Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tabungan Haji: Manfaat, Syarat, dan Cara Kerjanya

Daftar Isi [Tampil]

Pengertian Tabungan Haji: Manfaat, Syarat, dan Cara Kerjanya - Ibadah haji merupakan ibadah yang banyak dinantikan oleh umat muslim. Selain waktu pelaksanaannya setahun sekali, biaya untuk melakukan ibadah haji tidaklah murah. Sehingga untuk melaksanakan ibadah haji perlu kesabaran ekstra.

Tabungan haji

Di Indonesia, agar bisa berangkat ke tanah suci melaksanakan ibadah haji perlu menunggu nomor antrean. Ini disebabkan karena tingginya minat umat untuk melaksanakan haji. Sehingga ketika mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji, perlu meninggu beberapa waktu.

Ibadah haji hanya diwajibkan bagi muslim yang mampu saja. Namun, bagi yang belum mampu ada alternatif lain yaitu dengan cara menabung, biasanya disebut dengan “tabungan haji”. Dengan menabung, tentu kita selaku umat muslim bisa mewujudkan mimpi pergi ke tanah suci.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan terkait tabungan haji, yaitu:

Apa Itu Tabungan Haji?

Tabungan Haji adalah tabungan berjangka yang dananya dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Karena jenis tabungannya adalah tabungan jangka panjang, maka tabungan haji tidak dapat diambil dananya sebelum batas waktu yang ditentukan. Atau tabungannya tidak bisa diambil sebelum dananya terkumpul sesuai biaya haji yang berlaku.

Tabungan hanya dapat digunakan ketika dananya terkumpul. Atau, andaikan ada keperluan mendesak mengalihkan tabungan tersebut untuk keperluan berbeda biasanya akan dikenakan denda atau penalti sebagai sangsi tidak sesuai peraturan tabungan berjangka.

Apa Manfaat Tabungan Haji?

Manfaat tabungan haji adalah untuk mempermudah umat muslim mengumpulkan biaya pembayaran ibadah haji. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yaitu:

  • Uang dapat disimpan dengan aman
  • Bisa meminta pihak bank memotong langsung tabungan utama, kemudian dialihkan uangnya untuk tabungan haji
  • Ketika dana awal sudah terkumpul sekitar 25 juta, pihak bank akan menghubungi kita untuk menyuruh mendaftarkan diri ke departemen agama, sebagai calon jamaah haji
  • Mempermudah kita untuk mendapatkan nomor antrean pemberangkatan ke tanah suci. Karena pihak bank sudah terhunung langsung dengan sistem komputerisasi haji terpadu
  • Terbebas dari biaya pengelola rekening bulanan
  • Bebas biaya penutupan rekening tabungan haji.

Apa Syarat Membuka Tabungan Haji?

Syarat utama untuk membuka tabungan haji adalah tercatat sebagai warga negara Indonesia. Adapun persyaratan lain yaitu:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan haji
  • Melampirkan fotokopi identitas diri: KTP, KK
  • Melampirkan salinan NPWP
  • Setoran awal, uang senilai Rp. 50.000,- (Tiap bank berbeda).

Apakah Bank Menyediakan Tabungan Haji?

Saat ini hampir semua bank menyediakan layakan tabungan haji. Kamu tinggal datang ke bank yang diinginkan kemudian menanyakan terkait fitur tabungan haji yang disediakan. 

Biasanya setiap bank memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Silahkan pilih bank dengan layanan terbaik menurut anda.

Bagaimana Cara Kerja Tabungan Haji?

Cara kerja tabungan haji cukup sederhana yaitu seperti tabungan pada umumnya. Hanya saja proses menabung yang kita lakukan tujuannya lebih spesifik. Tujuannya yaitu untuk membiayai perjalanan ibadah haji.

Tabungan haji ini hampir mirip dengan tabungan berjangka. Tabungan memiliki jangka waktu tertentu, sehingga dana pada tabungan tidak dapat diambil begitu saja. Adapun jika ingin diambil, maka harus melewati prosedur yang berlaku.

Setelah dana yang terkumpul sudah memenuhi standar biaya pergi haji, maka dana pada tabungan tersebut akan dapat digunakan untuk membiayai perjalanan haji ke tanah suci.

Apakah Ada Asuransi Jiwa Pada Tabungan Haji?

Tabungan haji memiliki fasilitas asuransi jiwa, hal ini karena mirip dengan tabunga berjangka. Adapun asuransi pada setiap bank berbeda-beda fasilitasnya. Setiap bank memiliki kebijakan asuransi jiwa yang berbeda.

Sehingga, sebelum membuka tabungan haji alangkah lebih baik kamu menanyakan secara detail terkait fasilitas asuransi jiwa ini. Biasanya, petugas bank akan dengan senang hati menjelaskannya.

Itulah beberapa pertanyaan terkait pengertian tabungan haji. Semoga umat muslim yang mempelajari terkait tabungan haji ini kelak bisa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Aamiin.