12 Perbedaan WhatsApp dan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

WhatsApp merupakan aplikasi untuk mengirim pesan menggunakan koneksi internet yang dirilis pada tahun 2009 lalu didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton dan pada tahun 2014 lalu WhatApp resmi jadi milik Facebook. Nah untuk keunggulan aplikasi Whatsapp ini ialah kamu dapat menggunakan WhatsApp untuk mengirim tulisan, sticker, foto, video, file, audio, membuat cerita atau status, dan telpon biasa juga bisa untuk video call atau telepon video untuk menampilkan wajah. 
whatsapp dan telegram
Gambar dari pemmzchannel.com
Namun, akhir-akhir ini WhatsApp sedang dikabarkan akan mempunyai kebijakan baru tentang aturan agar pengguna menyetujui data-data atau informasi privasi milik pengguna untuk diteruskan dari WhatsApp ke Facebook.

Nah hal itulah yang membuat banyak orang ingin pindah dari WhatsApp dan ingin menggunakan aplikasi Telegram. Jika kamu belum tau apa itu Telegram?, nih aku jelasin pengertian Telegram. Telegram merupakan aplikasi untuk mengirim pesan menggunakan koneksi internet yang dirilis pada tahun 2013 lalu dibuat oleh Pavel Durov dan Nikolai Durov. Selain untuk mengirim pesan, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirimkan sticker, foto, video, audio, file, telepon.

Setelah kalian membaca penjelasan di atas kalian menjadi tau pengertian WhatsApp dan pengertian Telegram. Kalau dilihat dari pengertiannya sih antara WhatsApp dan Telegram memang hampir sama, tetapi ada kok perbedaan WhatsApp dan Telegram apa sajakah itu? langsung saja simak yang dibawah ini.

Perbedaan WhatsApp Dan Telegram


1. Logo

Perbedaan aplikasi WhatsApp dan Telegram yang pertama adalah kalau WhatsApp logonya bewarna hijau dan putih dan terdapat gelembung memiliki ekor yang mengarah ke kiri, serta didalamnya terdapat gambar atau logo telepon. Kalau Telegram logonya pesawat kertas warna putih yang diletakan didalam lingkaran yang berwarna biru laut.

2. Akses Akun

Untuk mengakses akun WhatsApp harus 1 perangkat jadinya kamu kalau udah gunakan akun WhatsApp di Smartphone milikmu ya kamu tidak bisa menggunakan akun WhatsApp kamu di Smartphone kamu yang lain atau tidak bisa mengakses akun di berbagai perangkat lain secara bersamaan. Berbeda dengan Telegram yang bisa mengakses akun di berbagai perangkat berbeda secara bersamaan.

3. Keamanan

Fitur keamanan yang dimiliki WhatsApp adalah enskripsi end to end (E2E) fungsinya fitur ini ialah agar pesan atau chat kita aman hanya dapat dilihat oleh kita dan orang yang kita chat dan mencegah pihak ketiga dalam mengakses data kita. Sedangkan Telegram mempunyai fitur scret chat yang berfungsi untuk menjaga chat rahasia kamu. 

Pas aku coba fitur scret chat sih kalau pas screenshot nanti akan ada tulisan anda mengambil screenshot. Selain itu, kalian juga bisa atur waktu penghancur otomatis mulai dari 1 detik, hingga 1 minggu di secret chat dan saat menggunakan fitur ini kalian juga tidak akan bisa meneruskan pesan ke temanmu atau orang lain. Jadi fitur Telegram cocok buat kamu yang pengen menulis pesan tapi pesan itu rahasia. Soalnya kan fitur secret chat ini mencegah chat atau pesan kamu disebarkan ke orang lain.

4. Fitur Hapus Pesan

Fitur hapus pesan untuk semua pengguna sih sangat penting sekali bagi kita apalagi kalau salah kirim pesan dll. WhatsApp dan Telegram sih sama-sama bisa menghapus pesan kamu dari perangkatmu dan perangkat yang kalian chat. Perbedaanya disini ialah kalau WhatsApp kan hapus pesan untuk semua orang kan bisa dilakukan dalam waktu beberapa saat saja setelah itu tidak akan ada pilihan hapus pesan untuk semua atau sih cuman hapus untuk saya saja. 

Sedangkan di Telegram kamu bisa mengapus pesan kamu untuk semua orang walaupun pesan kamu udah lama tapi bisa dihapus dan kerennya lagi menurutku sih di Telegram kalau kamu klik bersihkan riwayat maka otomatis semua pesanmu dan pesan orang yang kamu chat juga akan hilang baik di perangkat kamu dan juga di perangkat orang lain jadinya ya kosong jadi bersih.

5. Jumlah Anggota Grup

Untuk jumlah anggota grup sih terbatas di WhatsApp yaitu anggota grup maksimal 256 orang kalau sekarang sih grup Whatsapp banyak digunakan untuk pembelajaran online atau diisi murid sekelas dan guru mata pelajaran di sekolah, sedangkan di Telegram lebih banyak yaitu maksimal anggota grupnya hingga 200 ribu orang, wow banyak banget kan betapa ramainya itu chat 256 orang aja kalau chat semua ramai kadang bikin Smartphone macet apalagi 200 ribu orang. 

Di aplikasik Telegram sih selain ada grup terdapat juga yang namanya channel. Perbedaanya channel dengan grup ialah anggota yang ada didalam channel tidak bisa mengirim pesan dll atau menanggapi bisanya cuman melihat saja isi pesan dari pembuat channel Telegram.

6. Ukuran Maksimal Mengirim File

Ukuran untuk mengirim file dari WhatsApp kamu ke orang lain maksimalnya cuman 100 MB, sedangkan di Telegram kamu bisa mengirimkan file ke orang lain maksimalnya bisa mencapai 1,5 GB. 

7. Penyimpanan

WhatsApp akan menyimpan file, video, gambar langsung ke memori smartphone kamu dan pastinya akan membuat memori smartphone kamu akan terkuras dan cepat habis. Sedangkan di aplikasi Telegram kamu bisa kok menyimpan file, video, gambar disimpan di cloud, sehingga tidak akan membuat penyimpanan smartphone kamu penuh.

8. Terdapat Bot

Kalau di WhatsApp kan tidak ada fitur bot, sedangkan di Telegram ada bot lho yang bisa kamu gunakan dan dengan adanya bot juga bermanfaat buat kamu. Jika kamu belum tau pengertian Telegram Bot nih aku jelasin.

Bot Telegram merupakan robot yang udah diprogram untuk dapat menjalankan berbagai instruksi atau perintah dari penggunanya seperti menulis lyrics, mencari teman, dan bermain game atau permainan,bot yang paling digunakan saat ini adalah bot yang bisa menulis tulisan di buku jadi kamu tinggal menulis perintah mau nulis tulisan apa gitu nah nanti botnya akan mengirimkan foto atau gambar tulisan dibuku, serta masih banyak lagi bot menarik lainnya di Telegram. 

Kamu bisa kok mencari berbagai bot seperti mencari nama pengguna cuman bedanya kalau bot sih namanya belakang ada tulisan bot.

9. Pertemanan Tanpa Harus Punya Nomor

Saat menggunakan WhatsApp kan kalau kamu pengen chat seseorang harus mempunyai atau mengetahui nomor telepon yang didaftarkan WhatsApp miliknya terlebih dahulu baru bisa chat, sedangkan di Telegram walaupun kamu tidak mempunyai nomor telepon miliknya kamu tetap bisa kok chat seseorang dengan mencari nama penggunanya.

10. Membuat Status Atau Story

Fitur membuat status atau story memang penting bagi kita dan berbagai sosial media udah mempunyai fitur ini salah satunya adalah di WhatsApp. Di WhatsApp kamu bisa membuat status atau story sepuasnya, nah kalau di Telegram sampai saat ini belum ada fitur membuat status atau story. Jadinya kalau mau atau ingin buat status atau story harus di aplikasi sosial media lain.

11. Video Call

Selain fitur status atau story, berbagai sosial media udah dilengkapi fitur video call. Fitur ini sih terbilang sangat penting soalnya saat menelpon seseorang kita akan mengetahui wajah mereka dan lingkungan sekitar orang yang kita telpon atau bisa disebut panggilan video. 

Nah kalau menggunakan aplikasi Telegram kamu tidak bisa melakukan panggilan video atau video call, soalnya fitur video call belum ada ntah kapan fitur video call hadir di Telegram, meskipun begitu kamu masih bisa kok menelpon seseorang di Telegram lewat panggilan suara saja.

12. Jumlah Pengguna

Setelah kubaca di berbagai sumber atau artikel berita jumlah pengguna di WhatsApp saat ini berhasil tembus mencapai 2 Miliar pengguna, sedangkan jumlah pengguna aktif di Telegram saat ini berhasil mencapai 500 juta pengguna.

Demikian artikel mengenai perbedaan WhatsApp dan Telegram. Setelah membaca artikel ini kalian dapat mengetahui pengertian WhatsApp dan Telegram, kelebihan WhatsApp, kekurangan WhatsApp, kelebihan Telegram, dan kekurangan Telegram.

Agar kalian dapat mengetahui mana yang lebih baik dan unggul mana WhatsApp ataukah Telegram, terserah kalian sih mau pilih atau pakai aplikasi WhatsApp ataupun Telegram yang penting gunakan untuk hal yang bermanfaat bagi kalian semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan baca juga artikel lainnya yang ada di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel