10 Tips Membeli HP Bekas dengan Benar yang Berkualitas Agar Tak Tertipu

Seiring berjalannya waktu, perkembangan sebuah teknologi semakin lebih canggih dari sebelumnya dan hal itu juga termasuk pada Handphone atau Smartphone. Seperti kita tau, Smartphone di setiap tahunnya mengalami perubahan mulai dari tampilan, fitur, dan spesifikasi didalamnya dan itulah yang menyebabkan kita muncul keinginan berganti dari Smartphone lama kita ke model HP Smartphone terbaru. Hal tersebut memanglah wajar, namun apa jadinya jika kita ingin beralih mengganti Smartphone lama kita ke Smartphone yang terbaru tetapi kita tidak mempunyai uang yang cukup?. Nah, maka solusi terbaiknya adalah membeli HP Smartphone bekas atau Second.
tips membeli hp bekas dengan benar yang berkualitas
Membeli Handphone bekas atau second juga bukan jadi hal mudah karena biasanya terdapat penipuan dan pastinya akan merugikan kita sendiri sebagai pembeli. Apalagi, jika pembeli tersebut kurang faham tentang Handphone. Maka dari itu, di artikel kali ini aku akan membagikan cara atau tips saat membeli Handphone atau Smartphone bekas berkualitas dengan benar agar tidak kena tipu. Tips ini pastinya akan berguna sekali bagi kalian yang sedang ingin membeli HP Smartphone bekas atau second dari grup Facebook atau lainnya agar tidak menyesal di kemudian hari. Tanpa lama-lama lagi langsung saja berikut tipsnya.

1. Tanyakan ke penjual tentang kelengkapan dan kondisi Handphone

Sebelum melakukan transaksi pembelian, alangkah baiknya kalau kita tanyakan dulu soal Handphone bekas atau second yang ingin kita beli. Misalnya tanyakan harga, kelengkapan, dan juga kondisi minusnya HP Smartphone tersebut. 

2. Perhatikan harga sebelum membeli

Sesudah kita menanyakan ke penjual tentang harga, kondisi, dan kelengkapan. Sebaiknya kita perhatikan harga sebelum membeli apakah wajar atau tidak. Wajar yang ku madsud disini ialah harga HP Smartphone yang dijual tersebut terlalu murah dibanding dengan harga yang ada di pasaran atau justru lebih mahal dari pasaran. Nah, untuk melihat harga bekas pasaran HP Smartphone tersebut bisa kita lihat di internet.

3. Ajak teman atau saudara yang lebih faham tentang Handphone

Bila kita tak tau atau tidak terlalu faham tentang Handphone bekas, sebaiknya kita mengajak teman atau saudara kita yang lebih faham tentang Handphone. Hal itu bertujuan agar kita dapat terhindar dari penjual yang tidak jujur, seperti bilangnya Handphone yang dijual tersebut lancar tidak ada minus atau kendala, tetapi setelah dibeli dan dicoba dipakai dirumah ternyata Handphone yang dibeli tersebut banyak minusnya.

4. COD di rumah penjual

Bila kita ingin membeli HP Smartphone bekas atau second dari grup Facebook, sebaiknya COD di rumah penjual wajib dilakukan. Karena kalau kita melakukan transaksi di tempat umum atau di jalan yang dikhawatirkan ada resiko terkena penipuan atau kejadian yang kita tidak inginkan dan kalau tau rumah si penjual kan ntar bisa ke rumahnya kalau mau komplain.

5. Cek bagian fisik luar Handphone terlebih dahulu

Pastikan cek terlebih dulu bagian fisik HP Smartphone tersebut apakah banyak lecet atau tidak dan juga lihat layarnya retak atau tidak. Kalau kita lihat terlalu banyak lecetnya dan layarnya retak, sebaiknya kita mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli.

6. Mengecek segel Handphone

Setelah mengecek fisik luar, kita harus mengecek segel pada HP Smartphone tersebut juga. Cara mengeceknya mudah kok, yaitu dengan cara membuka casing terlebih dahulu dan baterai. Kemudian, kita lihat bautnya apakah masih lengkap atau ada yang hilang dan pastikan tidak ada bekas solderan pada HP Smartphone tersebut, serta jangan ragu saat bertanya ke penjual apakah HP Smartphone tersebut pernah rusak atau di servis.

7. Cek IMEI pada Handphone

Mengecek IMEI juga penting karena ini juga penentu apakah HP Smartphone yang ingin kamu beli tersebut legal atau malah ilegal. Takutnya ntar HP Smartphone yang ingin kamu beli itu ilegal kan jadinya gawat soalnya sekarang udah ada peraturan IMEI.

8. Cek juga kondisi dan fitur Handphone

Ini yang paling penting yaitu cek kondisi dan fitur HP Smartphone yang ingin kamu beli agar tau bagian minus Handphone tersebut. Kamu melakukan cek mulai dari tombol home, back, volume up dan down, kamera belakang dan depan serta flash, speaker, microphone, bluetooth, wifi, GPS lokasi, sinyal dan jaringan data internet, dan pastikan HP belum di root untuk cara ceknya dengan menginstal aplikasi cek root yang ada di Playstore, setelah dirasa cukup baik kita ke tahap cek selanjutnya. 

Tahap selanjutnya adalah kita coba pasangkan headset ke HP Smartphone tersebut dan dengarkan musik apakah keluar suara di headset tersebut dengan baik atau tidak. Setelah itu, pasang kartu sim dan kartu memori lihat apakah terdeteksi dengan baik atau tidak. Kemudian, coba charger Handphone tersebut apakah bisa masuk dan berjalan normal atau tidak. Setelah mengecas Handphone tersebut, kita liat atau tanyakan ke penjual apakah baterai Handphone masih original bawaan Smartphone atau sudah diganti.

9. Minta garansi dari penjual

Setelah kita sudah mengecek kondisi dan fitur pada HP Smartphone bekas atau second tersebut dan hasilnya semua normal atau sesuai yang kita inginkan, maka kita akan berkeinginan untuk membeli Handphone bekas atau second tersebut. Nah, sebaiknya kamu jangan pernah ragu untuk meminta garansi dari penjualnya Handphone bekas tersebut, tujuannya ialah agar jika beberapa hari kemudian setelah membeli HP Smartphone bekas tersebut terdapat masalah saat digunakan, maka kita dapat mengembalikan Handphone tersebut ke penjual dan meminta uang kamu kembali.

10. Membatalkan transaksi jika Handphone tidak sesuai 

Jika pas mengecek HP Smartphone tersebut dan hasilnya tidak sesuai yang kamu inginkan atau ternyata banyak minus, saran aku sih sebaiknya batalkan saja dan jangan pernah ragu untuk membatalkan transaksi. Kalau kamu tetap memaksakan untuk membeli Handphone tersebut, nantinya di kemudian hari kamu akan merasa menyesal karena telah membeli Handphone bekas tersebut.

Nah cukup sekian yang bisa aku sampaikan mengenai tips membeli Handphone bekas atau second dari grup Facebook atau lainnya dengan benar agar tidak tertipu dan tidak menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel