Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penggunaan Emas Paling Umum yang Harus Diketahui

Daftar Isi [Tampil]

Penggunaan Emas Paling Umum yang Harus Diketahui - Emas murapakan barang mewah yang sudah melekat dengan kehidupan manusia sejak berabad-abad silam. Selain dapat digunakan untuk perhiasan, emas juga diyakini sebagai simbol pada suatu momen.

Penggunaan emas paling umum
Gambar dari pikiran-rakyat.com

Penggunaan emas juga bisa sebagai media investasi. Nilai emas cukup relatif stabil, sehingga sangat mumpuni untuk dijadikan bahan investasi. Sifat-sifat emas yang unik ini memiliki kelebihan tersendiri. Sehingga sering melekat dengan kehidupan manusia dengan penggunaan yang sangat beragam.

Berikut ini adalah enam penggunaan emas yang paling umum digunakan.

1. Penggunaan Emas Untuk Penghargaan (Medali)

Emas memiliki simbol sebagai status tertinggi, maka dari itu tak aneh jika medali penghargaan banyak yang menggunakan emas. Karena ini bisa mewakili status tertinggi atau sebagai juara.

Selain itu, emas juga merupakan logam mulia yang memiliki nilai dan harga yang cukup tinggi. Jadi, sangat cocok untuk digunakan sebagai penghargaan atau medali.

2. Penggunaan Emas Sebagai Perhiasan

Tahukah sebagian besar emas yang ada, hampir 80 persennya digunakan untuk perhiasan tiap tahunnya?

Perhiasan merupakan pangsa pasar yang besar. Maka, menjadikan emas sebagai perhiasan merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan konsumen. Sifatnya yang indah dan mewah menjadi kepuasan tersendiri bagi para penggunanya.

Di Indonesia sendiri, penggunaan emas sebagai perhiasan menjadi simbol sebagai kemakmuran seseorang. Meski demikian, penggunaan perhiasan yang berlebihan, akan terlihat norak. Jadi mending sewajarnya saja ya.

3. Penggunaan Emas di Dunia Kedokteran

Dunia kedokteran juga tidak terlepas dari penggunaan emas. Sejak dari 700 Tahun sebelum masehi, emas sudah digunakan untuk membantu dunia kedokteran gigi. Salah satunya digunakan untuk membuat gigi palsu, sebagai pengganti gigi yang hilang atau rusak.

Selain itu di dunia kedokteran, emas kerap digunakan sebagai peralatan kedokteran terbaik. Emas digunakan untuk alat kedokteran karena memiliki sifat inert atau tidak menimbulkan reaksi. Secara kimia mudah disisipkan, dan tidak bersifat alergenik atau bebas terhadap bakteri.

4. Penggunaan Emas Untuk Alat Elektronik

Emas memiliki ciri khas dapat membawa muatan listrik kecil, sehingga emas dapat digunakan sebagai konduktor yang sangat efisien. Beberapa kandungan emas dengan jumlah yang kecil, dapat ditemui di beberapa alat elektronik seperti ponsel, televisi, unit GPS dan banyak lagi yang lainnya.

Oh iya, emas juga kadang bisa diteui di desktop komputer atau laptop dengan kegunaan utnuk mentransfer informasi dengan cepat.

5. Penggunaan Emas Sebagai Aksesoris

Pada beberapa aksesoris premium, dapat ditemui penggunaan emas. Aksesoris yang digabungkan dengan ornamen emas, memiliki nilai keindahan tersendiri sehingga nilai jual dari aksesoris tersebut semakin mahal.

Selain itu, aksesoris yang mengandung emas, banyak diminati konsumen. Ini juga dapat menarik konsumen lebih banyak lagi.

6. Penggunaan Emas Untuk Investasi

Di awal sudah sedikit dibahas, bahwa emas dapat digunakan sebagai alat investasi. Emas dapat diinvestasikan karena emas merubakan bahan yang langka. Tidak bisa dibuat sendiri, hanya bisa di ambil dari alam, dari tambang.

Terbatasnya jumlah emas ini menjadikan emas berharga dan memiliki nilai yang tinggi. Sehingga emas dapat berfungsi sebagai mata uang, atau alat tukar. Emas yang paling umum untuk diinvestasikan adalah emas batangan atau logam mulia ada juga emas dalam bentuk koin.

Itulah beberapa penggunaan emas paling umum yang harus diketahui. Kira-kira kamu ingin emas dalam bentuk apa nih?