Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa - Kamu pasti sudah tak asing lagi kan, dengan jurusan seni satu ini. Yaitu jurusan Seni Rupa. Jurusan Seni Rupa merupakan jurusan yang belajar mengenai seni gambar. Mungkin orang-orang mikir, lulusan Seni Rupa memangnya mau jadi apa?

Prospek kerja jurusan seni rupa
Gambar dari isi.ac.id

Padahal kalau ditelisik lebih dalam, Seni Rupa memiliki peluang tinggi dalam dunia kerja. Buat kamu yang suka dunia seni, terutama seni rupa dan khawatir tak berpeluang tinggi prospek kerjanya, jangan cemas dulu.

Aku akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa prospek kerja yang bisa kamu jadikan kesempatan untuk mengembangkan kariermu.

Apa saja sih, peluang kerja jurusan Seni Rupa yang bisa ditempati setelah lulus kuliah nanti?

Well, berikut ini uraian singkat mengenai 5 prospek kerja jurusan Seni Rupa yang bisa kamu pilih sebagai lulusan Seni Rupa.

1. Bekerja Sebagai Desainer Interior

Prospek kerja pertama buat kamu para lulusan Seni Rupa adalah kamu berkesempatan menjadi desainer interior. Bagi beberapa orang desainer interior memang asing. Namun di zaman yang semakin canggih dan serba digital, desainer interior banyak dicari jasanya. 

Terutama yang bekerja di bidang interior perumahan. Tugasmu adalah memastikan bahwa sebuah rumah terlihat menarik dan cantik desainnya. Jangan salah, ya. Jasa desain interior tentu saja dihargai mahal.

2. Bekerja Sebagai Kurator

Pernahkah kamu mendengar profesi sebagai seorang kurator? Kurator merupakan profesi seni yang memiliki nilai sejarah. Misalnya saja bergelut di bidang pengurusan seni museum atau karya seni rupa yang dipajang di pameran, di galeri foto bahkan diperpustakaan.

Buat kamu yang menyukai seni sekaligus menyukai sejarah, profesi ini cocok sekali untuk kamu tempati.

3. Menjadi Seorang Ilustrator

Prospek kerja Seni Rupa selanjutnya yaitu menjadi seorang ilustrator. Melihat kini semakin maraknya profesi ini, bahkan sampai digeluti oleh bukan para lulusan Seni Rupa, pekerjaan sebagai ilustrator sangatlah menjanjikan.

Jobdesk ilustrator adalah menggambar ilustrasi-ilustrasi yang berkaitan dengan perusahaan yang kamu tempati. Semisal ilustrasi mengenai promosi suatu produk, iklan-iklan produk dan masih banyak lagi. Honor ilustrator lumayan mahal loh. Yang bisa mencapai jutaan rupiah untuk sekali. proyek.

4. Menjadi Desainer Grafis

Tak dipungkiri sih, lulusan Seni Rupa juga berkesempatan tinggi untuk bekerja menjadi seorang desainer grafis. Ilmu-ilmu seni menggambar yang didapat ketika kuliah menjadikan hal tersebut menjadi bekal menggeluti dunia desain grafis.

Apalagi kini perusahaan-perusahaan startup banyak yang mencari keahlian desain grafis untuk kepentingan logo, promosi, branding dan masih banyak lagi.

Jika kamu bekerja sebagai desainer grafis di perusahaan gajimu bisa mencapai 5 juta hingga 7 juta rupiah. Namun jika freelance, nah, bahkan bisa lebih dari itu.

5. Bekerja Sebagai Pelukis

Namanya juga jurusan Seni Rupa kan, ya. Tentunya kamu berkesempatan juga untuk menjadi seorang pelukis. Mungkin bisa dibilang pekerjaan ini sudah semakin tidak populer. Apalagi semakin tingginya perkembangan lukis digital. Lukis manual seperti sudah hampir tenggelam.

Jangan salah, ya. Sampai sekarang masih banyak kok pelukis dunia yang karyanya bahkan dihargai dengan harga yang terbilang tinggi.

Demikianlah prospek kerja jurusan seni rupa setelah lulus kuliah nanti. Nah, kira-kira setelah lulus nanti kamu tertarik menjadi apa nih?