7 Cara Mempercepat Charging HP Android yang Tidak Dilengkapi Fitur Fast Charging

HP Android merupakan sebuah perangkat elektronik yang sudah menjadi alat yang paling berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti yang dapat kita rasakan, sehari saja tanpa memegang HP Android kita akan merasa sangat bosan dan bingung hal apa yang akan kita lakukan jika banyak waktu luang dan pekerjaan sudah diselesaikan.
cara mempercepat proses charging android
Namun, ada salah satu hal permasalahan pada perangkat Smartphone Android yaitu baterai Smartphone Android yang cepat habis atau boros jika kita gunakan terus menerus untuk memainkan game dan membuka sosial media, mendengarkan musik, dll. Hal tersebut sendiri disebabkan oleh sedikitnya kapasitas pada baterai Smartphone Android yang telah tertanam di Smartphone kita.

Tentu, sebagian pengguna Smartphone akan mengeluh tentang hal tersebut, karena kita akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencharger atau mengisi ulang daya Smartphone. Apalagi, kalau Smartphone Android yang kita miliki saat ini tidak dilengkapi fitur fast charging.

Nah, yang jadi pertanyaan atau sering ditanyakan banyak orang ialah bagaimana cara mempercepat proses charging HP Android yang tidak dilengkapi fitur fast charging? maka dari itu, kali ini aku akan memberikan tips untuk mempercepat pengisian daya baterai Smartphone kalian. Berikut beberapa tips yang aku bagikan dibawah ini.

1. Aktifkan Mode Pesawat

aktifkan mode pesawat
Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Dengan mengaktifkan mode pesawat saat kita sedang melakukan pengisian daya baterai akan membuat HP Android menjadi lebih maksimal saat pengisian baterai. Tentunya, Smartphone kita akan menjadi lebih efektif dan akan cepat penuh saat pengisian baterai.

2. Matikan Smartphone Saat di Charge

matikan smartphone saat di charge
Selain mengaktifkan mode pesawat, cara yang satu ini bisa kamu coba juga dan tips ini sudah banyak dilakukan oleh banyak pengguna Smartphone saat melakukan proses charger. Tipsnya ialah kamu harus mematikan Smartphone saat melakukan pengisian baterai, maka semua aktivitas aplikasi Smartphone yang berjalan pada background akan berhenti secara otomatis, sehingga saat pengisian baterai Smartphone kamu akan menjadi semakin lebih cepat penuh.

3. Gunakanlah Charger Dengan Tegangan yang Lebih Besar

gunakanlah charger dengan tegangan yang besar
Menggunakan charger dengan tegangan atau ampere yang lebih tinggi akan mempercepat pengisian daya baterai Smartphone, dibandingkan menggunakan charger bawaan HP Android. Apalagi, jika charger bawaan HP Android kamu hanya 1 ampere saja. Tentunya, dengan menggunakan charger yang 2 Ampere saat charging, maka Smartphone kita akan lebih cepat terisi. Namun inilah hal wajib yang perlu kamu perhatikan, yaitu jika membeli charger untuk Smartphone kita usahakan yang ori dan bukan KW atau abal-abal.

Walaupun harga charger yang ori jauh lebih mahal dibanding dari harga charger yang KW, tetapi tetaplah kamu untuk membeli charger yang ori karena hal ini berpengaruh besar pada Smartphone kalian. Selain itu, jangan membeli charger baru yang bertegangan terlalu besar karena dapat menyebabkan kerusakan pada HP Android. Saran aku sih, cukup gunakan charger naik 1 ampere saja dari charger bawaan HP Android.

4. Langsung Mencharger Lewat Colokan Sumber Listrik

charger smartphone langsung lewat colokan listrik
Banyak dari para pengguna Smartphone yang tidak mengetahui jika mencharger lewat kabel yang panjang dapat memperlambat proses pengisian daya smartphone. Seperti yang diketahui, semakin jauh listrik di alirkan maka akan semakin sedikit tegangannya. Nah jadi intinya, usahakan untuk mencharger smartphone kamu langsung ke colokan sumber listrik dan jangan lewat kabel yang terlalu panjang.

5. Charger Smartphone di Tempat yang Sejuk

charger smartphone ditempat yang sejuk
Ketika mencharger Smartphone ditempat yang sejuk, maka Smartphone kita akan menjadi lebih dingin, sehingga membuat proses pengisian baterai akan menjadi semakin lebih cepat. Seperti diketahui, mencharger Smartphone ditempat yang panas sangatlah tidak dianjurkan karena sangat berbahaya.

Selain membuat Smartphone kamu menjadi cepat panas, hal ini juga akan memberikan dampak yang buruk pada baterai Smartphone kalian yang bahkan bisa menyebabkan rusak dan parahnya bisa membuat baterai Smartphone kalian menjadi meledak. Mengerikan bukan? nah, maka dari itu mulai dari sekarang saat melakukan pengisian baterai letakan Smartphone kalian di tempat yang sejuk.

6. Jangan Mencharger Smartphone Sambil Digunakan

jangan mencharger smartphone sambil digunakan
Pengguna HP Android yang tidak bisa jauh-jauh atau terlalu lama tidak memegang Smartphone miliknya pasti biasanya akan melakukan charging dengan kondisi Smartphone menyala dan menggunakannya untuk menonton video di Youtube, memainkan game online, membuka sosial media, dll.

Namun hal penting yang perlu kamu ingat, agar proses saat pengisian daya Smartphone semakin cepat, jangan menggunakan Smartphone yang sedang di charger. Tunggulah sampai HP Android kamu terisi penuh barulah menggunakannya.

7. Jangan Tunggu Baterai Smartphone Sampai 0% Baru di Charger

jangan tunggu baterai smartphone habis baru dicas
Banyak pengguna HP Android terlalu asyik menggunakan Smartphone miliknya sampai tidak menyadari jika baterai Smartphone sudah mau habis bahkan, ada yang sampai 0% baru di charger. Nah, kebiasaan ini alangkah baiknya untuk tidak terus menerus dilanjutkan karena ini bisa mengakibatkan kemampuan baterai pada Smartphone kalian bisa menurun dan bisa memperpendek umur baterai pada HP Android kalian, serta yang lebih parah lagi bisa membuat baterai kembung dan rusak. 

Maka dari itulah, jangan tunggu baterai Smartphone mau habis atau sampai 0% barulah di charger. Mungkin awalnya tidak ada efek atau pengaruh apa-apa pada Smartphonemu, namun lama kelamaan nanti akan ada efek atau pengaruhnya. Saran aku sih, mending biasain charger HP Android kamu saat 50% biar baterai Smartphonemu menjadi lebih awet dan maksimal, serta lebih cepat saat melakukan pengisian baterai.

Cukup sekian tips yang dapat aku berikan mengenai 7 cara mempercepat charging HP Android yang tidak dilengkapi fitur fast charging. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel