7 Cara Ampuh Membersihkan Layar Android yang Tergores dan Kotor

Hampir setiap hari kamu selalu membutuhkan Smartphonemu untuk mempermudah di kehidupan kalian, seperti memudahkan untuk melakukan pekerjaan, mengerjakan tugas sekolah, dan berkomunikasi. Hal tersebutlah membuat kamu akan membawa Android milikmu kemana saja dan meletakan Smartphonemu ke dalam kantung celana ketika berpergian.

cara ampuh membersihkan layar android tergores
Gambar dari Cnet.com
Jika kamu lakukan hal tersebut terus menerus akan berdampak layar Android kesayanganmu menjadi tergores. Dengan munculnya goresan, akan membuat kamu menjadi terganggu atau tidak nyaman ketika melihat layar Smartphone Androidmu. Apalagi, jika goresan di layar Androidmu itu ketika terlihat tergores sedikit tidak cepat kamu atasi, pastinya lama-kelamaan akan membuat layar LCD Smartphonemu menjadi rusak dan harga untuk mengganti layar LCD lama Androidmu dengan layar LCD yang baru tidaklah murah harganya. Maka dari itu, di artikel kali ini aku akan membagikan beberapa tips atau cara ampuh membersihkan layar android yang tergores.

Selain itu, aku juga memberikan cara yang berguna untuk membersihkan layar android yang kotor, terkena debu dan lainnya karena kamu gunakan selalu dimanapun tempatnya. Oh iya, saran aku sih matikan dulu Smartphone ketika membersihkan layar agar tidak terjadi hal-hal yang tak kalian inginkan. Nah, tanpa lama-lama lagi berikut tipsnya yang bisa kamu praktekan untuk layar Smartphone Androidmu.

1. Bersihkan Dengan Kain Lembut

Cara yang satu ini bukanlah cara untuk menghilangkan goresan, tetapi cara ini berguna untuk membersihkan layar androidmu dari kotoran, bekas sidik jari, dan juga debu yang menempel dengan praktis.

Alasan aku merekomendasikan gunakan kain yang lembut ialah karena kain yang memiliki tekstur lembut pastinya ketika digunakan untuk mengosok atau membersihkan tidak akan mengakibatkan goresan pada layar Smartphone. Jadi, pilihlah kain yang lembut ketika membersihkan layar Androidmu dan jangan asal-asalan dalam memilih tekstur kain.

2. Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain bisa digunakan untuk tubuh kita, minyak kayu putih juga ternyata dapat berguna untuk membersihkan layar Androidmu yang kotor atau ada goresan. Caranya cukup mudah sekali, yaitu dengan cara meneteskan sedikit tetes saja minyak kayu putih ke kain yang lembut dan langsung gosok ke layar Smartphone kamu dengan perlahan atau halus sampai benar-benar rata.

3. Gunakan Cairan Spray Khusus Pembersih Layar LCD

Cara yang satu ini juga aku rekomendasiin untuk membersihkan layar Smartphonemu soalnya didalam cairan tersebut terdapat bahan-bahan khusus yang berfungsi membersihkan layar LCD dengan efektif dan aman.

Caranya membersihkannya juga mudah dipraktekan, yaitu dengan cara menyemprotkan kain dengan cairan khusus pembersih layar, lalu gosok dengan halus ke layar LCD Smartphonemu. Kalau kamu susah menemukan cairan khusus pembersih layar lcd di sekitar tempat tinggalmu, kamu bisa kok membelinya di toko-toko online.

4. Gunakan Karet Penghapus Pensil

Selain dapat digunakan menghapus tulisan pensil, ternyata karet penghapus juga dapat digunakan untuk membersihkan goresan pada layar Smartphone. Selain itu, karet penghapus pensil juga bisa dipakai untuk membersihkan ram pada komputer atau laptop, kuningan di kartu sim, motherboard, dan komponen alat-alat elekronik lainnya.

Cara untuk menggunakanya juga mudah untuk dipraktekan yaitu dengan cara mengesek atau mengosokan karet penghapus ke goresan layar Smartphone dengan hati-hati dan halus atau jangan kasar agar tidak membuat layar Smartphonemu malah menjadi lebih tergores.

5. Gunakanlah Cotton Bud 

Cotton Bud selain dapat digunakan untuk membersihkan telinga kita, alat ini juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan layar Smartphonemu. Soalnya Cotton Bud mempunyai kapas yang terbilang lembut, sehingga tidak menimbulkan goresan ketika digesekan di layar Smartphone. Selain itu, Cotton Bud juga dapat membersihkan bagian layar Smartphone yang susah dibersihkan atau dijangkau jika menggunakan kain.

6. Gunakan Tisu Basah

Kalian juga dapat menggunakan tisu basah untuk membersihkan layar Smartphone kamu, karena didalam tisu basah ini terdapat cairan antiseptik sehingga bukan hanya membersihkan layar dari debu, kalian juga membersihkan layar Smartphonemu dari bakteri yang menempel. Cara ini dapat berfungsi lebih efektif lagi jika kamu gabungkan dengan cara sebelumnya, yaitu menggunakan Cotton Bud yang fungsinya untuk membersihkan area layar Smartphone yang sulit dijangkau, sehingga akan membuat layar Androidmu menjadi lebih bersih.

7. Gunakan Lakban

Lakban yang kalian gunakan perekat benda, ternyata dapat kalian gunakan untuk membersihkan layar Smartphone Androidmu. Soalnya lakban mampu mengangkat kotoran atau debu yang menempel di layar Androidmu dengan mudah dan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Cara untuk menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan cara mengunting beberapa lembaran lakban sesuai ukuran layar Smartphone dan kemudian tempel lembaran lakban tadi ke layar Smartphone kalian. Tunggu beberapa menit, kemudian cabut secara perlahan atau hati-hati lembaran lakban yang sudah merekat di Smartphone kalian. Hasilnya, kotoran atau debu yang menempel di layar Androidmu akan terangkat dan berpindah ke lembaran lakban tadi.

Sekian tips atau cara membersihkan layar Smartphone Android yang tergores dan kotor dengan mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan saran aku sih gunakan tempered glass atau pelindung layar di Smartphone kalian agar mencegah layar Androidmu dari goresan kecil atau parah dan juga retak ketika Smartphone kalian jatuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel