Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Musik

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Musik - Apakah kamu penggemar seni musik? Atau kamu kuliah jurusan musik? Atau bahkan kamu berkecimpung di dunia seni musik?

Prospek kerja jurusan seni musik
Gambar dari unnes.ac.id

Nah, bagi kamu para lulusan Seni Musik, ternyata kamu juga memiliki banyak peluang dalam dunia kerja. Mulai dari bekerja di industri musik. Hingga bekerja sebagai seorang audio engineer.

Lantas sebenarnya apa saja sih profesi-profesi yang mungkin bisa digeluti oleh para lulusan Seni Musik?

Jangan khawatir, berikut ini akan coba aku jelaskan mengenai beberapa prospek kerja jurusan Seni Musik yang mungkin bisa kamu tempati sebagai profesi pilihanmu.

1. Bekerja di Industri Musik

Buat kamu para lulusan Seni Musik, peluang kerja pertama yang mungkin bisa kamu geluti adalah bahwa kamu memiliki kesempatan bekerja di industri musik. Ini cocok buat kamu yang ingin bekerja di belakang layar. 

Biasanya jika bekerja di industri musik, kamu bertugas mengatur dan mengelola sebuah konser atau pertunjukan musik. Untuk gajinya lumayan besar loh, bahkan di luar negeri kamu bisa mendapatkan honor hingga $45. 000 dolar per tahunnya. Wow!

2. Menjadi Audio Engineer

Jika kamu lulusan Seni Musik, tak ada salahnya kamu memilih profesi sebagai seorang audio engineer. Jadi nantinya kamu bekerja di sebuah studio. Tugasmu adalah mengatur proses manupulasi suara, gabungan audio dan masih banyak lagi.

Bahkan jika telisik lebih dalam, gaji yang didapatkan seorang audio engineer mencapai 45.000 dollar loh. Banyak bukan?

3. Menjadi Seorang Accompanist

Pernahkah kamu mendengar profesi menjadi seorang accompanist? Jika belum, bahwa menjadi accompanist juga adalah sebuah kesempatan untuk para lulusan Seni Musik.

Tugas seorang accompanist biasanya bertanggung jawab atas seluruh hal yang berkaitan dengan kelompok ansambel hingga pertunjukan. Untuk masalah honor, accompanist tergantung dengan jam terbang yang kamu miliki dan seberapa besar karier yang kamu tempuh selama ini.

4. Berkarier Sebagai Musisi

Pasti kamu tak asing lagi dengan profesi sebagai seorang musisi. Bahkan biasanya cita-cita para musisi sendiri sudah dibangun sejak jaman kecilnya. Musisi bisa bergelut di segala bidang permusikan. Mulai dari pemain band, penyanyi solo hingga penulis lagu pencipta lagunya.

Untuk honor musisi tentu tidak main-main. Kamu bisa mendapatkan uang dari royalti jual album, konser dan masih banyak lagi.

5. Bekerja di Bidang Aransemen Lagu

Prospek selanjutnya bagi kamu para lulusan Seni Musik yaitu kamu bisa bekerja di bidang aransemen lagu. Jadi lulusan Seni Musik tak harus menjadi pemusik atau penyanyi. Namun juga bisa mengaransemen lagu.

Untuk menjadi pengaransemen lagu, kamu bisa mendapatkan honor hingga 40 ribu dolar loh. Gede banget kan?

6. Bekerja di Administrasi Seni

Prospek kerja jurusan Seni Musik tak menutup kemungkinan kamu juga bisa berkarier di administrasi seni loh!

Tugasnya yang memiliki tanggung jawab besar ini yang membuat. honor profesi ini besar dengan kisaran hingga 50 ribu dollar. Biasanya tugas seorang administrasi seni adalah bertanggung jawab atas penggalangan dana hingga kerjasama dengan panitia-panitia pertunjukan.

7. Menjadi Agen Musik

Apakah kamu lulusan Seni Musik yang juga ingin memperoleh penghasilan hingga jutaan dollar setiap tahunnya?

Nah, mungkin profesi satu ini, yaitu agen musik bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu geluti. Tugas agen musik biasanya memanajemen tim artis, mengatur jadwal manggung dan masih banyak lagi.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Seni Musik yang bisa kamu tempati. Sebenarnya masih banyak loh, prospek kerja lain. Namun memang list di atas memiliki potensi besar. Jadi, kamu memutuskan milih profesi apa?