9 Perubahan Terbaru Game Clash Of Clans Usai Lama Tidak Memainkannya

Game Clash Of Clans atau disebut juga dengan COC merupakan game yang sangat fenomenal pada masanya atau di beberapa tahun yang lalu. Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memainkan game ini.

Seperti kita tau, Game yang bergenre strategi memanglah dikenal membosankan, tetapi Clash Of Clans sangat menantang dan bikin kecanduan bagi orang yang memainkannya. Apalagi semua teman kita juga memainkan game ini, pastinya kita akan terpengaruh juga dan ikut memainkan Clash Of Clans. Aku sendiri sebenarnya tidak begitu suka dengan game strategi karena beberapa game yang aku coba mainkan gamenya agak susah menurutku. 

Nah setelah munculnya game Clash Of Clans dan banyak orang memainkannya, itulah yang membuatku ikutan memainkan game ini. Hal yang paling menurutku menarik dari game tersebut ialah bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri di global chat dan bisa membuat ataupun bergabung dengan klan, serta yang paling seru bisa ikut dalam war klan bersama anggota klan yang menuntut semua yang ikut war kompak atau berusaha untuk mendapat bintang yang lebih banyak dari klan lawan agar meraih kemenangan.

Sayangnya, Game Clash Of Clans akhir-akhir ini mengalami penurunan pemain atau ditinggalkan oleh pemain lamanya setelah munculnya game-game baru seperti Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan PUBG Mobile. Hingga pada akhirnya, aku juga coba mencoba memainkan game-game tersebut hingga lama gak memainkan game Clash Of Clans.

Setelah sudah lama tidak memainkan game Clash Of Clans, akhirnya aku pun mencoba menginstal kembali game tersebut.

Ternyata banyak sekali perubahan-perubahan besar di game ini. Perubahan-perubahan tersebut membuat game Clash Of Clans menjadi semakin lebih seru dari sebelumnya dan dan disisi lain perubahan-perubahan ini membuat aku menjadi bingung bagaimana cara memainkan Clash Of Clans yang sekarang, mungkin efek aku lama tidak memainkannya jadi bingung cara bermainnya hehehe. Nah dibawah ini aku akan membahas perubahan-perubahan Clash Of Clans setelah lama aku tidak memainkannya.

1. Mode Malam

mode malam game clash of clans
Dulu fitur ini sangat ditunggu-tunggu oleh para Clasher (sebutan pemain Clash Of Clans) yang membicarakan fitur ini. Sekarang fitur ini pun sudah terwujud, walaupun mode malam yang dimaksud para pemain adalah ketika malam hari base nya ikut malam, setidaknya dengan adanya fitur ini pemain bisa merasakan Clash Of Clans dalam mode malam.

Dengan hanya pencet kapal maka akan berubah mode siang ke malam begitu juga sebaliknya dengan cepat. Selain itu, di mode malam ini juga ada bangunan menarik yaitu salah satunya penambang gems yang dulu juga diinginkan para pemain Clash Of Clans.

2. Town Hall level 12

town hall 12 game clash of clans
Awal rilis, Town Hall di game Clash Of Clans hanya sampai ke level 8, Tetapi sekarang sudah ada update sampai level 12 yang berwarna biru. Adanya update pada Town Hall membuat bangunan lain juga menambah level maksimalnya, seperti Canon yang sekarang level maksimumnya level 16, Archer tower maksimum level 16, tembok maksimum level 13 dll.

3. Pasukan Baru 

electro dragon game clash of clans
Untuk pasukan baru, bernama Electro Dragon atau dalam Bahasa Indonesia berarti Naga Elektro. Naga jenis ini hampir sama dengan naga yang lama atau keluar api. Perbedaanya semburan listriknya Electro Dragon memantul ke bangunan yang lain dan ketika mati mengeluarkan petir seperti saat menggunakan spell petir.

Nah, tentunya naga elektro jadi lebih cepat menghancurkan bangunan-bangunan pertahanan musuh dibandingkan dengan naga yang lama. Untuk bisa menggunakan pasukan ini barracks kamu minimal harus di upgrade sampai level 13 dan untuk dapat upgrade barrack ke level 13 tersebut Town Hall diharuskan minimal level 11.

ice golem game clash of clans
Selain Electro Dragon, ada juga pasukan yang lainnya, yaitu Ice Golem yang sangat bagus digunakan untuk dijadikan tank pertahanan bagi pasukan ataupun hero kita. karena setiap golem es menyentuh bangunan entah itu tembok atau alat pertahanan musuh langsung akan membeku dan ketika golem ini mati akan ada efek membeku pada area. Untuk bisa memakai hero ini syarat nya sama seperti Electro Dragon, hanya saja yang di upgrade ialah dark barracks ke level 8.

4. Spell Baru

spell baru bat spell game clash of clans
Selain kedua pasukan baru tersebut ada juga spell baru, yaitu Bat Spell. Spell ini mirip dengan Skeleton Spell, hanya saja yang keluar dari Bat spell merupakan kelelawar yang menyerang dari udara. Syarat untuk bisa memakai atau mendapakatkan spell ini ialah dengan mengupgrade Dark Spell Factory sampai ke level 5.

5. Bangunan Baru

bangunan baru game clash of clans
Workshop merupakan bangunan untuk membuat mesin yang digunakan untuk menyerang base musuh agar menjadi lebih mudah. Kini, di game Clans Of Clans kita tidak hanya menyerang pertahanan musuh dengan pasukan, hero dan spell doang, Tapi juga ada mesin yang membantu. Terdapat dua jenis mesin yaitu darat dan udara, wah tentunya dengan ada update an ini kita bisa menyerang base lawan dengan semakin mudah.

6. Barang Sihir

barang sihir game clash of clans
Sekarang ada barang sihir di game Clash Of Clans, yaitu berbagai barang yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk mempermudah permainan. Untuk mendapat barang sihir hanya bisa didapatkan dengan membeli dengan gems atau permainan klan. Selain itu, barang sihir ini sendiri membuat Clash Of Clans menjadi mudah untuk dimainkan.

7. Ada Berbagai Acara

berbagai acara game clash of clans
Ada banyak sekali acara-acara di Clash Of Clans sekarang. seperti diskon hero, diskon spell, hadiah perang klan yang dilipat gandakan, setelah menyelesaikan misi yang diberikan dan masih banyak lainnya. Hal ini semakin membuat para pemain bersemangat untuk memainkan game Clash Of Clans karena acara-acara ini sangat menguntungkan bagi para pemain.

8. Ganti Nama Pakai Gems

ganti nama pakai gems clash of clans
Dulu pemain hanya diberikan 1 kali kesempatan untuk mengganti nama. Nah, sekarang ganti nama bisa selalu dilakukan setiap 7 hari dengan membayar 500 gems atau jika ingin mengganti nama lagi harus membayar gems kelipatan. Jadi tak perlu khawatir lagi soal nama yang jelek atau tidak pantas karena sekarang cukup mudah untuk mengganti nama.

Berbeda dengan yang dulu, jika akun milik kita sudah pernah ganti nama, harus mohon ijin secara pribadi atau kirim pesan ke Supercell agar bisa ganti nama itupun kadang juga disetujui dan kadang juga tidak disetujui oleh Supercell.

9. Level Maksimum Hero Dan Pasukan Meningkat

level maksimum hero dan pasukan clash of clans
Ada banyak pasukan yang levelnya meningkat dan juga hero ada peningkatan level, Barbarian King dan Archer Queen level maksimalnya 60 dan Grand Warden level maksimalnya 30. Balon sendiri sekarang di level maksimumnya kembali berwarna merah. Jadi teringat masa lalu ketika aku dulu yang balonnya masih merah hehehe.

Meski banyak pemain COC menganggap level pasukan dan hero yang terus update harganya semakin mahal, di sisi lain juga jika level pasukan dan hero di game Clash Of Clans semakin tinggi maka pasukan dan hero akan semakin kuat untuk menghancurkan pertahanan base musuh dengan mudah.

Mungkin dengan perubahan-perubahan terbaru pada game Clash Of Clans dari Supercell ini dapat menarik pemain lama agar bisa kembali memainkan game tersebut. Cukup sekian yang bisa aku sampaikan tentang perubahan-perubahan terbaru game Clash Of Clans setelah lama tidak memainkan game ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis dan sampai juga lagi di artikel-artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel