mudah, tentunya dengan adanya Link To MyASUS dapat meningkatkan produktivitas pengguna PC atau laptop ASUS.

Semua fitur menarik lainnya yang tersedia di laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat kalian temukan di aplikasi MyASUS untuk cara membukanya hanya cukup dengan menekan tombol F12.

20. Harga Terjangkau

Harga asus oled
Gambar dari asus.com

Dengan spesifikasi dan fitur yang terbilang cukup baik, kalian bisa membeli laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dengan harga yang terbilang terjangkau yaitu mulai dari harga Rp 8.599.000 (harga sewaktu-waktu mungkin dapat berubah) dan termasuk garansi 2 tahun dengan ASUS Perfect Warranty di tahun pertama. Menarik kan? hanya dengan harga segitu kalian dapat memiliki laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yang mempunyai spesifikasi sangat baik dan berbagai keunggulan lainnya. 

Kesimpulan

Setelah mengetahui keunggulan mulai dari spesifikasinya yang modern dan juga harga yang terjangkau, serta fitur yang ada dari laptop ASUS OLED secara keseluruhan, kalian dapat menjadi lebih tau alasan kenapa harus punya laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513. Memang laptop ini menurutku cocok banget buat siapa saja ntah itu content creator, pekerja kantoran, anak sekolah, mahasiswa, dan lainnya.

Soalnya laptop ASUS terbaru ini telah dilengkapi dengan layar OLED yang tajam, hemat baterai, keyboard yang dapat bercahaya, dan lancar jika di gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan mudah seperti mengedit foto atau gambar menggunakan Photoshop, mengedit video, membuat artikel, mengerjakan tugas sekolah atau untuk pembelajaran, menonton film favorit kalian, mendengarkan musik dan aktivitas lainnya.

Alasan harus punya laptop asus oled k513
Gambar dari asus.com

Selain memiliki kualitas visual terbaik, laptop ASUS OLED ini juga dapat menjaga kesehatan mata penggunanya jadi tak perlu khawatir lagi saat berlama-lama menatap layar laptop dalam waktu berjam-jam dan juga laptop ASUS ini responnya cepat tidak seperti gebetan yang balas chat lama hehehe, sehingga penggunanya bisa lebih produktif berkarya dan hidup sehat juga bahagia sama seperti yang ada di lirik lagu Fiersa Besari yang berjudul Bukan Lagu Laptop Biasa.

Asus oled
Gambar dari channel Youtube Fiersa Besari

Maka dari itulah laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sangat layak atau rekomendasi sekali untuk kalian beli. Oh iya buat kalian yang sedang mencari sebuah informasi lengkap terkait laptop ASUS OLED bisa kok berkunjung disini.

Demikian artikel yang kutulis ini mengenai Review laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, serta jangan lupa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media.