Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Investasi, Manfaat, Jenis, Contoh, Risiko, dan Tips Aman Berinvestasi

Investasi

Kalian pasti sering kan mendengar kata investasi bahkan kata tersebut tidak asing lagi bagi kalian. Nah ngomong-ngomong soal investasi bagi sebagian orang masih bingung pengertian investasi. Tapi kalian buat yang belum mengetahui apa itu investasi? tenang saja gak usah khawatit, karena di artikel ini aku akan membahas tentang investasi dan juga berbagai hal menarik mengenai investasi, langsung saja yuk simak dibawah ini.

Pengertian Investasi

Buat kalian yang bertanya investasi artinya, investasi adalah atau apa itu investasi? jadi jawabannya ialah investasi merupakan sebuah upaya atau aktivitas menanamkan modal atau menyimpan aset berharga atau uang ke suatu pihak, lembaga, bisa juga ke benda. Tujuannya orang yang menempatkan modal ini atau bisa disebut investor ini akan mendapatkan sebuah keuntungan nantinya di masa mendatang dari meningkatnya nilai aset investasi yang dimiliki seiring berjalannya waktu. 

Lebih mudahnya misalnya gini kalian membeli suatu barang, nah barang yang kalian beli itu nilainya terus bertambah tiap tahun, pastinya di jangka waktu tertentu saat menjual barang pasti kalian dapat keuntungan karena harganya lebih tinggi dari saat kalian membeli dan ini pun bisa disebut investasi.

Manfaat Investasi

Setelah mengetahui pengertian investasi kalian juga harus mengetahui manfaat dari investasi. Seperti kita tau investasi itu memiliki banyak manfaat dan berkut informasinya.

1. Memenuhi Kebutuhan di Masa Mendatang

Mungkin investasi keuntungannya tidak bisa didapatkan langsung, namun dengan berinvestasi di masa sekarang ini nantinya akan mendapatkan passive income untuk memenuhi kebutuhan hidup kalian dalam jangka panjang atau kebebasan finansial di masa depan.

2. Aset Meningkat

Dengan berinvestasi aset yang kalian bisa bertambah. Misalnya aja gini kalian membeli tanah dan dalam jangka waktu beberapa tahun harga tanah akan terus mengalami kenaikan, saat kalian jual di harga yang lebih tinggi tentunya kalian mendapatkan untung dan jumlah aset yang kalian miliki bisa meningkat.

3. Lebih Bisa Mengatur Keuangan

Saat biasanya kalian menghabiskan uang untuk belanja atau hal-hal yang terbilang tidak begitu penting tentunya saat kalian telah mengenal investasi, nantinya kalian akan lebih bisa mengatur keuangan atau jauh lebih hemat. Soalnya pemikiran kalian nanti begini daripada uangnya habis untuk membeli barang-barang tidak terlalu penting ini mending buat investasi aja karena nantinya dapat keuntungan.

Jenis Investasi

Pada umumnya jenis investasi itu terdapat dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Untuk informasinya berikut penjelasannya.

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek ialah investasi yang keuntungannya atau return bisa investor dapatkan dalam waktu kurang dari 3 tahun, sehingga bisa memenuhi kebutuhan dari investor dalam waktu yang terbilang lebih cepat. Namun, investasi jangka pendek keuntungan yang didapatkan jumlahnya lebih kecil.

2. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan investasi yang dapat dinikmati keuntungannya membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu tiga tahun lebih bahkan bisa belasan hingga puluhan tahun. Meski begitu return atau keuntungan yang investor dapatkan jauh lebih banyak daripada investasi jangka pendek. Selain itu, investasi jangka panjang sangat cocok atau bisa digunakan sebagai tabungan untuk kebutuhan di masa depan.

Contoh Investasi

Untuk contoh investasi terbagi dua jenis bentuknya yaitu investasi yang bisa disentuh dan investasi yang gak dapat disentuh. Berikut contohnya:

  • Investasi Properti.
  • Investasi Saham.
  • Investasi Emas.
  • Investasi Reksa Dana.
  • Investasi Obligasi.
  • Investasi Syariah.
  • Investasi Valuta Asing.
  • Investasi Kripto.
  • Investasi Deposito.
  • Dan investasi lainnya.

Risiko Investasi

Jika kalian bertanya apakah berinvestasi ada risikonya atau potensi kerugian? jawabannya ada seperti istilah yang ada semakin tinggi potensi mendapatkan keuntungan saat berinvestasi tentu saja risiko juga besar (high risk high return), tetapi jika potensi mendapat keuntungan rendah maka tingkat risiko juga lebih kecil.

Misalnya seperti hasil keuntungan atau return investasi hasilnya tidak sesuai harapan atau rugi. Seperti saat investasi crypto atau saham dan tiba-tiba suatu saat harga market turun, nah tentunya kalian akan mengalami kerugian jika kalian langsung jual saat harga turun. Saranku jangan langsung panik dan jangan pernah menjual saat harga turun karena hitungannya kalian mengalami kerugian. 

Soalnya dari pengalaman pribadiku sendiri nantinya harga bisa pulih lagi kok dan bahkan bisa naik drastis intinya sabar aja. Maka dari itu selalu gunakan uang dingin atau tidak untuk kebutuhan saat berinvestasi atau cuman berapa persen saja dari uang yang kalian punya jangan semuanya dan jangan sekali-kali makai uang pinjaman untuk berinvestasi biar gak panik atau pusing saat market turun.

Tips Aman Saat Investasi

Sebelum melakukan investasi pastikan kalian telah mengetahui beberapa tips aman saat berinvestasi ini agar kalian tidak mengalami kerugian atau ini bisa menjadi tips menghindari investasi bodong. Berikut tipsnya ada dibawah ini.

1. Pastikan Perusahaan Investasi Telah Memiliki Izin Resmi

Saat kalian mau investasi di suatu perusahaan, orang, ataupun saat ini telah ada aplikasi investasi di Smartphone, pastikan perusahaan, orang, ataupun aplikasi tersebut telah memiliki izin resmi dari lembaga yang berwenang contohnya seperti Bank Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Soalnya jika memiliki izin resmi dapat dipastikan aman atau untuk mengethaui informasi lebih lanjut bisa di cek internet biasanya akan ada ulasannya dan informasi lengkapnya. Tetapi bila tidak mempunyai surat izin resmi apapun dapat dikatakan itu adalah investasi bodong atau ilegal jadi berhati-hatilah.

2. Pilih Investasi Keuntungan Yang Didapat Wajar

Jika kalian ditawari untuk berinvestasi di suatu perusahaan, orang, atau aplikasi yang menawarkan jika berinvestasi disini kamu mendapat untung tinggi sekian persen dalam jangka waktu cepat. Nah jangan sekali-kali percaya karena itu penipuan, bukan mendapatkan untung nantinya malah mendapatkan kerugian karena uang kalian dibawa kabur apalagi sekarang ini udah banyak tuh berita tentang kasus investasi bodong. Jadi saranku berhati-hatilah saat berinvestasi jangan tergiur dengan janji-janji keuntungan tinggi.

Demikian artikel mengenai pengertian investasi, manfaat investasi, jenis-jenis investasi, contoh investasi, risiko investasi, dan tips aman berinvestasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang ada di Septiyan Media.