Mengenal 18 Fitur Baru Canggih dan Keren di Android 10 yang Wajib Diketahui

Di artikel yang aku tulis kali ini membahas tentang fitur-fitur baru di Android 10. Seperti kita tau, Android 10 akhirnya telah dirilis oleh Google pada tanggal 3 September 2019 lalu, dengan fitur-fitur yang terbilang lebih canggih dan lengkap dari versi Android sebelumnya.

mengenal fitur baru dan canggih android 10
Gambar dari Technologue.id
Pada awalnya fitur-fitur Android 10 hanya dapat dinikmati dan digunakan di Smartphone Google Pixel. Namun pada akhirnya, Smartphone selain Google Pixel juga bisa mendapatkan update Android 10 dan dapat menikmati fitur-fitur yang tersedia. Pengen tau apa saja fitur-fitur canggih di Android 10? berikut 18 fitur baru yang hadir di Android 10 yang wajib kalian ketahui.

1. Smart Reply

Adanya Smart Reply atau Balas Cerdas di Android 10 memudahkan kalian saat membalas pesan atau chat masuk dari seseorang. Pada fitur ini Androidmu akan menampilkan opsi balas cepat yang dapat kita pilih. Selain itu, jika kamu menerima pesan atau chat dari seseorang berisi alamat, maka otomatis kamu menerima konfirmasi berupa shorcut untuk membuka google maps.

2. Dark Mode

Dark Mode atau bisa disebut juga dengan Tema Gelap akhirnya dihadirkan di Android 10. Kelebihan dari fitur ini ialah dapat membuat perangkat Android tampilannya menjadi lebih jelas di malam hari dan lebih hemat baterai karena tampilan cahaya yang dikeluarkan di mode ini lebih rendah dari tampilan biasanya.

Selain itu, tampilan warna gelap yang di mode ini juga membuat mata kalian menjadi lebih nyaman dan tidak cepat lelah saat menatap layar Androidmu, meski saat itu kamu berada di kondisi yang minim atau sedikit cahaya.

3. Navigasi Gestur Swipe Bar Baru

Jika di Android sebelumnya terdapat tiga tombol navigasi di bawah, yaitu recent apps, home, dan back. Kini, di Android 10 digantikan oleh tombol navigasi yang berbentuk garis lebih tipis dan nggak besar kayak sebelumnya, bahkan terlihat hilang di tampilan pada home screen. Ketika kita swipe up dari home maka akan terbuka daftar aplikasi Smartphone dan jika kita masuk ke sebuah aplikasi terus kita swipe up maka akan diarahkan kembali ke home.

Selain itu, jika kamu swipe ke kiri atau ke kanan kita bisa beralih aplikasi dengan cepat dan jika kita ingin membuka recent apps kita tinggal swipe up dan tahan aja, serta jika kita swipe di pojok kiri maupun kanan bawah saat di home, Android kita langsung menampilkan google assistant.

4. Icon Baru

Jika kita perhatikan di Android 10 icon di baterai, sinyal, dan wifi sekarang terdapat border jadi memudahkan kita untuk melihat levelnya dibandingkan di Android versi-versi sebelumnya yang tidak ada border.

5. Notifikasi Hening

Kalian bisa mengatur Androidmu agar hanya menampilkan pemberitahuan dari aplikasi yang kalian inginkan saja karena kamu dapat mengatur notifikasi Androidmu dengan mudah, seperti mengatur layar agar tidak tiba-tiba hidup dan menghilangkan suara pada Androidmu agar tidak berbunyi ketika ada notifikasi yang masuk. Nah, dengan adanya fitur ini kamu jadi dapat lebih tenang dan santai dengan banyaknya notifikasi yang masuk di Androidmu.

6. Notifikasi Musik

Jika kalian senang dengerin musik saat santai maupun saat melakukan pekerjaan di Androidmu. Kini kalian lebih mudah mempercepat atau mengulangi musik yang kalian putar, karena di notifikasi di Android 10 menampilkan playback progress musik yang sedang kalian putar. Selain itu, jika kalian sedang memutar musik, di background tombol kunci Androidmu tampilannya akan ngeblur menyesuaikan dengan album musik yang sedang diputar.

7. Focus Mode

Focus Mode termasuk salah satu fitur menarik yang ada di Android 10. Kalau kamu aktifkan fitur ini di pengaturan, maka Androidmu tidak akan menampilkan notifikasi-notifikasi yang masuk. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat lebih fokus, serius dan lebih konsentrasi saat sedang mengerjakan tugas ataupun disaat bekerja.

8. Perkiraan Baterai

Ketika kita swipe dari atas ke bawah atau biasanya yang menampilkan notifikasi yang diatas itu, nanti akan muncul pemberitahuan detail perkiraan waktu kapan baterai Android akan habis. Walaupun pemberitahuan tersebut hanya perkiraan saja, tapi setidaknya fitur pada Android 10 ini juga berguna bagi kalian yang sedang berada di luar rumah.

9. Pengaturan Battery Saver

Setelah ada fitur perkiraan baterai, kini terdapat juga fitur pengaturan baterry saver. Kamu dapat mengatur baterry saver Androidmu di pengaturan yang lebih cerdas karena disitu terdapat pilihan, yaitu mengaktifkan otomatis baterry saver berdasarkan rutinitas dan akan aktif sesuai dengan rutinitas charging Androidmu. Selain itu, juga terdapat pilihan Battery Saver akan otomatis mati jika baterai Androidmu yang di charge sudah mencapai angka 90%.

10. Emoji baru

Terdapat 200 lebih emoji baru yang ada di Android 10 dan terdapat juga emoji gender. Jadi dengan adanya emoji gender, kamu bisa gunain sesuai gender saat kamu mengirim pesan atau chat ke seseorang agar menjadi lebih menarik.

11. Sound Amplifier

Sound Amplifer di Android 10 berfungsi agar mengurangi kebisingan lingkungan sekitar dan membuat suara yang lebih jernih, serta membuat diri kalian menjadi lebih nyaman karena kan jadi lebih fokus dan gak terganggu dengan kebisingan lingkungan sekitar. Caranya, cukup aktifkan saja fitur ini di pengaturan agar kamu bisa mendengar suara yang terdengar lebih jelas di earphone atau headphone, tanpa harus kalian naikan volume di Smartphonemu.

12. Live Caption

Fitur Live Caption termasuk fitur cerdas di Android 10 karena fitur ini dapat menampilkan teks atau caption yang biasa kita sebut subtitle pada video yang kita tonton secara otomatis dan real time. Lebih keren lagi, fitur Live Caption juga aktif tanpa memerlukan koneksi internet.

13. Privasi

Selain dari segi tampilan, privasi di Android juga lebih aman dan terlindungi dibandingkan dengan versi sebelumnya. Selain itu, pengaturan privasi jauh lebih ketat sehingga keamanan menjadi lebih terjamin dan aman karena kalian juga bisa mengakses opsi atau pilihan kontrol aktivasi aplikasi dan akses kontrol lainnya.

14. Update Sistem Keamanan Lebih Cepat

Di Android 10 selain kita dapat kontrol privasi, kita juga dapat melakukan pembaruan atau update sistem keamanan secara rutin melalui Google Play Store. Jadi kita bisa memperbarui dengan lebih mudah dan cepat layaknya seperti saat kita sedang memperbarui aplikasi.

15. Family Link Update

Saat ini banyak anak kecil sudah menggunakan Smartphone karena mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, para orang tua harus terus memantau dan mengawasi anaknya dalam melakukan aktivitas menggunakan Smartphone. Dengan adanya fitur Family Link, para orang tua dapat dipermudah untuk mengontrol aktivitas anak saat menggunakan Smartphone, mulai dari lokasi anak, mengatur jadwal anak dalam menggunakan Smartphone dengan cara mengunci Smartphone anak dari jarak yang jauh, mengetahui berapa lama anak dalam mengakses sebuah aplikasi, hingga dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang digunakan anak.

16. App Permission

App Permision di Android 10 fungsinya untuk memberikan izin yang lebih ketat sementara terhadap aplikasi yang ingin mengakses fitur-fitur tertentu pada Smartphone, mulai dari dari kamera, rekam audio, dan data lokasi. Nah, kalian dapat atur fitur tersebut dengan cara memilih pilihan akses, yaitu setiap waktu, hanya ketika aplikasi tersebut kamu gunakan, dan tidak pernah memberi akses sama sekali.

17. Bisa Ubah Tampilan Theming

Di Android 10 kamu dapat mengatur warna aksen, font, dan juga bentuk icon yang bisa diubah dengan mudah di pengaturan. Terdapat banyak pilihan dan kalian hanya tinggal memilih sesuai selera masing-masing pada diri kalian, agar tampilan Androidmu menjadi lebih menarik dibandingkan dengan sebelumnya.

18. Berbagi Jaringan Wifi Lewat Scan Code

Kamu tidak perlu lagi berbagi jaringan wifi dengan menggunakan password atau bagi password di Android 10, karena kamu bisa berbagi jaringan wifi ke keluarga, teman, pacar, atau seseorang dengan mudah cukup hanya menggunakan scan code QR dan otomatis Smartphone milik keluarga, teman, pacar, atau seseorang langsung terkoneksi. Selain itu, kalian juga dapat membagikan koneksi jaringan wifi yang saat ini terhubung ke Smartphone atau yang kamu gunakan juga hanya lewat scan code QR.

Cukup sekian yang bisa aku sampaikan di artikel ini mengenai 18 fitur-fitur baru canggih dan keren di Android 10 yang wajib diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan dengan aku menulis artikel ini kalian bisa mengenal atau mengetahui fitur-fitur baru canggih yang ada di Android 10 dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel