6 Aplikasi Ini Dapat Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Ketika kita menggunakan komputer atau laptop dan tidak secara sengaja kita menghapus data penting pastinya kita akan tetap santai dan tenang, karena Windows di laptop atau komputer sudah dilengkapi dengan fitur atau aplikasi yang bernama Recycle Bin.

Fitur yang ada di aplikasi tersebut sangat berguna bagi penggunanya, karena Recycle Bin akan langsung menyimpan file-file seperti dokumen, foto, video, atau lainnya yang telah dihapus penggunanya secara otomatis, sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk mengembalikan file-file yang terhapus tersebut. Namun apa jadinya jika file penting milik kita terhapus secara tidak sengaja di HP Android dan bagaimana cara mengembalikan file atau data penting yang terhapus di HP Android?.

aplikasi android yang dapat mengembalikan file terhapus
Gambar dari Gizbot.com
Seperti kita tau, di Android tidak dilengkapi dengan sebuah aplikasi atau fitur Recycle Bin yang ada di Windows, sehingga ketika penggunanya telah menghapus file di perangkatnya ya otomatis file itu akan hilang selamanya dan tidak bisa dikembalikan atau dipulihkan. Namun, sekarang kalian tak perlu khawatir akan hal itu, soalnya di artikel kali ini aku akan membagikan 6 rekomendasi aplikasi Android yang mempunyai fitur hampir sama seperti Recycle Bin, yaitu dapat memulihkan file atau data yang telah dihapus oleh penggunanya. Penasaran apa saja aplikasi Android yang mempunyai fitur mirip Recycle Bin tersebut? langsung saja kita simak di bawah ini.

1. Dumpster

Dumpster merupakan salah satu aplikasi yang aku rekomendasikan untuk kamu install dan berguna untuk memulihkan file, video, dan foto yang tidak sengaja kamu menghapusnya dengan cara yang mudah. Menariknya, aplikasi ini juga mampu mengembalikan aplikasi Android yang terhapus. Selain itu, aplikasi ini dapat berjalan dengan tidak memerlukan ROOT dan koneksi internet.

2. Recycle Master

Recycle Master ialah aplikasi yang dapat mencadangkan secara otomatis file yang ada di perangkat kita setelah aplikasi ini diinstal dan di aplikasi ini juga terdapat fitur yang melakukan pembersihan semua file cadangan yang tidak kita pulihkan secara otomatis dengan durasi jangka waktu.

3. DiskDigger Photo Recovery

Dari namanya saja kita langsung mengira aplikasi ini fungsinya untuk memulihkan foto kita yang telah terhapus saja. Namun, ternyata aplikasi ini juga dapat mengembalikan file-file lainnya selain foto yang telah terhapus di HP Androidmu.

4. Es File Explorer 

Selain fitur manajemen file yang sangat bagus, Es File Explorer juga mempunyai fitur didalamnya yang berfungsi untuk memulihkan file-file yang hilang karena terhapus di Android. Cara untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah dengan membuka bagian menunya yang sebelah kanan dan klik mode on di opsi atau pilihan Recycle Bin.

5. GT Trash

GT Trash adalah aplikasi yang mempunyai fungsi yang mirip seperti Recycle Bin, yaitu dapat menyimpan file-file yang telah kamu hapus dan juga mampu memulihkan semua file-file di perangkat Android yang telah terhapus dengan mudah dan tidak perlu dengan cara yang terbilang repot.

6. File Commander

File Commander ialah sebuah aplikasi pengelola file yang mempunyai banyak fitur untuk mempermudah pengguna yang menginstalnya. Selain itu, didalam aplikasi File Commander juga terdapat fitur yang fungsinya untuk mengembalikan atau memulihkan file yang telah terhapus dengan mudah.

Jadi, itulah 6 aplikasi Android rekomendasi yang mempunyai fitur mirip dengan Recycle Bin. Dengan menginstal aplikasi tersebut, tentunya ketika kita tidak sengaja menghapus file-file penting di HP Android kita dapat memulihkan atau mengembalikan file-file tersebut dengan cara yang terbilang sangat mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel