Cara Menghapus Background Foto dengan Mudah

Saat melakukan editing foto pasti kamu sering merubah background foto kamu atau menghapus background foto dengan tujuan agar menggantinya dengan background baru seperti pemandangan dan bisa juga karena ingin mengubah background foto menjadi transparan. 

Cara menghapus background

Jika kamu biasanya menggunakan Photoshop untuk melakukan editing foto atau lebih seringnya untuk mengganti background atau hapus background foto, kamu sebenarnya bisa kok menghapus background gambar di Android kamu tanpa menggunakan Photoshop. 

Untuk caranya aku akan jelasin di bawah ini pokoknya mudah hanya membutuhkan beberapa detik saja dan bisa langsung kamu praktekan. Cara hapus background foto yang aku bagikan di artikel ini udah aku coba dan hasil hapus background foto rapi banget daripada lama-lama langsung saja yuk berikut caranya.

1. Menggunakan Aplikasi Background Eraser

Cara menghapus background gambar

Sesuai namanya aplikasi background eraser dapat menghapus background gambar atau membuat background gambar menjadi transparan. Aplikasi yang dirilis tahun 2014 lalu saat ini telah diunduh lebih dari 50 juta download di Google Play Store untuk ulasannya sendiri juga terbilang bagus. Cara menggunakan aplikasi background eraser seperti berikut.

  • Langkah pertama instal atau unduh terlebih dahulu aplikasi Background Eraser di Google Play Store.
  • Kalau sudah mengunduh aplikasinya, lalu buka aplikasi Background Eraser dan pilih yang Load a photo
  • Langsung pilih gambar atau foto yang ingin dihapus backgroundnya.
  • Selanjutnya ada tulisan Crop atau potong foto dan kalau kamu pengen memotong foto untuk memudahkan kamu dalam menghilangkan background gambar tinggal atur sesuai yang kamu inginkan, kalau nggak ya langsung klik tulisan Done yang letaknya dipojok kanan atas.
  • Kemudian masuk ke tahap menghapus background gambar, nah kamu gak perlu bingung menggunakannya kalau pengen hapus background manual kamu bisa menggunakan yang Magic dan Manual, tetapi kalau pengen otomatis biar lebih mudah pilih yang Auto.
  • Untuk menggunakan yang Auto atau cara menghapus background foto dengan cepat caranya gampang banget tinggal atur Cursor Offset ke paling kiri dan atur Threshold of Similar Color sesuai yang kamu butuhkan lalu arahkan lingkarannya di ujung pojok terserah pojok yang mana. Kemudian pencet atau klik lingkarannya satu sampai dua kali.
  • Kalau kamu ataupun fitur yang ada tersebut membuat kesalahan kamu bisa klik yang Undo letaknya berada diatas fitur Repair. Bisa juga kamu memperbaiki kesalahan dalam menghapus background dengan menggunakan fitur Repair
  • Jika sudah selesai dan kamu rasa rapi klik tombol centang Done. Nanti akan diarahkan ke Smooth Edge dan atur saja tingkat Smooth gambar yang kamu edit tadi mulai dari 0 sampai 5. Kalau sudah semua klik tombol save yang berada disebelah pojok kanan atas.
  • Setelah itu ada empat pilihan yaitu FinishUse as WhatsApp Sticker, White Background, Save As JPEG, dan Change Background, Superimpose. Untuk pilihan yang ini aku biasanya langsung klik yang tombol centang Finish dan selesai kamu sudah berhasil menghapus background gambar di Android dengan mudah.

2. Menggunakan Remove.bg

Cara menghapus background

Cara hapus background gambar yang kedua ini merupakan cara yang online atau bisa disebut juga cara menghapus background foto tanpa aplikasi. Menariknya cara yang kedua ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan dapat menghapus background image dengan cepat dalam waktu hanya beberapa detik saja. Oh iya cara yang kedua ini menggunakan situs yang dapat menghapus latar belakang gambar. Langsung saja lihat langkah menggunakan situs tersebut dibawah ini.

  • Langkah pertama membuka situs Remove.bg dengan cara mengetik Remove.bg di pencarian browser yang kalian gunakan.
  • Kalau sudah membuka situsnya lalu klik yang Upload Image atau bisa menggunakan URL untuk menambahkan foto.
  • Kemudian tunggu foto kamu beberapa detik dan langsung saja muncul hasilnya di Removed Background.
  • Langsung saja deh klik pilihan tulisan Download untuk mengunduh hasil foto yang sudah dihapus backgroundnya tadi. Gimana mudah bukan untuk menggunakannya? untuk kekurangannya situs tersebut menurutku ialah kadang hasil fotonya nggak sempurna. Walaupun begitu tapi gapapa lah soalnya situs ini bisa kamu gunakan saat ingin menghapus latar belakang foto tanpa aplikasi.
Demikian cara menghapus background foto dengan mudah. Kedua cara ini dapat kamu gunakan jika ingin hapus background foto tanpa Photoshop dan juga kedua cara ini merupakan cara menghapus background foto di Android kamu ntah karena pengen merubah latar belakang foto menjadi transparan atau pengen coba-coba aja hehehe.

Oh iya selain menggunakan kedua cara yang diatas, kamu bisa kok menggunakan aplikasi menghapus background Android lainnya yang tersedia di Google Play Store. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan silahkan membaca artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel