Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Prospek Kerja Jurusan Astronomi Setelah Lulus Kuliah

Daftar Isi [Tampil]

Prospek Kerja Jurusan Astronomi Setelah Lulus Kuliah - Beberapa orang dari kamu pasti pernah bercita-cita menjadi seorang astronot ketika kecil, bukan? 

Prospek kerja jurusan astronomi
Gambar dari Itb.ac.id

Seringnya, alasan-alasan anak kecil menjadi seorang astronot agar bisa belajar mengenai seluruh benda-benda menakjubkan di luar angkasa. Iya, kan?

Namun setelah dewasa kamu menyadari bahwa belajar astronomi itu tak mudah. Kamu perlu menguasai banyak sekali aspek penting dalam ilmu Astronomi. Di antaranya ada fisika, biologi, kimia hingga evolusi benda-benda.

Karena tak mudah, prospek kerja lulusan Astronomi ternyata sangat menjanjikan loh. Mulai dari menjadi seorang Astronom Profesional hingga menjadi penulis kolom ilmu astronomi.

Kira-kira apa saja prospek kerja jurusan astronomi setelah lulus kuliah nanti?

Inilah 8 prospek kerja astronomi yang bisa menjadi pilihan setelah lulus kuliah.

1. Bekerja Sebagai Komunikator Sains

Buat kamu lulusan Astronomi, kamu ternyata juga berkesempatan untuk menjadi seorang komunikator sains. Pada intinya, ilmu komunikasi sains merupakan ilmu yang diterapkan dalam mengomunikasikan sains kepada publik.

Jika kita amati lebih dalam, banyak kebijakan yang dibuat pemerintah yang berlawanan dengan ilmuwan.

Nah, dalam hal ini para lulusan Astronomi juga dibutuhkan guna menerjemahkan pandangan ilmuwan–sebagai seorang komunikator sains. Tentunya hal tersebut berguna untuk menemukan kebijakan sains yang lebih baik lagi.

2. Menjadi Astronom Profesional

Bagi kamu lulusan sarjana Astronomi dan bercita-cita sebagai seorang astronom handal dan profesional, sebaiknya kamu perlu melanjutkan pendidikanmu hingga doktor.

Selanjutnya kamu bisa meneliti berbagai hal dalam dunia astronomi. Kemudian kamu bisa menuliskan dan menerbitkannya dalam jurnal-jurnal ilmiah. Dengan begitu cita-citamu sebagai seorang astronom profesional akan terwujud!

3. Menjadi Analis Sistem Perangkat Lunak

Kini, banyak sekali perusahaan baik perusahaan swasta ataupun pemerintahan yang membutuhkan analis sistem pengembang perangkat lunak. Spesifikasi perangkat lunak di bidang astronomi.

Mereka sangat membuka peluang besar untuk para lulusan Astronomi untuk bekerja di pusat satelit dan komunikasi. Untuk masalah gaji jangan ditanyakan. Tentu saja gajinya sangat besar bahkan hingga dua digit.

4. Prospek Kerja di Lembaga Penelitian

Pernahkah kamu berkunjung di Planetarium? Bagi kamu yang cinta akan ilmu Astronomi dan sekaligus lulusan Astronomi, kamu berkesempatan untuk bekerja di lembaga-lembaga penelitian seperti planetarium, antariksa dan masih banyak lagi.

Di lembaga penelitian seperti ini, kamu akan ditawarkan gaji dengan nominal yang tak main-main. Namun, kamu harus lebih meningkatkan keahlianmu dalam meneliti benda-benda langit.

5. Menjadi Seorang Dosen Astronom

Prospek kerja astronomi berikutnya adalah menjadi Dosen. Menjadi pengajar untuk memberikan semangat kepada para pecinta benda langit agar semakin mencintai sains, why not?

Namun tentu saja kamu harus meneruskan kuliahmu hingga ke jenjang S2 atau bahkan S3. Tak bisa dipungkiri, gaji pengajar tentunya menggiurkan. Banyak honor-honor seperti tunjangan hingga insentif selain gaji pokok.

6. Prospek Kerja Sebagai Pengusaha

Buat kamu lulusan Astronomi, tak ada salahnya bercita-cita menjadi seorang pengusaha, bukan? Ternyata seorang Astronom bisa menjadi pengusaha.

Misalnya saja menjadi pebisnis startup di bidang astronomi. Jika kamu kreatif, tentunya kamu akan mendapatkan omset yang fantastis dalam pengembangan bisnis yang digandrungi para kaum muda.

7. Menjadi Penulis Kolom dan Editor

Dalam bidang media, seorang lulusan Astronomi juga berkesempatan menjadi seorang penulis kolom ataupun editor. Kamu bisa menulis di majalah-majalah populer ataupun jurnal ilmiah.

Melalui tulisan, kamu bisa menyampaikan konsep-konsep sains dengan lebih kreatif dan menarik. Gimana, tertarik? Ini merupakan prospek kerja jurusan astronomi yang jarang pesaingnnya.

Penulis kolom di bidang astronomi terbilang jarang. Sehingga bayaran untuk menulis kolom dengan bahasan astronomi, lumayan menjanjikan. Atau kamu juga bisa menerbitkan buku.

8. Menjadi PNS di LAPAN

Kamu tau LAPAN?

LAPAN merupakan singkatan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Lembaga ini merupakan lembaga milik negara yang bergerak di bidang penerbangan dan antariksa.

Nah, Karena lembaga pemerintah. Sudah pasti, orang-orang yang bekerja di LAPAN adalah pegawai negeri sipil alias PNS.

Jika kamu tertarik jadi PNS di bidang astronomi. Maka bekerja di LAPAN adalah pekerjaan yang menjanjikan. Mau coba?

Demikian delapan prospek kerja astronomi yang bisa kamu pilih. Btw, sekarang kamu tertarik menjadi apa nih?