Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia - Jurusan sastra Indonesia merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh beberapa kalangan. Terutama oleh mereka yang gemar dengan dunia literasi.

Prospek kerja jurusan sastra indonesia
Gambar dari unnes.ac.id

Pada program studi sastra Indonesia, tentu ilmu yang dipelajarinya adalah seputar sastra yang ada di Indonesia. Mulai dari puisi, novel hingga drama. Selain itu juga membahas dunia kepenulisan.

Peluang kerja sastra Indonesia tentu sangat luas. Jika kamu gemar dengan dunia literasi, maka memilih masuk ke jurusan Sastra Indonesia bisa menjadi pilihan terbaik.

Lalu, apa saja sih peluang kerja jurusan sastra setelah lulus kuliah nanti?

Sebagai referensi, berikut ini aku uraikan 7 prospek kerja jurusan sastra indonesia yang paling banyak kesempatannya.

1. Menjadi Wartawan

Seorang lulusan sastra Indonesia sangat berpeluang menjadi seorang wartawan. Dan berkarir di dunia jurnalistik. Nah, dunia jurnalistik ini tentu membutuhkan keahlian menulis.

Bagi kamu yang pernah kuliah sastra Indonesia tentu akan tidak asing lagi dengan dunia kepenulisan. Sehingga, ketika menjadi seorang wartawan, kamu sudah terbiasa. Tentu, wartawan jurusan sastra akan terlihat kompeten dengan wartawan yang belajar otodidak.

Menjadi wartawan juga merupakan salah satu profesi yang menjanjikan, sebab seorang wartawan bisa mendapatkna gaji yang besar.

2. Menjadi Penulis Novel

Berkutnya kamu bisa menjadi penulis Novel. Menjadi penulis novel merupakan salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Terlebih, jika novel yang kamu buat bisa masuk kategori best seller.

Coba lihat, salah satu orang terkaya di dunia merupakan seorang novelis. Kamu tau penulis novel Harry Potter? Nah, beliau adalah salah satu orang terkaya di dunia, dan kekayaannya adalah dari novel yang dia tulis.

Atau kamu bisa melihat penulis Novel sukses asli Indonesia. Contohnya adalah Tere Liye. Tentu, dia juga seorang Noelis yang terbilang sukses.

Bagaimana? Setelah lulus nanti, apkah kamu tertarik menjadi seorang novelis?

3. Menjadi Content Writer

Sarjana sastra Indonesia setelah lulus nanti bisa bekerja menjadi seorang content writer. Content Writer merupakan salah satu profesi yang saat ini banyak sekali diminati. Terlebih permintaan terhadap lowongan pekerjaan ini semakin banyak saja.

Permintaan itu banyak berdatangan dari perusahaan startup yang sangat membutuhkan konten artikel untuk mempromosikan perusahaan tersebut.

Nah, ini menjadi peluang yang sangat besar bagi para fresh graduate lulusan sastra Indonesia untuk memulai kariernya dari dunia kepenulisan. Tepatnya menjadi seorang Content Writer.

4. Menjadi Ghost Writer

Prospek kerja jurusan sastra Indonesia yang berikutnya adalah menjadi seorang Ghost Writer. Ghost Writer merupakan orang yang bekerja di balik layar, yang tugasnya adalah menjadi pendamping penulis utama.

Karena bekerja di balik layar, namamu tidak akan terlihat di depan buku. Namun, ini bisa menjadi pengelaman tersendiri bagi yang baru lulus dari Sastra Indonesia.

Meski demikian, menjadi Ghost Writer merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Kamu bisa dibayar besar dalam satu proyek kepenulisan.

5. Menjadi Editor

Peluang karier yang selanjutnya adalah menjadi seorang editor. Baik editor di media pers, atau menjadi editor di perusahaan penerbitan.

Tugas seorang editor adalah memastikan naskah sudah siap dipublikasikan. Atau mengedit naskah dari seorang penulis, agar naskah tersebut menjadi rapi dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang sudah dibakukan.

Sehingga, seorang editor harus benar-benar teliti. Dan harus memahami EYD (Ejaan Yang Disempurnakan, dan tidak lupa harus menguasai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Gaji seorang editor juga lumayan besar. Sehingga ini bisa menjadi peluang kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah nanti.

6. Menjadi Seniman

Lulusan Sastra Indonesia juga sangat bisa menjadi seorang seniman. Mulai jadi penyair, menjadi pemain drama tau teater. Hingga menjadi artis yang sering tampil di depan layar kaca. Atau menjadi seniman yang mengeluarkan banyak buku.

Menjadi seniman, memang terlihat tidak menjanjikan, padahal jika karya senimu sudah bisa diterima masyarakat luas, maka ini bisa menjadi peluang yang sangat menggiurkan.

7. Menjadi Penerjemah

Terakhir, kamu bisa menjadi penerjemah. Saat ini, seorang penerjemah merupakan salah satu keahlian yang banyak dicari.

Kamu bisa menjadi penerjemah naskah atau menjadi penerjemah lisan. Keduanya merupakan peluang kerja yang menjanjikan. Sebab, seorang penerjemah selalu mendapatkan bayaran yang lumayan besar.

Bagaimana, apakah tertarik untuk menjadi seorang penerjemah setelah lulus nanti?

Demikianlah pembahasan seputar prospek kerja jurusan sastra indonesia yang paling banyak kesempatannya. Kamu bisa memilihnya yang paling kamu minati. Atau yang sesuai dengan passionmu saat ini. Semoga sukses, ya.