Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Persiapan Bekerja di Luar Negeri yang Harus Diketahui

Daftar Isi [Tampil]

Persiapan Bekerja di Luar Negeri yang Harus Diketahui - Di era serba bebas ini, banyak warga negara Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri. Kenapa?

Persiapan bekerja di luar negeri
Gambar dari Shutterstock

Biasanya karena bekerja di luar negeri gajinya lebih besar dibanding bekerja di Indonesia. Sehingga ini menjadi solusi instan bagi beberapa orang.

Selain itu, sebenarnya banyak alasan lain. Ada yang ingin mencari pengalaman menarik, bahkan ada yang beralasan karena mengikuti orang tua. Terlepas apapun alasannya, sebelum bekerja ke luar negeri tentu harus memiliki banyak persiapan.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak bekerja ke luar negeri?

Berikut ini adalah 12 poin penting yang harus disiapkan sebelum bekerja di luar negeri.

1. Menguasai Bahasa Asing

Persiapan bekerja di luar negeri yang paling utama adalah menyiapkan kemampuan berbahasa asing. Bahasa adalah poin penting yang harus diperhatikan.

Sebab, seluruh aktifitas manusia termasuk dalam pekerjaan tidak terlepas dari penggunaan bahasa. Mampu berbahasa asing akan mempermudah dirimu ketika akan bekerja di luar negeri.

Bila perlu, sebelum memutuskan berangkat kerja ke luar negeri ambil kelas kursus bahasa asing terlebih dahulu. Jika ingin ke Korea, kamu bisa kursus bahasa korea, jika ingin kerja di Jepang, maka kursuslah bahasa Jepang.

2. Berfikir Secara Luas

Kemampuan berfikir secara global perlu kamu miliki. Seperti berfikir toleran terhadap sesama, terhadap yang berbeda agama dan toleran terhadap hal lainnya. Berfikir secara luas harus kamu miliki.

Simpan baik-baik pemikiran sempitmu. Ketika bekerja di luar negeri kamu akan menemui banyak orang dengan prilaku dan kebudayaan baru. Sehingga bukalah pandangan sejak sekarang, sebelum memutuskan bekerja di luar negeri.

3. Mencari Informasi Tentang Negaranya

Selanjutnya silahkan kamu cari informasi terkait negara yang akan kamu kunjungi. Contohnya seperti mencari informasi terkait kedutaan Indonesia yang ada di sana. Komunitas pekerja di negara luar atau kamu bisa mencari informasi terkait budaya kerja di sana.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Informasi ini akan berguna untukmu dikemudian hari, sehingga kamu tidak buta langkah saat sudah di sana.

4. Melengkapi Dokumen dan Persyaratan

Dokumen dan persyaratan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ketika akan bekerja di luar negeri. Persyaratan setiap negara biasanya berbeda-beda. Kamu harus mencari tau terkait kelengkapan data ini. 

Pastikan semuanya sudah lengkap, karena ini akan berkaitan dengan legalitas dirimu saat berada di luar negeri. Jangan sampai menjadi TKI yang ilegal. Ini bisa merepotkan diri sendiri, juga keluargamu.

5. Membuat Rencana Akomodasi

Jika kamu menggunakan jasa perusahaan tenaga kerja, biasanya akomodasi sudah disiapkan oleh mereka. Dan ini biayanya akan otomatis terpotong dari gaji bulananmu.

Namun, jika kamu mencari kerja secara mandiri, biasanya pihak perusahaan tidak menyiapkan terkait akomodasi. 

Sehingga kamu harus menyiapkan terkait tempat kerja, biaya hidup di bulan pertama dan kebutuhan harian lainnya. Maka dari itu buatlah rencana akomodasi serinci mungkin. Biar kamu tidak terlantar di luar negeri.

6. Mempersiapkan Kondisi Jasmani

Persiapan bekerja di luar negeri yang tak kalah penting adalah kesehatan jasmani tubuh. Pastikan kamu pada kondisi sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit dalam.

Maka dari itu, sebelum berangkat ke luar negeri kamu harus periksa dulu ke rumah sakit. Apakah kamu memiliki penyakit dalam atau tidak?

Jika kamu memiliki penyakit dalam, lebih baik urungkan niat ini. Karena ke depannya akan menyusahkan diri sendiri. Alih-alih untuk mencari uang, sampai sana kamu malah membuang-buang uang untuk berobat. Jadi pastikan kamu dalam kondisi sehat jasmani.

7. Kuat Secara Mental

Ketika tubuhmu sudah terbilang sehat, selanjutnya kamu harus menguatkan mental. Mental yang kuat sangat dibutuhkan ketika kamu berada di lingkungan baru. Di luar negeri sana kamu akan menemui hal baru yang membuatmu merasa asing. Disinilah dibutuhkan mental yang kuat.

8. Memverifikasi Lembaga Terkait

Nah, hal penting lain yaitu memferifikasi legalitas lembaga kerja yang merekrutmu. Sekarang banyak lembaga abal-abal yang menawarkan kerja di luar negeri. Karena abal-abal hasilnya malah tertipu, dan calon TKI ditelantarkan di sana.

Maka dari itu, pastikan kamu memferifikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa mengecek legalitas lembaga tersebut di dinas tenaga kerja di kotamu.

9. Kokohkan Niat dan Tujuan

Poin ke delapan yang harus kamu perhatikan ketika akan bekerja ke luar negeri adalah membulatkan niat. Pastikan kamu memiliki niatan yang baik dan juga memiliki tujuan yang mulia. Dengan niat dan tujuan yang jelas kamu bisa lebih nyaman dan tenang saat bekerja di luar negeri.

10. Meningkatkan Keterampilan Kerja

Apa keteampilanmu saat ini? Keterampilan merupakan modal utama ketika akan bekerja. Tak hanya untuk bekerja di luar negeri saja. Melainkan bekerja di negeri sendiri juga harus memiliki keterampilan.

Nah, sebelum berangkat bekerja di luar negeri kamu bisa mengasah keterampilan terlebih dahulu. Contohnya, ketika hendak menjadi sopir di luar negeri, pastikan keterampilan mengemudimu di atas rata-rata. Keterampilan yang mumpuni, membuat dirimu lebih tenang saat bekerja nanti.

11. Pelajari Budaya Asing

Selain keterampilan, kamu juga harus memahami budaya negara yang akan kamu singgahi. Budaya Indonesia tetu akan jauh beda dengan di luar negeri. Sehingga kamu juga kan menemui ketimpangan-ketimpangan ketika berkomunikasi dengan warga asing.

Dengan memahami budaya, kamu tidak terlalu kaget saat tinggal di sana. Kemudian, kamu juga jadi bisa dengan mudah bergaul dan berbaur dengan warga negara di sana.

12. Usahakan Sudah Memiliki Pengalaman

Terakhir, sebelum bekerja di luar negeri pastikan kamu setidaknya memiliki pengalaman bekerja. Atau pengalaman berorganisasi. Pengalaman ini sangat dibutuhkan, selain mempermudah ketika bekerja. Pengalaman juga merupakan guru yang berharga.

Jika kamu tidak memiliki pengalaman, lebih baik urungkan saja niat tersebut. Sebab, tanpa pengalaman yang mumpuni, bekerja di luar negeri banyak resikonya. Lebih baik kerja di negeri tercinta saja.

Itulan beberapa poin penting terkait persiapan bekerja di luar negeri. Silahkan dipersiapkan satu persatu. Pastikan kamu sudah benar-benar siap bekerja di luar negeri. Semoga sukses!