13 Perbedaan Android Dan iPhone Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Sistem operasi atau biasa disebut OS (Operating System) merupakan sebuah perangkat lunak pada sistem yang berfungsi untuk mengontrol dan manajemen perangkat serta juga operasi dasar sistem. Itu termasuk juga menjalankan software pada aplikasi seperti browser web dan juga program pengolah kata.

android dan iphone
Gambar dari itpro.co.uk

Sistem operasi yang digunakan banyak orang dan populer saat ini ialah Android dan iOS. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Android, Inc dan dirancang oleh Google berbasis Linux untuk perangkat layar sentuh (open source), sedangkan iOS merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Inc dan dikembangkan hanya untuk perangkat iPhone (close source).

Setelah aku membahas dan kalian sudah mengetahui tentang pengertian sistem operasi Android dan iOS kalian pasti saat ini sedang bertanya-tanya lebih unggul atau lebih baik mana sih Android atau iPhone?. Tenang saja kawan gak usah bingung karena di artikel yang aku tulis kali ini artikel tentang Android dan iPhone atau lebih tepatnya 13 perbedaan Android dan iPhone beserta keunggulan dan kelemahan. Langsung saja berikut penjelasan tentang Android vs iPhone.

Perbedaan Android Dan iPhone


1. Desain Android Dan iPhone

Dari segi desain sih tiap Android memiliki desain yang berbeda-beda soalnya kan Android bukan digunakan oleh Google Pixel saja, tetapi digunakan oleh berbagai merek atau brand seperti Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus, Honor, dll sehingga tiap ponsel atau Smartphone Android memiliki desain yang berbeda-beda. Sedangkan Iphone desainnya gak jauh beda sehingga orang akan mengetahui kalau itu Iphone.

2. Tampilan Android Dan iPhone

Dari segi tampilan dapat kamu lihat Android mempunyai 3 tombol yaitu Recent App, tombol Home, dan tombol Back, sedangkan di iPhone adanya tombol Home Button. Hal ini pastinya kalian pengguna Android akan merasa bingung saat menggunakan iPhone.

3. Peforma Dan Spesifikasi Android vs iPhone

Dari segi peforma dan spesifikasi sih walaupun ram iPhone kecil tetap lancar dan kentang saat dipakai untuk membuka aplikasi. Bahkan, iPhone yang hanya ram 1 GB peforma yang dihasilkan mampu mengalahkan Android ram 2 GB.

4. Keamanan Android dan iPhone

Dari segi keamanan sih iPhone memang lebih dikenal lebih aman dibandingkan Android. Alasannya karena bikin Aplikasi dan dimasukan di App Store lebih sulit atau susah soalnya ada permission atau izin yang lebih ketat, sedangkan di Google Play Store lebih mudah dan banyak banget aplikasi yang ada di Play Store, tetapi itu tidak menjamin semua Aplikasi yang masuk Play Store itu bagus dan aman.

Oh iya, aplikasi yang ada di App Store itu lebih teroptimasi karena developer mampu mengetes aplikasi di iPhone dengan mudah soalnya kan iOS hanya digunakan perangkat Apple, sedangkan Android kan dapat digunakan berbagai merek sehingga banyak banget HP atau Smartphone spesifikasi dan resolusi layar yang berbeda-beda. 

Sehingga, saat di tes aplikasi tersebut lancar digunakan di HP ini tetapi tidak lancar saat digunakan di HP itu. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa peforma iPhone lebih unggul dan sekedar info bahwa tidak semua aplikasi iPhone ada di Android dan begitupun sebaliknya.

5. Slot Kartu Memori Dan Sim Android vs iPhone

Kebanyakan ponsel Android saat ini memiliki slot atau tempat buat masukin kartu memori eksternal dan juga dual atau lebih dari satu slot kartu sim, berbeda dengan iPhone yang tidak memiliki slot kartu memori eksternal dan iPhone hanya memiliki satu slot kartu sim. 

Jadi saranku sih kalau beli iPhone beli yang memori internal banyak ya atau tinggi kalau ponsel atau Smartphone Android sih walaupun beli yang memori internal kecil kan masih bisa dipasang kartu memori eksternal.

7. Baterai Android vs iPhone

Dari segi baterai sih Android lebih unggul soalnya saat ini banyak merek atau brand ponsel Android yang menyediakan hp dengan kapasitas besar dan baterai yang terbilang tahan lama awet untuk bermain game, sedangkan iPhone akan terasa banget sih berkurang dengan cepat kalau buat main game.

8. Kebebasan Mengatur Tampilan Android vs iPhone

Kalau soal kebebasan mengatur tampilan sih Android pemenangnya. Alasannya di Android kamu bisa mengganti wallpaper, modifikasi tema, keyboard, dan menambahkan widget sesuai keinginan yang kita mau. 

Sedangkan, di iPhone kamu masih bisa sih mengganti wallpaper, tetapi kamu tidak bisa install tema dan keyboard karena bisanya standart. Jadi saranku kalau kamu suka modifikasi atau sering bosen dengan tampilan Smartphone kamu bisa pilih Android.

9. Kamera Android vs iPhone

Dari segi kamera banyak merek ponsel Android saat ini yang membuat ponsel dengan megapixel besar, tetapi kamera iPhone lah yang lebih baik walaupun mega pixel nya lebih kecil dibandingkan Smartphone Android tapi jangan remehkan hasil kamera iPhone yang terbilang lebih bagus.

Selain itu, saat merekam video untuk di share di Instagram Story hasilnya rekaman video iPhone lebih mulus dan stabil pokoknya bagus deh, sedangkan Android bisa dibilang sih tidak stabil.

10. Transfer File Lewat Bluetooth

Memang keduanya dilengkapi fitur Bluetooth, tetapi saat coba transfer file lewat Bluetooth iPhone ke Android ternyata gagal terus dan saat mencoba dari Android ke Android sih bisa. Setelah penasaran dan membaca berbagai sumber akhirnya terjawab juga pertanyaanku mengapa iPhone tidak bisa transfer file ke Android lewat Bluetooth?.

Jawabannya karena Apple memang membatasi atau merancang Bluetooth iPhone dan iPad dengan sengaja agar tidak bisa transfer file ke Hp operasi sistem lain termasuk Android dan hanya bisa kirim file ke perangkat iOS. Alasannya karena keamanan biar aman atau mencegah agar tidak mudah kemasukan virus yang disebabkan oleh perangkat lain.

11. Dukungan Update Software Android vs iPhone

Kalau hal ini sih penting banget bagi Smartphone yaitu dukungan update software. Fungsi atau manfaat update software ialah agar memperbaiki berbagai bug yang ada di Smartphone, sehingga kinerja Smartphone kamu lebih stabil dari sebelumnya dan juga keamanan yang meningkat. 

Untuk dukungan update software sih iPhone yang lebih sering melakukan update, sedangkan untuk Android karena banyaknya merek yang ada dan spesifikasi yang berbeda-beda pula jadinya tidak sejalan deh dengan hadirnya update sistem operasi Android yang terbaru. Jadi jangan heran atau kaget ya jika update software di Android sering mengalami keterlambatan dan bahkan tidak update sama sekali.

12. Waktu Perilisan Android vs iPhone

Ini nih yang kadang bikin orang kesal yaitu waktu perilisan Smartphone. Untuk waktu perilisan Smartphone Android sih waktunya tidak terduga atau tidak pasti jadinya saat keluar HP atau ponsel Android model baru pasti orang akan langsung beli dan saat sudah beli eh ternyata ada Smartphone Android keluaran model baru lagi yang mempunyai spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap dan model yang lebih menarik dari Smartphone yang udah kamu beli, hadeh pasti rasanya gimana tuh. Berbeda dengan iPhone yang jadwal perilisan Smartphone ialah satu tahun sekali.

13. Harga Android vs iPhone

Kalau dari harga sih jelas banget Smartphone Android harganya lebih murah dari iPhone. Alasan mengapa iPhone lebih mahal dari Android ialah karena iPhone memiliki kualitas yang baik dan iPhone kan sistem operasinya iOS yang kita tau sistem operasi tersebut bersifat tertutup dan hanya digunakan perangkat Apple saja. 

Sedangkan Android kan digunakan sistem operasinya digunakan beberapa merek atau brand dan harga yang ditawarkan untuk Smartphone Android mereka sih terbilang harganya lebih terjangkau lah dari iPhone, sehingga HP Android bisa dibeli berbagai kalangan. 

Nah, ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang membeli iPhone yaitu karena gengsi. Seperti kita tau, kalau kamu kumpul bareng teman-teman pas bawa Android kesannya kayak biasa aja, berbeda saat pasa bawa iPhone pasti temanmu akan langsung liat logo Apple dan bilang wihh keren nih oke nih punya iPhone. 

Demikian artikel mengenai perbedaan atau perbandingan Android dan iPhone beserta kelebihan dan kekurangan. Jadi setelah membaca artikel ini kalian bisa tau perbedaan Android dan iOS, kelebihan iPhone dan kekurangan dibandingkan Android. Selain itu kalian bisa tau mengapa Android lebih baik dari iPhone dan mengapa iPhone lebih baik dari Android, serta untung rugi pakai iPhone dan Android. 

Kesimpulannya sih Android dan iPhone sama-sama bagus dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya sih tergantung diri kita masing-masing dan lebih suka yang mana sesuai kebutuhan aja sih serta yang paling penting saranku sih sesuaikan uang yang dimiliki aja, jangan karena gengsi terus kamu maksain untuk beli iPhone yang model atau keluaran terbaru biar kelihatan keren. 

Selain itu, walaupun harga Android lebih murah dari iPhone, tetapi saat ini banyak kok HP Android yang memiliki spesifikasi tinggi dan gak kalah dengan iPhone serta kalian bisa dapatkan dengan harga yang terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat dan ini hanyalah opini dari aku, maaf jika ada kelebihan dan kekurangan Android dan iPhone lainnya yang belum aku tulis di artikel ini, serta silahkan baca artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel