Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan PGSD

Daftar Isi [Tampil]

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan PGSD - Jika jurusan seperti Keperawatan, Matematika, Bahasa Indonesia dan jurusan sejenis hanya fokus mempelajari satu jenis pelajaran saja.

Prospek kerja jurusan pgsd
Gambar dari unnes.ac.id

Berbeda dengan jurusan PGSD yang mempelajari banyak mata pelajaran seperti IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan masih banyak lagi.

PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar, sesuai dengan nama jurusannya, tentu saja lulusnya nanti menjadi seorang tenaga pendidik, khususnya bagi anak-anak tingkat Sekolah Dasar.

Berbicara mengenai jurusan kuliah, tentu tak akan jauh pembahasannya dengan peluang kerja. Banyak sekali sebenarnya, peluang kerja yang bisa digeluti oleh para lulusan PGSD. 

Tak hanya menjadi guru Sekolah Dasar. Namun juga menjadi konsultan pendidik, PNS hingga bahkan memungkinkan untuk menjadi kepala sekolah.

Lalu, apa saja sih peluang kerja jurusan PGSD setelah lulus nanti?

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja jurusan PGSD yang mungkin bisa kamu geluti dan berpeluang menjanjikan di masa depan.

1. Menjadi Kepala Sekolah

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa ditempati oleh para lulusan PGSD yaitu menjadi seorang kepala sekolah. Apa sih, tugas seorang kepala sekolah? Nah, tugas kepala sekolah biasanya memiliki tugas, selain mengajar ia juga memimpin sebuah sekolah/institusi.

Karena menjadi pemimpin, tentu saja seorang kepala sekolah harus memastikan bahwa seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keberlangsungan pembelajaran sekolah seperti administrasi kantor, kesiswaan, keuangan hingga perpustakaan menjadi berjalan dengan baik.

Menjadi kepala sekolah harus memiliki keahlian memimpin dengan baik. Apakah kamu termasuk salah satunya?

2. Bekerja Sebagai Guru SD

Ini sudah jelas, ya. Lulusan PGSD tentu salah satu prospek kerjanya juga menjadi seorang guru Sekolah Dasar. Jadi, tugas seorang guru SD ini mengajar berbagai mata pelajaran SD seperti Pkn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan sebagainya.

Tak hanya itu, lulusan PGSD juga bertugas menyusun rencana pembelajaran. Seperti misalnya membuat materi bahan ajar, memantau keberlangsungan kegiatan pembelajaran hingga memberikan nilai untuk ujian-ujian yang diberikan kepada siswa.

Nah, biasanya guru Sekolah Dasar selain mengajar menjadi guru di satu kelas, ia juga merangkap menjadi wali kelas.

3. Membuka Tempat Les di Rumah

Sebagai seorang lulusan PGSD dan memiliki cukup bekal dalam hal pendidikan, kamu juga memiliki peluang untuk membuka tempat les privat sendiri di rumah untuk anak-anak SD.

Misalnya saja, kamu bisa memberikan harga 5 ribu hingga 10 ribu rupiah untuk sekali pertemuan dengan durasi 1 jam. Jika 15 murid dalam sehari, kamu sudah bisa mendapat uang sebesar 150 ribu, loh.

Untuk promosi, kamu bisa membuat poster-poster dan ditempelkan di tempat yang strategis. Atau jika kamu merupakan salah satu guru di sebuah SD, kamu bisa promosi langsung ke murid-muridmu, bukan?

4. Mendirikan Yayasan Sendiri

Lulusan PGSD juga berkesempatan loh, mendirikan yayasan sendiri. Misalnya saja yayasan tahfidz atau yayasan untuk anak tidak mampu.

Dengan mendirikan sebuah yayasan, kamu juga berlatih untuk untuk menjadi pemimpin. Skillmu sebagai pemimpin akan semakin terasah tajam.

Apakah kamu tertarik untuk mendirikan yayasan juga?

5. Menjadi PNS di Daerah

Prospek kerja jurusan PGSD selanjutnya adalah menjadi seorang guru PNS di daerah-daerah pelosok. Apalagi buat kamu yang memiliki jiwa sosial tinggi. Sebab menjadi guru di pelosok memang butuh jiwa sosial yang tinggi.

Jika kamu memang bersedia menjadi guru di daerah-daerah pelosok, artinya kamu telah menyumbang kontribusi perataan pendidikan di Indonesia.

Bukankah itu pekerjaan yang sangat mulia?

6. Menjadi Konsultan Pendidikan

Peluang kerja jurusan kerja PGSD selanjutnya adalah bekerja sebagai seorang konsultan pendidikan. Jadi, tugas konsultan pendidikan biasanya menghilangkan keresahan bagi para orangtua atau pelajar sendiri atas permasalahan perencanaan pendidikannya.

Konsultan pendidikan juga bertugas memberikan saran kepada para pelajar untuk memutuskan akan belajar di jurusan apa dan di tempat pendidikan yang mana.

Selain itu, konsultan pendidikan juga mengurusi permasalahan tes masuk perkuliahan, misalnya. Apakah kamu tertarik menjadi konsultan pendidikan juga?

7. Menjadi Dosen

Selain menjadi konsultan pendidikan, buat kamu para lulusan PGSD juga berkesempatan mengajar sebagai seorang dosen loh. Namun tentu saja kamu harus meneruskan kuliahnya hingga minimal jenjang master lah, ya. Atau bahkan melebihi master. Jenjang doktor.

Demikian prospek kerja jurusan PGSD yang bisa kamu jadikan rujukan dan memungkinkan berpeluang tinggi di masa depan. Jadi, kamu tertarik profesi yang mana nih?